Tak Hanya Jakarta, Paris Juga Siap Melarang Mobil Tua Beredar!

by  in Berita&International
Tak Hanya Jakarta, Paris Juga Siap Melarang Mobil Tua Beredar!
0  komentar
Jumlah mobil yang terkena recall tahun 2014 di USA Amerika

AutonetMagz.com – Jakarta sempat diributkan dengan rencana gubernurnya, Basuki T. Purnama untuk membatasi usia kendaraan di Jakarta hingga 10 tahun. Sontak, banyak pengguna mobil tua yang memohon agar pria yang akrab disapa Ahok ini mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut. Tapi ternyata tak hanya Jakarta saja lho, Paris juga berencana menerapkan kebijakan serupa dengan membatasi peredaran mobil tua di jalanan kotanya.

Menurut Autocar, alasan pembatasan kendaraan tua di Paris adalah untuk mengurangi kadar emisi di kota tersebut. Pembatasan ini akan dimulai saat musim panas mendatang, dan kendaraan pertama yang akan kena efeknya adalah bus dan truk yang terdaftar sebelum tanggal 30 September 2001, mobil penumpang yang terdaftar sebelum 31 Desember 1996 dan van atau truk kecil yang terdaftar sebelum 30 September 1997.

Lalu-lintas-di-china

Truk dan bus masih boleh melintas di jalan utama setelah adanya peraturan pembatasan yang berlaku nanti. Pembatasan ini akan makin ketat ke depannya menuju tahun 2020 di mana hanya mobil penumpang yang terdaftar setelah tahun 2011 dan motor yang terdaftar setelah Juli 2015 saja yang boleh wara-wiri di pusat kota Paris.

Selain itu, walikota Paris juga sudah menyatakan niatnya untuk membuang mayoritas kendaraan diesel dari Paris karena dianggap sebagai yang paling mengotori lingkungan. Pemerintah Prancis bahkan telah mengambil tindakan terhadap kendaraan diesel, dengan menaikkan pajak atas bahan bakar diesel dan menawarkan insentif kepada pemilik kendaraan diesel yang sudah tua hingga € 10.000 (sekitar 145,5 juta rupiah) untuk beralih ke mobil listrik.

Tak hanya Paris, London juga merencanakan hal yang sama untuk mobil beremisi buruk yang beredar di kotanya, khususnya diesel. Wah, rupanya tak hanya Jakarta saja ya yang sedang pusing, kota-kota besar di Eropa juga. Bagaimana menurut anda tentang kebijakan ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • tahu goreng

    Sebenernya jakarta kalo mau dibatasi jg sdh siap kok, angkutan umum skrg semakin bagus, kmrn baru nyoba naik kereta dari rmh di daerah serpong sampe ke kantor di daerah gatsu, gak taunya bisa hemat waktu dan biaya yg lumayan bnyk.. dan keretanya pun sdh bagua skrg, ga kaya dulu lagi yg amburadul.. cuma masyarakatnya yg mulai skrg harus merubah pola hidup mereka, kalo tetep maunya naik mobil pribadi terus ya sampe kiamat pun macet di jkt ga akan ilang”.. ya emg stasiun keretanya masih harus diperbanyak lagi, ttp skrg sdh jauh lebih nyaman dibanding jaman dulu..

  • akm

    gk cmn wrgnya shrusnya, ahok juga klo mau krj jngn srng pkai mobil dns biar gk ikt macet!!!

  • dk

    SETUJU!!! smoga berkurang macetnya

  • Taoeviq

    sebenarnya aga kontra sih sama kebijakan pemerintah DKI ini, klo mau batas kendaraan berdasarkan umur, setidaknya yg 20 tahun ke atas lah jgn 10 tahun (wong teknologi mesin 10 tahun yg lalu aja msh dipake di mobil baru) atau klo mau pake alternatif ini

    1. Pajak tahunan tiap tahun naik 100% (misal pajak pertama beli 2jt, tahun depan jd 4jt, dst)
    2. Pajak tuh jgn berdasarkan berapa besar kapasitas mesin, barang mewah, hybrid, dll. mending dr konsumsi bbm + gas buangnya (di cek tiap tahun) supaya cadangan minyak kita lebih banyak dan ga polusi udara.
    3. pajak berdasarkan dimensi mobil, gw kadang suka kesel mobilnya segede gaban tp yg bawa cuma driver doang. kan makan jalannya lumayan tuh

  • donof

    Mobil tua gak ada hubungan ama macet..kalau kolektor mobil gimana nasibnya??

    mengurangi macet ya beralih je angkutan umum..utk beralihbke angkutan umum indonesia harus aman dulu..transportasi hrs nyaman tersedia di seluruh penjuru..gmpng acces dsbnya

    lalu para pejabat mauoun yg menyuarakan naik angkutan umum itu yg hrs naik angkutan ke kntr nya..beri contoh yg bener

    jd jgn mengada2 lah teori mobil umur 10 tahun..kalau malh solar ktnya solar di luar negeri bagus tp kok nyatanya polusi

  • amar

    Kok jadi bingung sih,bukannya malah mesin bensin lebih berbahaya dari pada Diesel?katanya klo mesin Bensin nyerangnya ke Paru”,sedangkan Diesel ke Otak

  • amar

    Apa bener emisi diesel lebih buruk daripada bensin?

    • Andi

      @amar. Coba aja sekali2 dekatin mobil diesel lagi parkir atau mau jalan…. Dijamin bakalan empet sama mobil diesel.

  • ojon

    Jgn umur kendaraan yg dibatasi, tp umur pengendara nya di batasi. Minmal utk mobil prbadi umur 35 thn bru bs dpt sim a dan boleh bawa mobil. Lumayan tuh ngurangi alay2 di jalanan.

  • Andi

    Sebaiknya kendaraan yg umurnya diatas 10 tahun pajaknya naikin dua kali lipat dan dibatasi daerah lintasannya. gw juga setuju mobil diesel dihapus karena polusinya kaga keruan disamping bunyinya itu berisik. Asapnya itu kalau ngebul suka hitam dan bikin sesak nafas…padahal itu mobil menengah. Bagaimana kalau mobil murah diesel?

  • Bagas

    wah,padahal gue lebih seneng mobil diesel. kalo untuk asap yang ngepul itu biasanya pakek solar subsidi,kalo pakek pertamax dex gak banyak asapnya kok. suaranya juga lebih nyaring

  • rudi

    dah mendingan sterilin tuh jalur busway ama bikin monorail. ga usah repot amat ngebatesin kendaraan biar ga macet.
    semua orang dah tau jakarta tuh macet, termacet sedunia malah. klo masih milih make kendaraan sendiri, emang dah siap dg resikonya