Volvo P1800 Cyan, Desain Klasik Bertemu Teknologi Modern

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Volvo P1800 Cyan, Desain Klasik Bertemu Teknologi Modern
0  komentar

Autonetmagz.com – Dalam dunia otomotif, ada sebuah segmen yang dinamakan Resto Mod dimana sekelompok orang ataupun sebuah perusahaan mengambil mobil tua dan merestorasinya menggunakan teknologi modern. Dan nampaknya divisi motorsport Volvo yakni Cyan Racing telah merestorasi sebuah model klasik milik pabrikan Swedia tersebut dan membawanya ke abad 21.

Perkenalkan Volvo P1800 Cyan, yakni mobil terbaru dalam jajaran model Cyan Racing. Sebenarnya tidak baru juga karena aslinya mobil ini sudah ada sejak tahun 1960-an namun Cyan Racing telah memberikannya nafas baru pada mobil ini dan menjadi Volvo P1800 Cyan. Sebelum lanjut, bagi kalian yang belum tahu, Cyan Racing dulunya memiliki nama Polestar Racing namun setelah diakuisisi oleh Volvo, mereka rebrand perusahaannya dan menamakannya Cyan Racing. Oke, jadi apa saja yang sudah perubahan yang telah Cyan Racing berikan kepada mobil ini? Mari kita bahas mulai dari eksteriornya.

Secara keseluruhan Cyan Racing tidak merubah banyak dari desain orisinal Volvo namun mereka melebarkan track width dan mengubah posisi mesin. Perubahan ini memberikan stance yang melebar terhadap Volvo P1800 Cyan membuatnya terlihat lebih sangar. Beberapa hal lain yang patut dibahas dari eksterior diantaranya forged 18-inch rims dibalut ban Pirelli P Zero, desain front bumper baru dan stiker Cyan disamping mobil.

Kemudian, kita juga harus bahas komponen-komponen mobil ini yang membuatnya jauh lebih modern ketimbang model aslinya. Cyan Racing menggunakan campuran carbon fibre dan high strength steel untuk membuat chasisnya lebih stabil dan rigid. Menariknya lagi, Cyan Racing tidak memberikan teknologi driver assist seperti traction control, ABS, dan power brakes demi mendapatkan rasa berkendara yang raw. Alhasil, dengan minimnya fitur keselamatan dan komponen bodi yang lightweigt namun rigid, mobil ini hanya berbobot 990 kg, lebih ringan dari mayoritas hatchback yang ada di pasar.

Untuk melengkapi paket menarik ini, Cyan Racing memasukan mesin 2.000 cc empat silinder turbocharged yang menghasilkan 413 hp dan torsi sebesar 455 nm yang diambil dari mobil balap Volvo S61 TC1. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual lima percepatan yang menggunakan carbon fibre driveshaft dan torque-biasing limited slip differential untuk memberikan ekstra traksi. Dengan mesin bertenaga besar dan bobot bodi ringan, Volvo P1800 Cyan bisa menjadi mobil sport menarik bagi kalian yang menyukai rasa berkendara raw. Namun kalian harus mulai menabung dari sekarang, walaupun Cyan Racing belum menentukan harga dipastikan mobil ini tidak akan murah.

Jadi apa opini kalian terhadap Volvo P1800 Cyan ini? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: