VinFast Fadil, City Car Pertama Vietnam Turunan GM

VinFast Fadil, City Car Pertama Vietnam Turunan GM
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan rahasia jikalau Vietnam memiliki merk mobil nasional yang melakukan debutnya beberaoa waktu silam, yaitu VinFast. Dan dalam debutnya, VinFast memperkenalkan dua sosok mobil yaitu  VinFast LUX A2.0 dan VinFast  LUX SA2.0. Yang menarik, keduanya adalah mobil yang masuk ke segmen menengah keatas, dengan sasaran orang yang cukup berduit. Namun, ternyata tak berhenti sampai disana, VinFast juga melihat pasar yang lebih besar, yaitu pasar mobil murah. Dan kini, pabrikan baru ini telah resmi terjun di pasar tersebut dengan sosok VinFast Fadil, hmm, kaya nama orang.

Mungkin beberapa dari kalian akan langsung protes, ‘Lho itu kan Vauxhall Viva Rock/ Opel Karl Rock, Rebadge dong???‘. Jawabannya, adalah iya dan tidak. Jadi, Iya, mobil ini memang menggunakan basis dari kedua mobil di bawah GM yang kami sebutkan diatas, namun pada saat yang bersamaan, memang pihak VinFast memiliki lisensinya. VinFast Fadil sendiri merupakan versi pengembangan dari kedua mobil yang sebenarnya hanya dijual di pasar eropa tersebut, dan karenanya secara tampang cukup mirip. Bahkan, kalau diamat – amati lagi, buritannya memang mirip juga dengan Chevy Spark kan? Secara bentuk, perbedaan paling kentara antara VinFast Fadil dan mobil dari GM yang kami sebutkan tersebut adalah di bagian emblem saja yang menggunakan emblem VinFast, sisanya? Cukup identik.

VinFast Fadil sendiri akan menjadi lawan yang cukup sepadan dengan mobil – mobil mungil berbanderol murah yang sudah ada di Vietnam terlebih dahulu. Sebut saja Suzuki Celerio, Hyundai Grand i10, Toyota Wigo, dan kuga KIA Morning. Untuk urusan fitur dan kelengkapan, VinFast Fadil bisa dibilang lumayan. Mobil ini sudah dilengkapi dengan rem ABS, dan juga EBD. Selain itu, ada juga electronic stability control. Tak cukup sampai disana, VinFast juga membekali mobil ini dengan traction control, horizon slope assistance, anti-flip ROM function, sensor parkir belakang, dan kamera belakang, namun hanya untuk varian tertinggi saja ya. Not Bad, nggak terlalu jauh kalahnya dengan Perodua Myvi yang dijual di Malaysia kan. Oiya, selain itu, untuk tipe standar akan dibekali 2 airbag, sedangkan tipe tertinggi 6 airbag.

Selain fitur keamanan seperti yang kami sebutkan diatas, VinFast Fadil juga sudah dilengkapi dengan AC Digital dengan auto climate, untuk varian tertinggi juga pastinya. Sedangkan sebagai standar, sistem infotainment mobil ini sudah menggunakan layar sentuh 7 inci yang sudah mendukung konektivitas Bluetooth. Audio steering switch sudah disematkan di mobil ini, dan jok-nya berlapis kulit, tapi sintetis. Dengan segala yang ditawarkan, warga Vietnam harus merogoh kocek sedalam 423 juta DOng atau setara 265 jutaan Rupiah. Namun, ada subsidi yang membuat harga mobil ini bisa ditebus dengan kocek yang setara 210 jutaan Rupiah. Memang lebih mahal sih daripada kebanyakan mobil sekelasnya di Indonesia, tapi cukup full spec.

Jadi, bagaimana pendapatmu?

Sumber gambar : Zing

Read Prev:
Read Next: