Intip Spek Toyota Supra 2017 : Hybrid, AWD, 6 Silinder, Kopling Ganda

by  in BMW&International&Toyota
Intip Spek Toyota Supra 2017 : Hybrid, AWD, 6 Silinder, Kopling Ganda
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang kangen Toyota Supra? Saya termasuk salah satu yang menunggu reinkarnasinya, dan kerja sama antara Toyota serta BMW merupakan satu cara yang baik dalam membawa kembali nama besar Supra. Seperti diketahui, platform hasil kerja sama antar keduanya akan dipakai BMW untuk membuat BMW Z5, dan Toyota akan memakainya sebagai Supra, namun Toyota Supra 2017 akan sedikit lebih gemuk daripada Z5.

Ini dilanjutkan dengan rumor bahwa mereka berdua tengah menyiapkan pabrik di Austria untuk membuat BMW Z5 dan Toyota Supra. Masih penasaran? Sama, tapi beberapa laporan dari Auto Express menyiratkan sekelumit spesifikasi Supra terbaru, di antaranya Toyota Supra 2017 sudah bisa dipastikan menjadi mobil hybrid. Wajar, selain soal emisi yang mencekik leher para produsen mobil, rivalnya seperti Honda NSX juga hybrid, bahkan Nissan GT-R R36 nanti rencananya juga jadi hybrid.

toyota-ft-1-graphite

Sistem hybrid Toyota Supra diklaim akan sama dengan mobil balap LMP1 Toyota TS050 hybrid yang kemarin menuai rasa hormat dari publik dan rival. “Sama” di sini artinya akan ada motor listrik yang menggerakkan roda depan dan roda belakang, entah berapa jumlahnya, bisa 2 atau bahkan 3 seperti yang dilakukan Honda NSX. Sementara sistem hybrid-nya dipastikan pakai punya Toyota, mesin 6 silindernya dipastikan buatan BMW, dan mesinnya hanya menggerakkan roda belakang.

2017 toyota supra interior

Seperti Porsche 918, Toyota Supra baru bisa mengisi ulang energi baterai lithium-ionnya saat pengereman,  atau yang kita kenal sebagai regenerative braking. Oh ya, Toyota Supra 2017 akan menjadi mobil Toyota pertama yang pakai girboks kopling ganda, bukan torque converter atau CVT. Alasannya kira-kira sama seperti di atas, biar tidak kalah saing dengan rival sebangsa dan setanah airnya, Honda NSX dan Nissan GT-R.

mesin-toyota-ft-1

Yang menarik, bobot Toyota Supra 2017 akan diusahakan tidak lebih dari 1,4 ton, jauh lebih ringan daripada Nissan GT-R Nismo misalnya, karena berat GT-R Nismo sekitar 1,7-1,8 ton. Ini akan dicapai dengan keahlian Toyota mendesain motor listriknya sendiri supaya ringan dan keahlian BMW dalam metode pengurangan bobot mobil. Salah satu bukti nyata adalah penggunaan sasis carbon fiber di BMW 7 Series baru. Makin tidak sabar saja nih, kalau kamu? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • Garin Andana

    Semoga lampu belakang supra dikembalikan lg ?

    • Levi

      Yg baru jg bagus kok gan

      • Garin Andana

        Iya jg sih gan, yg penting harus membawa sport car toyota kembali ke masa jayanya

        • Levi

          Betul, Toyota dah mulai ama mini sports SF-R kalo gak salah namanya, next Supra, C-HR versi Sport sm harepan gw bakalan ada Yaris TRD Sportivo beneran, bukan Sportipu ?

          • Garin Andana

            Kalo disini kayanya dapet trd kw gan seperti agan bilang, trd sportipu wkwkwkwk

  • Nakazato Kira

    Aku harap dia akan dipanggil Supra JZA90

  • Sudah besar

    Coba paul walker masih hidup sampe sekarang,mungkin mobilnya toyota supra yang baru

  • Levi

    Wuih gila, 1.4 ton ? Bisa” malah ngalahin LFA utk masalah handling dan akselerasinya ..

    Tp Supra dl dikenal paling menter di modif mesinnya, apa nanti Supra baru ini jg bs spt itu ya ?

    • Harry Gun

      Bknnya bagus klo lebih berat biar handlingnya terjaga? Toh gtr dgn pedenya handling n accel yg mantab dgn berat segitu

      • Levi

        Sbnrnya handling terganting engineeringnya juga sih, bukan cm bobot,

        Cm kalo LFA mmg terkenal handlingnya bagus gara” engineering sm bobotnya

        Coba aja buka di Youtube videonya Top Gear (BMW M3 vs Lexus RCF), nanti dilihatin bedanya handling RCF yg bobotnya berat sm LFA

        Oya GTR pake Turbo ya soalnya kalo gak salah ?

  • subaru

    berharap ada campur tangan yamaha…

    • Kalo Lexus LFA kan mesinnya ada campur tangan Yamaha, gatau deh kalo Supra ini

    • Akbar

      kalo ga salah yamah di mesin LFA itu cm di minta untuk bikin gmana caranya suara mesin masuk ke kabin dengan merdu. CMIIW

  • farid

    mesin 6 silinder racikan BMW kalau dipake di supra cocoknya pake kode nama “3JZ”.tapi mesin 2JZ juga lebih bagus,karena itu pure engineering dari toyota dan cocok banget dituning dan salah satu mesin favoritnya para tuner.gak masalah sih toyota pake mesin 6 silinder punya BMW,soalnya toyota kayanya malas buat riset mesin 6 silinder segaris lagi,jadi mending common part aja.
    BTW,mobil jepang dgn kombinasi germany engineering malah bagus tuh,seandainya hubungan toyota dgn BMW makin mesra,mungkin mereka mau kerjasama untuk mengembangkan mobil lain,contohnya avanza dgn teknologi BMW(ngarep :P)

    • Rafi M. P.

      Buktinya juga, speedo mobil Toyota baru aja mirip2 BMW (letak fuel meter sama temperatur mesin mirip), tapi bedanya MIDnya di tengah (BMW dibawah).

  • doni

    mungkin harga di kisaran 90-100 ribu dolar lebih mungkin.. mengingat GTR sekarang udah 100 ribu dolar keatas

  • Enrile Indro Prasetyo

    Padahal bagusnya pake mesin V10 bawaan Lexus LFA + motor listrik + transmisi dual clutch + AWD. Biar Beda dikit lah dari BMW, yang sama chassis nya aja.

    • Nakazato Kira

      Jadinya berat dong.
      Lagipula jangan ragukan mesin 6 silindernya BMW yang emang paling mantep diantara semua mesin 6 silinder :p

    • smartreader

      kan dia kerjasama dengan BMW dimana BMW sekarang udah beralih ke serba turbo
      line up M nya aja mulai menggunakan 6 silinder turbo yang mana merupakan mesin 6 silinder terbaik sampai saat ini
      intip aja m4 gts dengan 6 silinder twin turbo mencapai 493bhp yang bisa dikatakan lebih dari buas

  • asd

    makin ngga sabar liat supra terbaru, sepertinya mobil-mobil sport legend buatan toyota perlahan-lahan mulai dibangkitkan lagi. Mudah-mudahan celica sama mr2 dibuat juga versi terbarunya

    • GT86 itu udah versi barunya Celica

      • farid

        beda,toyota 86 itu reinkarnasi dari AE86 namun juga terinspirasi dari mobil sport toyota terdahulu kaya toyota 2000GT,dan sport 800.lagipun 86 itu pake RWD bukan FWD seperti celica,juga 86 mesinnya boxer,beda jauh karakternya antara toyota 86 dgn celica