Penasaran Mobil Produksi Korea Utara Seperti Apa? Ini Dia!

by  in International&Mobil Baru
Penasaran Mobil Produksi Korea Utara Seperti Apa? Ini Dia!
0  komentar
mobil-korea-utara

AutonetMagz.com – Semenanjung Korea bisa dibilang unik, didalamnya terdapat bangsa Korea yang tentu saja berbeda bila dibandingkan dengan bangsa Tiongkok dan bangsa Jepang. Namun dalam semenanjung Korea ini terbagi menjadi 2 negara yang sangat berlawanan. Di sisi selatan terdapat Korea Selatan dengan pemerintahan liberal yang menghasilkan industri maju seperti Hyundai, KIA, Samsung dan… you name it lah… Namun di sisi lain Korea Utara terkenal dengan pemerintahan sosialis yang keras dengan kepemimpinan Kim Jong Un.

Seperti yang saya singgung, ini adalah pemerintahan sosialis yang tertutup, at least 90% berita tentang Korea Utara yang kita dengar hanya seputar Kim Jong Un. Informasi tentang kondisi Korea Utara sangatlah minim ditambah lagi tidak sembarang orang bisa masuk ke negara ini. Wisatawan Korea Utara dikontrol ketat, sekalipun boleh masuk maka mereka akan dibimbing oleh Tour yang telah diarahkan oleh negara dimana hanya boleh mengunjungi tempat yang dianggap “terbaik”. Tentu saja itu tempat modern seperti Pyongyang dan kota besar lainnya, itupun dibimbing terus oleh pemandu lokal dan juga ada pengawalan ketat dari pemerintah.

mobil-korea-utara-mirip-katana

Seorang turis seperti yang kita ulas dalam artikel ini bernama Eric Tseng, merekam beberapa video aktivitas di Korea Utara. Mengetahui bahwa kunjungan tour akan memasuki sebuah dealer mobil buatan Korea Utara, Tseng mulai mengabadikan model-model mobil tersebut. Uniknya tempat ini cukup ramai bagi sebuah dealer biasa, bahkan terekam ada konsumen yang antusias membeli mobil nasional ini, keganjilannya ini membuat Tseng sedikit curiga apakah suasana ini cuma settingan atau mereka benar-benar ingin membeli.

Oke, mari kita lihat baik-baik mobil yang ada di sini, mereka terpasang dengan logo yang agak asing bagi kita. Selain itu mobil yang berada di showroom ini nampak seperti mobil Tiongkok era 2000’an. Ada mobil dengan tampilan mirip Suzuki Katana dengan long wheel base, Toyota Corolla bermuka Subaru Legacy dan lucunya ada mobil komersial dengan bentuk Gran Max, yang membedakan hanya di bagian wajah. Bahkan sempat ada Sorento-wannabe dan LDV Maxus disampingnya.

mobil-korea-utara-mirip-gran-max

“Korea Utara sepertinya punya produsen mobil sendiri,” tulisnya dalam akun channel YouTube. “Saat tour terakhir kami di Korea Utara, kami sempat mengunjungi dealer ini di Pyongyang. Sulit membedakan apakah ini suasana dealer sebenarnya disini ataukah cuma setting-an.”

Eric Tseng pun sempat merekam lalu lintas yang diatur oleh seorang polwan di sudut kota Pyongyang. Nampak di sudut kota ini terlihat rapi dan jalanan cukup lebar, bahkan tidak ada pengguna sepeda motor disini. Bila anda sempat lihat rupanya ada juga mobil-mobil buatan luar negeri seperti Toyota, VW dan uniknya sampai ada Hyundai. Tapi tentu saja mobil yang dominan disinii justru yang tidak familiar bagi kita, mungkin itu produk dari merek Korea Utara atau produk Tiongkok.

polisi-wanita-korea-utara

Setelah kami sempat selidik menyelidik di internet, rupanya mobil ini bernama Pyeonghwa Motors, ini adalah satu dari dua pabrikan otomotif nasional yang eksis di negara ini .Pada akhirnya mereka berhenti memproduksi mobil pada tahun 2012, umur pabrikan ini hanya 12 tahun. Nampaknya sekarang mereka memilih mengimpor mobil dari Tiongkok. Sebelum berkomentar, mari kita saksikan video yang direkam Eric Tseng di Korea Utara.

Read Prev:
Read Next: