Toyota Pilih Nokia Untuk Kembangkan Teknologi 5G

by  in  Berita & Hi-Tech & International
Toyota Pilih Nokia Untuk Kembangkan Teknologi 5G
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa Nokia 3310 adalah handphone yang terkenal dengan durabilitas yang mantap, sedangkan Toyota merupakan sebuah pabrikan otomotif yang juga terkenal dengan durabilitasnya. Lantas, bagaimana jikalau dua pabrikan durable ini bekerja sama? Tentu sangat menarik. Dan kenyataanya, Toyota dan Nokia baru saja mengumumkan kerjasama mereka, namun bukan untuk membuat produk durable, melainkan teknologi 5G.

Seperti yang kita ketahui, teknologi 5G memang kini sedang menjadi pembicaraan yang hangat, apalagi di kalangan pecinta otomotif. Bukan berarti teknologi ini akan membuat kita bisa berselancar internet di mobil dengan kecepatan wus wus, namun karena kaitannya dengan teknologi mobil otonom. Sebelumnya, Huawei sudah memperkenalkan teknolgi 5G mereka, dan teknologi ini sangat diperlukan untuk menciptakan ekosistem mobil yang terhubung (Connected Car) baik dengan mobil lain, infrastruktur, hingga obyek lainnya. Nah, Huawei sendiri sudah menandatangani kontrak dengan 18 perusahaan untuk pemanfaatkan teknologi 5G untuk mobil otonom.

Toyota Production Engineering Corporation (TPEC)

Lantas, apakah kerjasama antara Nokia dan Toyota bertujuan untuk menyaingi Huawei? Untuk saat ini nampaknya belum. Kerjasama antara Toyota dan Nokia ternyata berfokus untuk menyediakan private wireless network berstandar industrial untuk Toyota Production Engineering Corporation (TPEC). Jadi, Nokia akan menyuplai teknologi 5G untuk pusat desain Toyota yang berada di Fukuoka, Jepang. Nah, jaringan 5G ini sendiri akan digunakan untuk meningkatkan proses produksi dati TPEC. FYI, TPEC sendiri saat ini sudah menjadi salah satu pemimpin dalam hal teknologi engineering, hardware, dan software yang digunakan untuk memproduksi mobil.

Akihiro Onishi, Engineering Fellow, Engineering Innovation Division dari Toyota Production Engineering Corporation menyebutkan bahwa pihaknya melakukan proses R&D pada fasilitas dengan teknologi canggih, dan bertanggung jawab untuk persiapan produksi, pengembangan dan desain serta manajemen data. Oleh karenanya, penambahan teknologi 5G lansiran Nokia pada TPEC akan sangat berkontribusi pada manufaktur Toyota. Apalagi, kita semua tahu bahwa Toyota adalah salah satu pabrikan yang paling ‘sibuk’ di pasar otomotif global.

Nah, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana