Penasaran Mobil Produksi Korea Utara Seperti Apa? Ini Dia!

by  in International&Mobil Baru
Penasaran Mobil Produksi Korea Utara Seperti Apa? Ini Dia!
0  komentar
mobil-korea-utara

AutonetMagz.com – Semenanjung Korea bisa dibilang unik, didalamnya terdapat bangsa Korea yang tentu saja berbeda bila dibandingkan dengan bangsa Tiongkok dan bangsa Jepang. Namun dalam semenanjung Korea ini terbagi menjadi 2 negara yang sangat berlawanan. Di sisi selatan terdapat Korea Selatan dengan pemerintahan liberal yang menghasilkan industri maju seperti Hyundai, KIA, Samsung dan… you name it lah… Namun di sisi lain Korea Utara terkenal dengan pemerintahan sosialis yang keras dengan kepemimpinan Kim Jong Un.

Seperti yang saya singgung, ini adalah pemerintahan sosialis yang tertutup, at least 90% berita tentang Korea Utara yang kita dengar hanya seputar Kim Jong Un. Informasi tentang kondisi Korea Utara sangatlah minim ditambah lagi tidak sembarang orang bisa masuk ke negara ini. Wisatawan Korea Utara dikontrol ketat, sekalipun boleh masuk maka mereka akan dibimbing oleh Tour yang telah diarahkan oleh negara dimana hanya boleh mengunjungi tempat yang dianggap “terbaik”. Tentu saja itu tempat modern seperti Pyongyang dan kota besar lainnya, itupun dibimbing terus oleh pemandu lokal dan juga ada pengawalan ketat dari pemerintah.

mobil-korea-utara-mirip-katana

Seorang turis seperti yang kita ulas dalam artikel ini bernama Eric Tseng, merekam beberapa video aktivitas di Korea Utara. Mengetahui bahwa kunjungan tour akan memasuki sebuah dealer mobil buatan Korea Utara, Tseng mulai mengabadikan model-model mobil tersebut. Uniknya tempat ini cukup ramai bagi sebuah dealer biasa, bahkan terekam ada konsumen yang antusias membeli mobil nasional ini, keganjilannya ini membuat Tseng sedikit curiga apakah suasana ini cuma settingan atau mereka benar-benar ingin membeli.

Oke, mari kita lihat baik-baik mobil yang ada di sini, mereka terpasang dengan logo yang agak asing bagi kita. Selain itu mobil yang berada di showroom ini nampak seperti mobil Tiongkok era 2000’an. Ada mobil dengan tampilan mirip Suzuki Katana dengan long wheel base, Toyota Corolla bermuka Subaru Legacy dan lucunya ada mobil komersial dengan bentuk Gran Max, yang membedakan hanya di bagian wajah. Bahkan sempat ada Sorento-wannabe dan LDV Maxus disampingnya.

mobil-korea-utara-mirip-gran-max

“Korea Utara sepertinya punya produsen mobil sendiri,” tulisnya dalam akun channel YouTube. “Saat tour terakhir kami di Korea Utara, kami sempat mengunjungi dealer ini di Pyongyang. Sulit membedakan apakah ini suasana dealer sebenarnya disini ataukah cuma setting-an.”

Eric Tseng pun sempat merekam lalu lintas yang diatur oleh seorang polwan di sudut kota Pyongyang. Nampak di sudut kota ini terlihat rapi dan jalanan cukup lebar, bahkan tidak ada pengguna sepeda motor disini. Bila anda sempat lihat rupanya ada juga mobil-mobil buatan luar negeri seperti Toyota, VW dan uniknya sampai ada Hyundai. Tapi tentu saja mobil yang dominan disinii justru yang tidak familiar bagi kita, mungkin itu produk dari merek Korea Utara atau produk Tiongkok.

polisi-wanita-korea-utara

Setelah kami sempat selidik menyelidik di internet, rupanya mobil ini bernama Pyeonghwa Motors, ini adalah satu dari dua pabrikan otomotif nasional yang eksis di negara ini .Pada akhirnya mereka berhenti memproduksi mobil pada tahun 2012, umur pabrikan ini hanya 12 tahun. Nampaknya sekarang mereka memilih mengimpor mobil dari Tiongkok. Sebelum berkomentar, mari kita saksikan video yang direkam Eric Tseng di Korea Utara.

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • Vinc Varrel

    Ada granmax di gambar 3 :O

  • Bro

    Itu yang mirip gran max nya pake pelek avanza lama ?

  • asd

    di video yg traffic lady ada mobil yg mirip avanza

    • Rundeer

      Ini ya? Avanza kw super ??

      • Walter White

        Pabrikan china produksi FAW Jilin ini sih… itu karena sudah beli lisensi dari Daihatsu. Namanya Jilin-Senya S80.

        • asd

          ternyata di korea utara ga sesuram yg dibayangkan ya …

        • Rizki

          betul, Xenia gen.1 dirakit lokal disana, tapi kurang laku jadi gak diterusin, mungkin yg masuk korut hasil lisensi FAW

  • panameraboy

    itu mobil leopard dashboardnya mirip sama pajero generasi 2 deh atau yang kita kenal sebagai pajero V6 3000 yang taun 90an itu

  • Rahadian

    Baca paragraf pertama, serasa bakalan baca ulasan sejarah korea utara.. ternyata masih sekitar otomotif.. kirain bakal nyeritain perang korut vs korsel nih mas yuda.. gkgkgkgkgk..

  • Aryo Wicaksono

    coba aja leopard di atas nggak pakai bull bar, pasti lebih ganteng. sekarang rakyat Korea Utara sudah makmur, lho. untuk menghangatkan badan mereka hampir setiap hari main ice skating.

    • Levi

      Yakin itu bukan propaganda ? Korut itu negara yg plg suka propaganda lho

      • Aryo Wicaksono

        aku nonton berita cuaca dan aktivitas Korea Utara di NHK World, lho. Jepang dan Korea Utara kan kurang bersahabat, jadi ngapain Jepang memberitakan berita bohong.

        • Levi

          Hmm jadi menarik, cmn gw bingungnya ya itu, kalo China, Korsel dan Jepang makmur, gw percaya, krn industrinya jalan, ekspor banyak

          Korut ? Wisata dikit, ekspor nihil, pertanian kagak jalan ?

          • Aryo Wicaksono

            Iran yang diboikot aja makmur, kok, apalagi Korea Utara yang didukung Rusia dan Cina.

          • Levi

            Iran ada minyak gan, kalo itu kagak usah ditanya ?

      • Elhafidz

        Itu tempat ice skating cuma ada 1 deh di 1 negara kalo ga salah pas nonton video dokumenter (dah agak lama sih, wkwk), terus juga dibangunin taman hiburan yang mana jadi tempat hiburan satu satunya di negara itu, itu aja warganya udah seneng, bilangnya kim jong baik banget.. bandingin sama Indonesia berapa banyak taman hiburan di satu negara, trans studio, ancol, jatim park, BNS, dll,

        • Aryo Wicaksono

          oh iya sih pantes aja penuh kayak cendol. ibarat buku Pyongyang seperti cover Korea Utara, cover aja bagus, isi belum tentu. lagian sudah umum eksterior bangunan di Pyongyang bagus tapi interior terbengkalai tidak dipakai.

        • Levi

          Wkwkwkwk, bersyukur lah kita gak jd negara kyk gt

  • Walter White

    Mas yudakusuma coba follow account instagram @jakaparker . itu orang indonesia yang tinggal di korea utara, terkadang foto mobil yang ada di pyongyang juga.

  • denni

    granmax versi Korut jauh lebih keren dibanding granmax yg ada dsni.
    yg sedan jg ok banget ..

  • Levi

    Sedikit info saja, di Korut, tradisi propaganda msh sangat kuat, kalau pada bilang di Korut makmur, makmurnya drmn orang mereka gak pernah ekspor apapun, tourism jg terbatas, pertanian jg gak ada lahannya.

    • bolot

      sebatas info yang kita dapat cuma bermodal katanya dan katanya maka itu juga termasuk bagian dari propaganda. korut termasuk tidak atau belum terindentifikasi dengan jelas dengan kata lain korut makmur atau korut ancur kita tidak akan pernah tahu

      • Levi

        Betul sih gan, tp kalo mereka blg mereka itu makmur, kayaknya gak percaya deh, skrg profit negara mereka dr mana ? Pertanian gagal, ekspor kagak ada ?

        • Lutfi Prasetyo

          mas levi iki loh sering metu saiki neng kene.. mas levi pernah ke korut berapa lama mas bisa tau semuanya deh keren hehehe…

          • Levi

            Hehe blom pernah gan, takut, mereka hobi culik orang asing gt ..

            Tau seluk beluk Korut dr temen” luar negri ane gan, beritanya sana kan sdh mencakup mancanegara soalnya,

          • Aryo Wicaksono

            yah, sekali-sekali coba diculik korea utara, Mas, lumayan ntar masuk tv. :v

          • Levi

            Hahaha jadi reviewer mobil sana yak ? ?

            Waduh nggak deh gan, disana kagak ada Indomaret sm warung mi ayam, bakalan sulit makan ane disana ?

  • bolot

    selagi info yang kita dapat cuma bermodal katanya dan katanya maka itu juga termasuk bagian dari propaganda. korut termasuk tidak atau belum terindentifikasi dengan jelas bagaimana sesungguhnay kondisi real di sana. dengan kata lain propaganda korut makmur atau korut ancur kita tidak akan pernah tahu.

  • jono sujono

    dipastikan tidak ada hyundai dan kia disana… 🙂