Renault: Teknologi Hybrid Kami Sudah Mendekati Toyota

by  in Berita&Hi-Tech&International
Renault: Teknologi Hybrid Kami Sudah Mendekati Toyota
0  komentar

Autonetmagz.com – Toyota merupakan pelopor teknologi hybrid dengan pengalaman mereka dalam bidang ini selama 20 tahun terakhir. Sejak itu, pabrikan lain telah mencoba mengembangkan teknologi hybrid mereka sendiri untuk bisa menyusul Toyota. Dan sekarang, Renault telah menyatakan bahwa teknologi hybrid mereka hampir menyamai milik Toyota. Jadi apa yang bisa mendukung pernyataan Renault ini? Yuk kita bahas lebih dalam.

Renault telah melakukan riset terhadap teknologi hybrid-nya Toyota dan mereka menemukan bahwa sistem hybrid mereka tidak jauh berbeda dengan Toyota. Luca de Meo, selaku CEO Renault, menyatakan kepada Autonews Europe bahwa pabrikan asal Perancis tersebut sudah mendekati teknologi Toyota, walaupun Toyota sudah 20 tahun lebih awal mengembangkan hybrid. Beliau menambahkan bahwa secara cost, teknologi hybrid Renault juga sebelas dua belas dengan Toyota.

Renault pun berkomitmen untuk mengurangi biaya produksi sistem hybrid mereka yakni E-Tech dalam 2-3 tahun kedepan. Dengan ini mereka berharap untuk memproduksi mobil-mobil hybrid dengan kuantitas banyak namun memiliki harga yang kompetitif di pasar. De Meo menambahkan bahwa Renault juga mampu mengurangi biaya dari sektor transmisi. Renault menggunakan clutchless ‘dog’ gearbox yang disambungkan dengan motor listrik untuk mensinkronisasi mesin bensin dan elektriknya.

Namun ada sebuah pertanyaan, bagaimana Renault bisa mendekati teknologi hybrid Toyota? Jawabannya berada di Formula One, karena dalam 10 tahun terakhir Renault telah memanfaatkan divisi motorsport-nya yakni Renault F1 Team dalam pengembangan teknologi hybrid mereka. Ajang motorsport menjadi tempat dimana manufaktur bisa menguji teknologi terbarunya, seperti Toyota mengetes kemampuan hybrid mereka dalam balapan 24 Jam Le Mans.

Apa opini kalian terhadap perkembangan teknologi hybrid Renault? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: