Mesin V8 Toyota Akan Tutup Usia, Diganti V6 Twin Turbo

Mesin V8 Toyota Akan Tutup Usia, Diganti V6 Twin Turbo
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil Jepang biasanya dipasangkan dengan mesin kecil yang ekonomis, tapi bukan berarti mereka tidak bisa bikin mesin besar berpiston banyak. Toyota contohnya, selain membuat mesin V8 untuk dipasang di Lexus, mereka juga punya mesin V8 untuk berbagai model. Toyota Land Cruiser, Toyota Tundra, Toyota Sequoia dan Toyota Century adalah contoh-contoh Toyota bermesin V8.

Untuk saat ini, mesin V8 Toyota nampaknya tinggal menghitung sisa masa baktinya. Menurut laporan dari The Drive, Toyota akan memberhentikan produksi massal mesin V8 mereka untuk kemudian diganti dengan mesin V6 twin turbo. Ada beberapa pabrik yang bikin mesin V8 Toyota, salah satunya di Huntsville, Alabama dan satunya lagi di Tahara, Jepang. Pemberhentian produksi mesin V8 ini dijadwalkan terjadi 3 tahun mendatang.

Setelah mesin V8 tutup usia, pabrik Toyota di Huntsville akan memasang peralatan baru untuk merakit mesin V6 twin turbo. Kalau pabrik Jepang, mesin V8 akan tetap diproduksi untuk jumlah yang sangat kecil, prioritasnya di masa depan juga akan membangun mesin V6 twin turbo. Jika mesin V6 twin turbo ini menggantikan mesin V8, besar kemungkinan Toyota-Toyota yang saat ini pakai V8 akan ganti mesin jadi V6 twin turbo.

Bisa dimengerti kenapa mesin-mesin ini akan tutup usia. Pada hari ini, teknologi mesin turbo sudah sangat maju dan bisa menggantikan tugas mesin naturally aspirated normal yang lebih besar dan pistonnya lebih banyak. Saat ini, mesin 4 silinder turbo kuatnya sudah sama seperti V6 atau V8, mesin V6 twin turbo bisa sekuat V8, V10 bahkan V12. Mesin V8 twin turbo sekarang juga sudah sangat kuat, melebihi kekuatan mesin V10 dan V12.

Itulah satu dari sedikit alasan kenapa sekarang sudah jarang mesin V10 naturally aspirated, yang tersisa hanya di Audi dan Lamborghini. Jaman memang sudah berubah, dulu mesin turbo itu spesial dan mesin N/A itu biasa, sekarang malah kebalikannya. Meski ada kabar ini, bukan berarti Toyota benar-benar sudah selesai urusan dengan V8. Lexus pernah berkata bahwa saat ini mereka sedang menggodok mesin V8 twin turbo baru.

Mesin V8 twin turbo baru ini digosipkan akan dipasang di mobil-mobil kencang. Bisa jadi mesin V8 twin turbo ini akan dijumpai di ruang mesin Lexus LC F, calon mobil flagship performa tinggi Lexus yang baru. Selain LC F, Lexus LX alias Land Cruiser versi mevvah juga mungkin memakai mesin V8 twin turbo itu. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio