Ngeri, Superbike Australia Ini Bertenaga 334 HP Bermodalkan V8 Hasil Dua Mesin Yamaha R1

by  in Motor Baru
Ngeri, Superbike Australia Ini Bertenaga 334 HP Bermodalkan V8 Hasil Dua Mesin Yamaha R1
0  komentar
pgm-v8-right

AutonetMagz.com – Apa hal yang menarik dari sebuah superbike pada umumnya selain dari bentuk tampilan? Tentu saja mesinnya, mesin superbike umumnya berbeda dengan mesin motor biasa. Selain dimensinya kompak dan ringan, mesin superbike juga mempunyai karakter hi rev engine sehingga tenaga yang dihasilkan sangat besar. Padahal kubikasinya tidak besar-besar amat lho, umumnya 1000 cc naturally aspirated saja bisa menghasilkan 150 hp bahkan 200 hp, Fantastis bukan?

pgm-v8-engine

Peluang ini yang dilihat oleh sebuah pabrikan motor di Australia bernama PGM Motorcycles. Hem, saya kok familiar mendengar namanya cuma ada yang kurang. Ah lupakan saja, jadi motor ini digarap oleh seorang Australia bernama Paul Maloney, mantan insinyur Yamaha superbike. Bisa dibilang beliau sangat antusias menggarap proyek motor bernama PGM V8 ini. Bagaimana tidak, motor ini digarap tahun 2006 dan sempat hiatus hingga dilanjutkan lagi pada 2008 dan akhirnya selesai pada 2015. Wah… lama betul.

Paul Maloney mendapat ide untuk menggabungkan dua mesin superbike ke dalam sebuah motor demi mendapatkan motor bertenaga liar. Basis yang digunakan adalah mesin dari Yamaha R1 dengan spesifikasi inline-4 bertenaga 172,6 hp lalu dua mesin ini digabungkan. Alhasil jadi seperti apa spesifikasinya? PGM ini berkubikasi 1996 cc 40 valve menghasilkan tenaga yang cukup sinting, 334 hp! Dibandingkan dengan Kawasaki H2R hanya selisih 8 hp lebih besar.

pgm-v8-ohlins suspension

Namun bermodalkan tenaga besar saja tidak cukup, PGM juga didesain dengan spesifikasi khusus sehingga motor ini dapat menjinakkan mesin liar tersebut. Seperti material bodi dan trellis frame menggunakan carbon fibre dipadukan dengan fork Ohlins FGX di depan dan shock Ohlins TTX di belakang. Sektor kaki-kaki menggunakan velg berlabel Marchesini dan rem Brembo. Alhasil berat badan motor ini bisa dimaksimalkan hingga 242 kg.

Saya sempat menengok-nengok situs PGMV8 ini, saat melihat spesifikasinya memang cukup lengkap dan gamblang. Kecuali satu kolom dibawahnya, top speed hanya diisi “How brave are you?“. Hahaha… Speechless.

pgm-v8-back-stoplamp-muffler

Berbicara tentang harganya, motor ini dibanderol dengan harga $180.000, jumlah yang tidak sedikit memang. Namun wajar juga mengingat risetnya sendiri memakan waktu bertahun-tahun hingga sekarang. Menariknya Paul Maloney ada niat untuk membuat PGM full fairing dengan spesifikasi V8 mesin Yamaha R1 Crossplane saat ini. Woh, bisa kebablasan sampai 400 hp nih, pusing pala barbie.

Jadi penasaran impresi suara V8 dari mesin superbike, mungkin segokil mesin V8 Ferrari hehe…

Read Prev:
Read Next:
  • Rafi M. P.

    Eh udah ada kontributor pertama dech…

  • aaaaaa

    Kalo dari mesinnya yang high rev jadi suaranya high pitched, mungkin lebih kayak Lexus LFA atau mobil formula sekalian? Hmmmmmmmm ._.

  • jono sujono

    wah… om yuda.. gimana kabarnya luuurrr… 😀