Mahindra Resmi Akuisisi 100% Saham Peugeot Motorcycle!

Mahindra Resmi Akuisisi 100% Saham Peugeot Motorcycle!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam satu bulan terakhir, nama merk asal India yaitu Mahindra memang tengah hangat diperbincangkan di ranah otomotif Indonesia. Hal ini cukup wajar, karena RMA Indonesia yang menggandeng pihak Mahindra telah resmi memperkenalkan Mahindra Scorpio baik versi single cab maupun double cab. Nah, namun kali ini kami tidak akan membahas terkait eksistensi Mahindra di Indonesia melainkan di pasar global. Malahan, bukan tengang mobil, tetapi tentang motor.

Seperti judul yang kalian baca diatas, pihak Mahindra telah resmi melakukan akuisisi pada Peugeot Motorcycle secara penuh, alias 100% sahamnya dibeli pihak Mahindra. Sebenarnya, kedekatan antara Mahindra dan juga Peugeot Motorcycle sudah terjali sejak beberapa tahun silam. Dan di tahun 2015, pihak Mahindra telah mengakuisisi 51% dari saham Peugeot Motorcycle melalui anak perusahaan mereka di Benua biru, yaitu Mahindra Two Wheelers Europe. Kala itu, langkah akusisi 51% saham Peugeot Motorcycle oleh Mahindra dilakukan supaya merk asal India tersebut bisa melakukan debut di Eropa.

Nah, 49% sisanya dimiliki oleh pihak PSA Groupe yang memang kita ketahui menaungi beberapa merk asal Perancis termasuk Peugeot sendiri. Untuk bisa mengakuisisi penuh Peugeot Motorcycle, pihak Mahindra harus menggelontorkan dana mencapai 13 juta Poundsterling atau setara dengan 234 Milyar Rupiah. Sedangkan untuk urusan investasi, pihak Mahindra menggelontorkan lagi dana segar mencapai 15 juta Poundsterling atau setara dengan 270 Milyar Rupiah untuk pengembangan produk baru. Moncernya penjualan Peugeot Motorcycle menurut Mahindra di beberapa negara membuat pabrikan asal India ini kesengsem.

Peugeot Kissbe yang hanya berkubikasi 50cc berhasil mencatatkan diri sebagai model paling laris dari merk ini di Eropa. Sedangkan versi roda tiga yaitu Peugeot Metropolis mengalami peningkatan penjualan di beberapa daerah, serta Peugeot Urban GT diklaim sudah mencapai target penjualan yang dicanangkan. Nah, dengan akuisisi ini, pihak Mahindra berniat untuk lebih dalam lagi masuk ke pasar Eropa dan Asia bersama dengan Peugeot Motorcycle. Mahindra mencanangkan bahwa Peugeot akan memperkenalkan 7 motor baru di tahun 2021 mendatang.

Nah, sebagai salah satu ‘syarat’ saat mengakuisisi Peugeot, pihak Mahindra harus tetap mengembangkan segmen scooter yang memang sudah cukup identik dengan Peugeot. Selain itu, tim desain Peugeot juga tetap akan menangani desain motor – motor terbaru dari pabrikan asal Perancis ini. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Sumber : DriveSpark

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana