Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept : Exelero Kembali?

Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept : Exelero Kembali?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dulu, saat brand Maybach belum tenggelam lalu muncul kembali seperti sekarang, sub-brand Mercedes Benz yang dibentuk untuk menyasar pasar yang sama dengan Rolls Royce ini punya sebuah coupe besar yang dinamai Maybach Exelero. Saat diluncurkan, produk yang melengkapi jajaran Maybach setelah Maybach 62S ini harganya 8 juta Dollar, tapi tidak begitu baik penerimaannya. Jangankan laku, terkenal saja tidak. Kalau saya tidak sebut, berapa orang yang tahu ada mobil namanya Maybach Exelero?

Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept side view

Karena terus merugi dari setiap penjualan Maybach 62S dan Exelero, akhirnya brand Maybach tenggelam, namun belakangan ini muncul lagi dengan nama Mercedes-Maybach. Mereka melakukan perkenalan ulang dengan S-Class yang dimewahkan (lagi), namun langkah berikutnya dari Mercedes Benz adalah dengan menelurkan konsep coupe besar nan mewah yang diberi nama Mercedes Benz Vison Maybach 6 Concept. Jangan tertipu, biarpun ada kata Vision, mobil ini tidak ada urusannya dengan Gran Turismo.

Angka 6 dari nama mobil ini merujuk pada panjang mobil ini. Yah, panjang sebenarnya 5,6 meter, tapi dibulatkan jadi 6 meter, alias lebih panjang dari KIA Grand Sedona, Hyundai H1 atau Lexus LS sekalipun. Mobil konsep ini mengacu pada gaya mobil “aero coupe” yang kondang di abad ke-20, namun bentuk bodi keseluruhan lebih mirip kapal laut. Tapi entah kenapa kami suka, seperti memperkenalkan kembali tren yang dulu sempat menjadi identitas para orang berada dahulu kala.

Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept interior

Masuk ke kabin bisa dilakukan via sepasang gullwing door seperti Mercedes Benz 300 SL atau SLS AMG, dan kabinnya sedikit banyak mengadopsi paham desain dari Mercedes Benz IAA Concept, namun dipermewah dengan kombinasi aksen rose gold, trim kulit dan kayu em yang sudah dipoles. Meski coupe, teknologi autonomous atau self-driving telah disematkan untuk membuat si coupe bergaya kapal laut ini bisa mengemudi sendiri.

Lupakan mesin V12 seperti di Maybach Exelero, karena yang ada di Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept ini adalah mesin listrik dengan total tenaga 738 hp yang ditenagai baterai berdaya 80 kWh. Dengan penggerak AWD seperti Mercedes Benz SLS AMG Electric Drive, coupe besar ini bisa berakselerasi dari 0-100 dalam waktu 4 detik dan punya jarak tempuh lebih dari 320 km sebelum harus diisi ulang lagi.

Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept top view

Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept sudah bisa melakukan fast charging juga, dengan klaim pengisian baterai selama 5 menit bisa memberi jarak tempuh ekstra sebanyak 99 km. Jika tak ada aral melintang, versi produksi dari Mercedes Benz Vision Maybach 6 Concept ini harusnya ada sekitar 1-2 tahun lagi dengan menargetkan Bentley Continental GT dan Rolls Royce Wraith sebagai rivalnya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio