Regulasi Baru Uni Eropa Akan Kurangi 50 Persen Emisi

by  in Berita&Hi-Tech&Hot Stuff
Regulasi Baru Uni Eropa Akan Kurangi 50 Persen Emisi
0  komentar

Autonetmagz.com – Perubahaan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global mendorong badan-badan internasional seperti Uni Eropa atau EU (European Union) untuk mengeluarkan regulasi emisi kendaraan bermotor demi mengurangi polusi. Setiap tahun, regulasi emisi yang dikeluarkan EU semakin ketat dan untuk 2020 hingga 2030 mereka berencana untuk mengurangi polusi kendaraan di Eropa hingga 50 persen. Angka ini meningkat dari target sebelumnya yakni 40 persen, lantas apa saja yang diusulkan EU untuk mencapai nominal tersebut?

Nah, salah satu langkah pertama untuk mencapai 50 persen adalah membuat semua mobil keluaran 2021 keatas untuk mengikuti regulasi Euro 6D. Ursula von der Leyen, selaku European Commission President menyatakan bahwa mungkin kenaikan dari 40 hingga 50 persen akan memberatkan untuk beberapa pihak. Namun, beberapa pihak lain juga enyebutkan bahwa peningkatan itupun masih kurang. Beliau menambahkan bahwa pihaknya meyakini kondisi ekonomi dan industri Eropa bisa mengatasinya dan pada akhirnya mampu mencapai target tersebut.

Tentunya untuk mencapai target tersebut, ada dana yang diperlukan. Dan ada dana sebesar 267 miliar Dollar Amerika yang akan digunakan untuk dua hal. Pertama, sebesar 30 persen dari uang tersebut bakal dipakai dalam program pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19, sedangkan untuk 37 persen lainnya akan masuk kedalam proyek perbaikan iklim seperti pembangunan tempat charge mobil listrik, pengembangan energi hidrogen dan lain-lain.

Target ini merupakan bagian dari rencana lima tahun von der Leyen yakni European Green Deal yang menyatakan akan mengurangi emisi di Eropa hingga nol persen di 2050 mendatang. Beliau telah mengeluarkan rencana ini sejak ia pertama kali dipilih Desember tahun lalu. Namun walaupun ini semua terdengar bagus untuk iklim planet bumi, pabrikan-pabrikan mobil meminta regulasi ini diundurkan karena mereka memerlukan waktu lebih lama untuk mengembangkan mesin yang bisa mencapai regulasi baru EU. Kedua belah pihak harus bisa mencapai sebuah kesepakatan demi membuat Eropa bebas dari polusi dalam beberapa puluh tahun kedepan.

Bagaimana menurut kalian mengenai regulasi emisi terbaru dari EU? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: