Porsche Sukses Pasarkan 1 Juta Unit Cayenne!

Porsche Sukses Pasarkan 1 Juta Unit Cayenne!
0  komentar

Autonetmagz.com – Porsche telah mencapai sebuah milestone dimana ia telah berhasil menjual 1 juta unit dari model SUV pertamanya yakni Porsche Cayenne. Sejak awal dirilis pada tahun 2003, Porsche Cayenne menjadi mobil yang menyelamatkan Porsche dari krisis finansial lantas ia berjasa besar terhadap pabrikan asal Stuttgart tersebut. Untuk merayakan pencapaian ini, yuk kita bahas sekilas sejarah dari SUV pertamanya Porsche.

Untuk itu kita harus putar kembali waktu ke tahun 1990-an dimana Porsche sedang mengalami krisis. Pabrikan asal Jerman tersebut melaporkan kerugian sebesar 240 juta Deutschmarks. Untuk menakluki kerugian tersebut, Porsche harus berpikir keras dan juga beradaptasi terhadap tren otomotif terkini pada waktu itu untuk bisa bertahan hidup. Disitulah mereka melihat bahwa konsumen mulai tertarik membeli SUV keluarga seperti Jeep Cherokee, Toyota Rav4 dan Mitsubishi Pajero. Porsche melihat bahwa penjualan SUV setiap tahun terus meningkat, lantas mereka memutuskan untuk membuat SUV pertamanya.

Percepat ke tahun 2003 dimana Porsche akhirnya merilis SUV perdananya dalam bentuk Porsche Cayenne. Pada awalnya masyarakat belum terbiasa dengan kehadiran Porsche Cayenne karena mereka berpikir bahwa sebuah SUV dari Porsche adalah sebuah kejanggalan. Tapi opini mereka tak relevan karena angka penjualan Porsche Cayenne menunjukkan bahwa minat dar konsumen sangat tinggi. Porsche pun menyatakan bahwa penjualan Cayenne generasi pertama membantu Porsche keluar dari kerugian. Untuk memberikan perbandingan, pada tahun 2007/2008 Porsche Cayenne berhasil melompati angka penjualan Porsche 911 sebanyak 50.000 unit.

Kemudian pada tahun 2011, Porsche merilis generasi kedua dari Cayenne dengan kode chasis 958. Generasi kedua dari Porsche Cayenne ini memperkenalkan teknologi Plug In Hybrid dan Hybrid kepada SUV andalannya untuk memenuhi standar emisi ketat dari Eropa. Porsche Cayenne generasi ini juga mencatat sebuah rekor dunia, dimana varian dieselnya menarik sebuah pesawat Airbus A380 milik maskapai Air France sepanjang 42 meter. Nice!

Sekarang Porsche Cayenne sudah mencapai generasi ketiganya dimana ia menggunakan platform terkini Volkswagen Group MLBevo. Artinya Porsche Cayenne terkini memiliki basis sama dengan mobil-mobil seperti Volkswagen Tuareg, Lamborghini Urus dan Bentley Bentayga. Porsche juga merilis Cayenne varian coupe dan turbo coupe dimana ia bakal bersaing dengan mobil-mobil seperti BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE Coupe.

Selama 20 tahun terakhir, Porsche Cayenne telah menjadi salah satu mobil terpenting bagi pabrikan asal Stuttgart dikarenakan ia membantu Porsche bangkit dari kebangkrutan. Dan dengan minat konsumen terhadap SUV semakin tinggi tiap tahunnya, tak akan lama sebelum Porsche menjual satu juta unit Cayenne dalam satu dekade kedepan.

Bagaimana menurut kalian? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: