Tak Sekedar Wacana, Sirkuit Jalan Raya Kembali Hadir di Indonesia

by  in Berita&Motorsports
Tak Sekedar Wacana, Sirkuit Jalan Raya Kembali Hadir di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa tahun yang lalu tepatnya sekitar tahun 2009 Indonesia pernah memiliki sirkuit jalan raya layaknya sirkuit jalan raya di Monaco. Sirkuit tersebut bernama Sirkuit Lippo Village Karawaci yang berada di daerah Karawaci, Tangerang. Namun sayang, kehadiran sirkuit tersebut ternyata tidak bertahan lama. Namun, kini ada kabar baik buat kamu para pencinta balap mobil di tanah air. Karena kini balapan di sirkuit jalan raya kembali hadir di Indonesia tepatnya di kawasan BSD City, Tangerang. Balapan tersebut bertajuk BSD CITY Grand Prix. Hal ini disampaikan langsung oleh Ananda Mikola selaku ketua penyelenggara BSD CITY Grand Prix dalam konferensi pers yang digelar Selasa (23/5) di Auditorium Green Office Park BSD, Tangerang.

Sebenarnya sudah sering ada ide untuk menggelar balapan jalan raya, namun akhirnya baru kali ini terealisasi” ucap mantan pembalap A1 ini. Konferensi pers ini dihadiri juga oleh Lola Moenek selaku General Manager Sirkuit Sentul, Poedio Oetojo selaku perwakilan dari PP IMI, dan hadir juga Ahmed Zaki Iskandar selaku Bupati Tangerang, serta Panji Himawan yang merupakan perwakilan dari pihak SinarMas Land.

Panjang lintasan sirkuit BSD CITY ini yaitu 3 km dengan 12 tikungan, serta memiliki lebar lintasan sekitar 10 meter. Sirkuit ini merupakan sirkuit semi permanen dan memiliki karakter High Speed Corner, sehingga sudah tentu power mobil akan sangat dibutuhkan pada sirkuit ini. Sirkuit ini juga akan diberikan dua hairpin corner layaknya sirkuit Monaco dan dua chicane corner layaknya sirkuit Monza, Italia. Untuk faktor keselamatan sirkuit ini juga tetap akan mengacu pada standards for road racing circuit.

Pada kesempatan ini Ananda Mikola juga menyampaikan bahwa pengerjaan lintasan sirkuitnya sendiri sudah memasuki tahap finishing, hanya perlu pelebaran lintasan dibeberapa titik serta pembangunan beberapa infrastruktur pendukung lainnya. Ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian khusus terhadap sirkuit ini yaitu faktor keselamatan seperti jalur evakuasi untuk kendaraan derek serta terkait pembatas lintasan. “Waktu pengerjaan memang cukup mepet, kalau boleh saya bilang perencanaan ini pun baru 2 bulan lalu, praktis kini waktu pengerjaan hanya tersisa sekitar kurang 2 bulan lagi,” tambah Ananda Mikola.

Penyelenggaraan event BSD CITY Grand Prix ini merupakan hasil kerjasama antara PP IMI, Pemerintah Kabupaten Tangerang serta pengembang Sinarmas Land selaku pemilik lahan BSD CITY. Balapan jalan raya ini akan berlangsung pada tanggal 19 hingga 20 Agustus mendatang dan rencananya akan berbarengan dengan event pameran otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia International Autoshow) 2017.

Masuk Kalender ISSOM 2017

BSD CITY Grand Prix ini juga akan masuk dalam kalender ISSOM 2017, yang artinya seri ISSOM pada tahun ini akan bertambah menjadi 7 Seri. Namun, sayangnya tidak semua kelas ISSOM akan dilombakan disini, hanya akan ada 7 kelas yang dilombakan yaitu kejurnas ITCC, kejurnas ETCC Euro 2000 dan Euro 3000, STC divisi 1, dan MB INA Cup, serta 2 kelas lagi yang masih dalam tahap pembicaraan terhadap masing-masing promotor.

Event BSD CITY Grand Prix ini pun cukup disambut antusias oleh para pembalap dan tim balap, tak terkecuali tim BJB Pertamax Turbo GRT yang turun dikelas ETCC Euro 2000 “Kami sangat antusias menyambut event ini. Ini merupakan pengalaman dan tantangan baru bagi tim kami, apalagi event seperti ini belum tentu hadir setiap tahunnya” ucap Hadi Taruna selaku Chief Mechanic tim BJB Pertamax Turbo GRT saat ditemui disela-sela meninjau sirkuit BSD CITY Grand Prix.

Tentu bagi sebagian besar pembalap dan tim balap, kehadiran sirkuit jalan raya ini merupakan pengalaman baru bagi mereka meskipun konsekuensinya tentu mereka akan melakukan settingan ulang terhadap masing-masing tunggangannya karena karakter sirkuit ini sudah pasti berbeda dari sirkuit sentul. Lalu, bagaimana yaa nanti keseruan BSD CITY Grand Prix ini?

Nah buat kamu para pencinta balap mobil tanah air, yuk persiapkan diri kamu untuk hadir menyaksikan balapan seru ini. Jarang-jarang loh balapan di sirkuit jalan raya seperti ini.

Read Prev:
Read Next: