Pabrik Perakitan Vinfast Hai Phong, Canggih Dengan 1200 Robot!

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Pabrik Perakitan Vinfast Hai Phong, Canggih Dengan 1200 Robot!
0  komentar

Hai Phong – Vietnam, AutonetMagz.com – Di sela Media visit bersama Vinfast di Vietnam minggu lalu, AutonetMagz mendapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik perakitan VinFast di hai Phong Vietnam. Hai Phong sendiri merupakan kota terbesar ketiga di Vietnam dan berlokasi sekitar 100 km dari Hanoi. Fasilitas ini dibuka di tahun 2019 dan merupakan hasil dari reklamasi rawa-rawa sehingga menjadi perakitan modern saat ini.

300 Ribu Unit EV per Tahun

Dengan kapasitas mencapai 300.000 unit EV per tahunnya, pabrik seluas 348 ha ini sangatlah modern. Bayangkan, di bagian press shop saja yang bertugas untuk menyambung (dengan las) komponen-komponen body mobil yang sudah selesai dicetak. VinFast menggunakan 1200 robot untuk mengelas tiap bodi mobil. Sehingga kualitas dan kepresisian hasil las dapat dicapai dengan konsisten. Di beberapa bagian lain manufakturing, proses otomoatisasi sendiri dapat mencapai 90% untuk lini produksi, dan 95% untuk Press dan Paint Shop.

Pabrik ini didukung oleh merk-merk mesin manufakturing terkemuka di dunia seperti KUKA, ABB, Seiemens dan Durr. Ketika ditanyakan mengapa memilih Hai Phong sebagai lokasi pabrik utama dari Vin Fast, representatif Vin Fast mengatakan bahwa daerah Hai Phong sedniri sangat dekat dengan pelabuhan Lach huyen yang memiliki akses pengiriman global yang dibuka 2018 lalu. Dimana pelabuhan global ini memiliki kedalaman sampai 14 meter dan kemampuan kargo sampai 100.000 ton yang menjadikannya pelabuhan barang terdalam dan terbesar di Vietnam.

Vinfast Produksi Motor Listrik Juga

Uniknya lagi, pabrik di Hai Phong ini juga turut memproduksi motor-motor listrik bermerk VinFast yang juga diterima pasar dengan baik. Apakah ada kemungkinan motor-motor listrik ini masuk ke pasar Indonesia? Tentu saja ada, dengan dukungan kualitas dan network yang terus dikembangkan VinFast. Mari kita tunggu kiprah VinFast di pasar Indonesia ke depannya!

Gallery Pabrik Vinfast Hai Phong

Read Prev:
Read Next: