Penjualan Menurun, Honda Akan Discontinue CR-Z Tahun 2017

by  in Honda&International
Penjualan Menurun, Honda Akan Discontinue CR-Z Tahun 2017
0  komentar

AutonetMagz.com – Miris, itu yang bisa kami bilang ketika membicarakan tentang Honda CR-Z, sebab awalnya model ini merupakan kebangkitan mereka akan sportscar mereka yang sempat melegenda tahun 90-an, yaitu CR-X. Namun CR-Z secara soul sebenarnya jauh berbeda dengan CR-X, mungkin boleh-lah dengan desain yang mirip tapi CR-X dibangun dari basis Civic sedangkan CR-Z dari basis Jazz. Selain itu mesin hybrid dan impresi berkendaranya yang jauh dari kata ‘sportscar’.

Gunjang-ganjing tentang penerus model ini sempat digembar-gemborkan mulai dari peluncuran Honda CR-Z Alpha Final Edition yang kemarin dirilis hingga gosip Honda CR-Z bermesin VTEC Turbo. Namun semua itu ternyata mental oleh keputusan Honda untuk memensiunkan mobil ini segera pada tahun 2017. Honda memang tidak punya rencana untuk meneruskan kasta CR-Z di tahun kedepannya.

honda cr-z alpha final label

Ketidakyakinan dari Honda ini wajar, meski di Indonesia penjualan mobil ini terbilang hemm…. lumayan aja sih… berbeda dengan belahan dunia lain yang bahkan di negara tertentu sudah tidak ingin menjual mobil ini. Meski begitu CR-Z sendiri dianggap mengecewakan oleh 2 sisi para Fansboy Honda, pertama dari sisi heritage CR-Z tidak mewakili performa CR-X lawas, di sisi lain sebagai hybrid kecil dia juga tidak se-efisien yang diduga. Coupe kecil ini terus dikembangkan oleh honda, meski begitu nyatanya CR-Z tidak berhasil menyentuh para penggemar Honda.

Bahkan di Amerika Serikat sendiri penjualannya tidak bagus, itu dikarenakan harganya sendiri sudah membalap Civic Coupe seperti yang dilaporkan oleh Car And Driver. Beberapa pendapat menilai kesalahan Honda adalah tidak membuat CR-Z versi murah dengan menggunakan mesin bensin biasa, tentu saja dari segi berat akan jauh lebih ringan daripada versi hybrid. CR-Z sendiri mulai diperkenalkan pada tahun 2010 dan angka penjualan diperoleh tahun 2011, setelah itu penjualan coupe kecil ini makin menurun di tiap tahunnya.

Honda-new-CR-Z-2016-rear

Line produksi yang ditinggalkan oleh CR-Z diputuskan akan digantikan oleh Accord Hybrid serta Clarity terbaru yang menawarkan tiga penggerak : plug-in hybrid, fuel cell hydrogen dan 100% listrik. BTW saya bukanlah Fansboy Honda, tapi bagi saya sendiri secara soul CR-Z nampak seperti Mini Cooper atau Fiat 500 versi jepang, meski bukan aliran retro tapi mobil ini memang mendukung konsumen yang menginginkan gaya hidup dinamis. Timbang mempertahankan mesin hybrid, justru CR-Z dengan mesin 1.5 VTEC Turbo akan menjadi pilihan yang sangat menarik bagi Fansboy Honda, iya toh?

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • AE86

    Udh jlas emlemnya Beta 2.0 iVTEC. Hehe..

  • Tanpa nama

    Terlalu laku honda mendistoncinue Hrv di indonesia πŸ˜€

    • nusantara nusantara

      HUAHAHAHAH

    • Masih kecil

      Mulai…………………………..

    • Ray Adhitya

      mendistocinue ??? mendiscontinue kali

  • panameraboy

    CR-Z ini arahnya ga jelas. tampang udah ngajak ngebut. dari sisi heritage pengen jadi cucunya CR-X. tapi dari sisi mesin ga ada wah2nya. walaupun titelnya sports hybrid, dibilang kenceng juga begitu aja, irit juga bukan tandingan prius (jelas sih sistem hybridnya beda). dari tahun 2010 pengembangan dari sisi mesin ga ada, cuma jual limited edition ini dan itu, kasih bodykit sama mainin warna
    kecuali Mugen RZ yang pake supercharger, yang bangkitin harapan akan hadirnya CR-Z yang lebih kenceng lagi biar sesuai sama tampang. sayangnya cukup sampe disitu aja. padahal ga sulit ya kalo honda mau masukin mesin 1.5 Turbo baru ke CR-Z. toh dari segi eco-friendly dapet, sportynya juga masih dan lebih dapet dari mesin hybridnya
    cucok kalo CR-Z pake emblem RS juga, soalnya sportinya cuma sebatas tampang alitas Rada Sporty πŸ™‚

  • Sporky

    Hyundai Veloster yg punya desain body sejenis masih bertahan dg tersedianya pilihan mesin turbo plus DCT, kalo CR-Z ini mesin hybrid plus CVT. Penjualan CR-Z di amrik cuma sepersepuluhnya Veloster di angka 100an atau 200an per bulan, di Indonesia akhir ini angka 30an per bulan aja udah bagus, jd wajar aja akhirnya discontinued. Desain mirip2 bokong begini dulu juga ada di Honda Crosstour yg udah discontinued duluan.

  • mojako

    apakah alasan yg sama juga ketika CR-X mati pada masanya?

    ke depannya gen civic coupe ataupun civic hatchback lebih rasional untuk dipilih dan bermasa depan lebih cerah..

  • sony

    telat banget di discontinuenya, dah dari tahun 2014an ni mobil d suntik mati.. mobil fail.. mesin cuman jazz hybrid
    harga segitu mending beli ND, brz, 86… fanboy honda doang yang bakal beli ni mobil

  • Mark Buana

    mending beli honda fit hybrid built up thailand atau crz dari hpm????

  • Wira

    Emang untuk crz ini honda bener2 salah komposisi. Orang beli sport car apa yg dicari? Pertama mesin yg kenceng, tuh udah salah masukin mesin jazz + hybrid. Yg kedua fun to drive, emang fun to drive, tapi nggak ada apa2nya soal fun to drive dikelasnya. Yg ketiga desainnya, namanya sport car ya 2 pintu mesin depan penggerak belakang ini malah pake fwd. Kalopun mau main dikelas hot hatchback dgn harga segitu ditambah dikit lagi dapet golf gti. Ya orang mikir2 lah harga segitu dapetnya cuman mesin hybrid sama emblem H disetir.

    Sekarang orang kalo mau beli sport car entry level yg pertama dipikiran bukan crz ya 86/brz atau mx-5.