Proton X50 : Crossover Blasteran China Malaysia

by  in Berita&Geely&Merek Mobil
Proton X50 : Crossover Blasteran China Malaysia
0  komentar

Autonetmagz.com – Segmen Sports Utility Vehicle (SUV) / Crossover di Asia merupakan salah satu pasar paling kompetitif di dunia dimana nama-nama besar seperti Toyota, Mitsubishi, Nissan dan masih banyak lagi hadir dengan SUV andalan mereka masing-masing. Untuk bisa mencicipi keuntungan dari pasar ini, pabrikan lain harus bisa mengeluarkan SUV dengan styling modern, memiliki fitur berlimpah dengan harga terjangkau dan sepertinya itulah yang telah dilakukan oleh manufaktur nasional Malaysia, Proton.

Perkenalkan Proton X50, Compact Crossover terbaru pabrikan asal Malaysia tersebut yang berbasis dari Geely Binyue. Proton X50 akan duduk dibawah kakak besarnya yaitu Proton X70. Oke, mari kita bahas mobil ini mulai dari eksteriornya dahulu dimana secara keseluruhan desainnya lumayan cakep. Bagian fascia-nya menggunakan Infinite Weave grille ciri khasnya Proton dengan aksen merah dibawahnya, front bumper-nya pun memiliki garis-garis yang cukup tegas dan memberikan kesan gagah. Pindah kesamping sekarang dimana hampir tidak ada perbedaan dengan kembarannya dari China yakni Geely Binyue, desain velg-nya pun juga sama menggunakan aksen dual tone.

Nah, sayangnya untuk sektor belakang Proton belum merilis foto-fotonya tapi kemungkinan besar akan mirip dengan Geely Binyue. Sekarang mari kita masuk dan bahas interiornya dimana lagi-lagi kabin mobil ini sama persis dengan kembarannya namun perbedaanya hanya ada di setirnya yang dipindah dari kiri ke kanan beserta aksen-aksen baru. Nonetheless ada beberapa hal yang patut dibicarakan seperti layar infotainment besar dimana ia menggunakan GKUI sebagai Operating System atau OS-nya. Lalu mobil ini juga mendapatkan panoramic sunroof yang jarang ditemukan untuk kelas Compact Crossover. Dashboard-nya sendiri memiliki warna dual tone merah dan silver, memberikannya kesan elegan namun sporty.

Hal-hal kecil lain yang patut disebut didalam kabin ini diantaranya Electronic Parking Brake, AC Auto, Selectable Driving Mode dan panel instrumen digital. Untuk soal fitur keselamatan, tenang saja karena kemungkinan besar mobil ini akan mendapatkan semua fitur keselamatan standar mobil modern seperti electronic stability control, enam airbags, autonomous emergency braking, adaptive cruise control dan lane keep assist. Li Chunrong selaku CEO dari Proton juga mengkonfirmasi kalau mobil ini akan mendapatkan fitur Level 2 Semi Autonomous Driving.

Nah, terakhir soal mesin, lagi-lagi Proton belum memberikan informasi apapun berkaitan dengan dapur pacu mobil ini tapi kemungkinan besar mesinnya akan sama dengan Geely Binyue yaitu 1.500 tiga silinder Turbocharged yang menghasilkan 177 hp dan torsi sebesar 255 nm. Tenaga dan torsi tersebut bakal disalurkan ke roda depan menggunakan tranmisi dual clutch yang bisa meluncurkan mobil ini dari 0-100 km/j dalam 7.9 detik saja. Tapi ingat ini masih kemungkinan, kita tetap harus menunggu informasi resmi dari Proton yang akan secara resmi merilis mobil ini dalam waktu dekat.

Jadi bagaimana opini kalian soal Proton X50 ini? Tulis di kolom komentar dibawah ya.

Read Prev:
Read Next: