Suzuki Akan Luncurkan Suzuki Karimun Wagon R AGS Automatic

by  in Mobil Baru&Nasional&Suzuki
Suzuki Akan Luncurkan Suzuki Karimun Wagon R AGS Automatic
0  komentar
Suzuki-Karimun-Wagon-R-Automatic

Jakarta, AutonetMagz – Rumor tentang hadirnya Suzuki Karimun Wagon R Automatic rupanya bukan isapan jempol belaka, setelah AutonetMagz memberitakan hal ini pada bulan Oktober 2014 silam, kini Suzuki Karimun Wagon R AGS memang benar akan diluncurkan di awal bulan Mei 2015 mendatang.

Namun jika anda berpikir bahwa transmisi automatic yang dibekali di Suzuki Karimun Wagon R ini akan sama dengan transmisi automatic lainnya yang memiliki mekanisme torque converter, ternyata Suzuki justru memberikan sistem transmisi automatic dengan nama AGS atau singkatan dari kata Automatic Gear Shift.

Suzuki Karimun Wagon R Dilago

Automatic Gear Shift sebelumnya diperkenalkan oleh Suzuki pada transmisi Suzuki Celerio AMT yang merupakan transmisi manual biasa yang diberikan modul kopling otomatis dan perpindahan gigi secara manual oleh komputer, atau kita mengenali istilah ini dengan Robotized Gearbox. Di India sendiri, Suzuki menamakan transmisi ini dengan AMT pada varian Suzuki Celerio automatic.

Keuntungan dari penggunaan transmisi AGS ini, Suzuki dapat menekan harga produksi transmisi automatic, karena mereka hanya perlu menambahkan modul kopling dan perpindahan gigi otomatis pada transmisi manual. Sehingga bisa dipastikan transmisi ini lebih murah dan ringan, dan kita bisa mendapatkan model manual sekaligus tanpa harus membuat sistem triptonic. Menurut klaim, transmisi ini juga lebih hemat bahan bakar dan responsif seperti layaknya transmisi manual.

Suzuki Karimun Wagon R AGS

Namun berdasarkan beberapa review dari Suzuki Celerio AMT di India, transmisi AMT ini tergolong tidak begitu baik pada performanya, perpindahan gigi terasa lambat dan transmisi terasa bingung untuk melakukan perpindahan gigi pada kecepatan konstan. Begitupula pada saat menggunakan mode manual, responnya masih terasa lambat. Jadi jangan disamakan dengan robotized manual gearbox milik Lamborghini ya. Hehehe…

Tidak perlu berkecil hati tentunya, karena Suzuki Karimun Wagon R AGS ini adalah LCGC yang tidak begitu mementingkan performa, toh kompetitornya yang sama-sama memiliki transmisi automatic tidak dapat memberikan performa yang signifikan juga bukan? Jika Suzuki Karimun Wagon R AGS ini dibanderol dengan perbedaan harga kurang dari 10 juta dari varian transmisi manual, tentunya mobil ini bisa menjadi alternatif yang layak dipertimbangkan daripada menginjak pedal kopling di kemacetan.

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr