Mengenal Bahasa Desain Zeekr : Kok Ada Yang Beda Sendiri?

by  in  Berita & Editorial & International
Mengenal Bahasa Desain Zeekr : Kok Ada Yang Beda Sendiri?
0  komentar

Shanghai, AutonetMagz.com – Sebagai sebuah brand yang bergerak di level luxury, maka sebuah brand identity menjadi hal yang wajib bagi Zeekr. Dan salah satu bentuk identitas yang paling mudah dipahami oleh orang awam adalah bahasa desain mobil. Lantas, dengan sejumlah model yang sudah dipasarkan di China dan global, kenapa Zeekr terkesan punya beberapa bahasa desain yang berbeda satu sama lain? Mari kita korek informasinya dari bos desain Zeekr, Javier Garcia-Gallardo.

Baca Juga : Bos Desain Zeekr : Ada 3 Key Feature Mobil Luxury Kami

Bahasa Desain Awal Terpengaruh Lynk&Co

Sejauh ini, Zeekr sudah memiliki sejumlah produk yang dijual massal, mulai dari Zeekr 001, Zeekr 009, Zeekr X dan duet terbaru adalah Zeekr 007 dan Zeekr 7X. Kalau kalian perhatikan, Zeekr 001 masih menggunakan desain yang sangat terpengaruh dari Lynk&Co. Dan ini sangat wajar karena sejatinya Zeekr 001 adalah versi produksi dari Lynk&Co Zero Concept. Sehingga, bahasa desain yang diterapkan di Zeekr 001 masih blending dengan desain ala Lynk&Co, apalagi pusat R&D Zeekr juga lokasinya sama dengan Lynk&Co kala itu yaitu di Gothenburg, Swedia. Setelah itu, Zeekr 009 dan Zeekr X muncul dengan lekuk desain yang lebih tegas, namun masih dengan LED DRL ala urban prism Lynk&Co.

Memang ada area-area yang sangat terpengaruh oleh Lynk&Co, dan menurut saya tak ada keraguan akan hal itu. Untuk mereka yang sudah lama bergelut di dunia otomotif, hal tersebut sangat kentara” ujar Javier. Segalanya mulai berubah saat Zeekr mendesain Zeekr 007, yang diikuti juga oleh Zeekr 7X dan nantinya oleh Zeekr Mix. “Zeekr 007 adalah mobil pertama yang kami kembangkan dari nol. Kami ingin membuat mobil yang merefleksikan aspirasi Zeekr sebagai brand luxury yang high end dan high tech” jabarnya. Zeekr 007 dan Zeekr 7X menggunakan bahasa desain baru yang terinspirasi dari bentuk clamshell. Desain kedua mobil ini nampak minimalis di bagian fascia dan buritan, namun memiliki Zeekr Stargate yang catchy.

Zeekr 007 Jadi Awal Bahasa Desain Baru Yang Fleksibel

Jadi, yang kalian lihat ini adalah resep yang kami susun bersama. Kami ingin menghadirkan kesan simpel dan elegan. Kami percaya bahwa less is more, dan di segmen premium, kalian tak perlu ‘berteriak’ untuk menghasilkan produk yang high end” jelas Javier. Javier menjelaskan bahwa tantangan terbesar mereka dalam pengembangan bahasa desain baru ada pada fascia kendaraan. “Seperti yang kalian lihat, kami tentunya melakukan pendekatan Antropomorfisme. Ada wajah, dengan 2 mata, hidung dan mulut. Namun, di segmen BEV, Grille tidak diperlukan, maka kami hilangkan bagian mulut, menyisakan sedikit bagian hidung” jelas Javier dalam analogi Antropomorfismenya.

Baca Juga : Zeekr Shanghai Design Center : Dari China Untuk Global Market!

Pada akhirnya, kami menemukan pendekatan desain yang brilian dengan menghapus semua elemen di wajah dan menanamkan elemen grafis yang dinamis” jelas Javier. Dalam hal ini, komponen yang dimaksud adalah Zeekr Stargate yang terdiri dari ribuan LED Beam yang bisa dikustomisasi sesuai kemauan penggunanya. “Daripada memiliki wajah yang statis, menurut kami lebih baik punya wajah yang fleksibel. Konsumen bisa mengekspresikan identitas digital mereka di mobil, dan ini menyenangkan” tambah Javier. Dan bahasa desain terbaru Zeekr ini diadopsi di Zeekr 007, Zeekr 7X, dan Zeekr Mix. Lantas, apakah artinya bahasa desain lama yang digunakan di Zeekr 001, Zeekr 009 dan Zeekr X akan pensiun? Tidak juga.

Baca Juga : Bos Desain Zeekr : Produk Kami Siap Untuk Pasar Global Karena…

Zeekr Mencoba Beradaptasi Dengan Konsumen

Javier menjabarkan bahwa keduanya bisa berjalan bersama dan menyasar konsumen yang berbeda. Desain ala Zeekr 001, 009 dan X memiliki tampilan lebih premium, emosional dan menyasar segmen flagship. Sedangkan Zeekr 007, Zeekr 7X dan nantinya Zeekr Mix memiliki desain yang lebih cocok untuk pasar global dan bisa diterima lebih banyak kalangan tanpa meninggalkan kesan high end & high tech ala Zeekr. “Menurut saya, brand harus bisa beradaptasi dengan kebutuhan konsumen akan desain. Dan dari pengalaman, brand yang memaksakan desain tertentu pada konsumen biasanya tidak sukses” ujar Javier. Javier menegaskan bahwa Zeekr tidak akan kolot dan hanya memiliki 1 bahasa desain.

Baca Juga : Zeekr : Usia Kami Muda, Tapi Modal Pengalaman Kami Puluhan Tahun!

Alih-alih, Zeekr akan mencoba fleksibel dan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan konsumen mereka. Jadi, sudah jelas kan sob? Baca juga interview kami dengan Javier dalam konteks lain di artikel-artikel yang lainnya.

Video Trip Zeekr 2024

Zeekr Shanghai Design Center Tour

Read Prev: