Inggris Segera Perkenalkan Aturan Baru Soal Merokok di Mobil, Apa Kabar Indonesia?

by  in Berita&International
Inggris Segera Perkenalkan Aturan Baru Soal Merokok di Mobil, Apa Kabar Indonesia?
0  komentar
dilarang-merokok

AutonetMagz.com – Ah, sebenarnya tanpa perlu kami ingatkan soal bahaya merokok sih harusnya anda sudah tahu, terutama bagi para perokok. Toh di bungkusnya sudah ada peringatan tentang bahaya merokok dan ilustrasi yang menyeramkan, tapi ya tetap saja… Ah sudahlah. Di negara lain, rupanya aturan ini akan segera diperketat demi menjamin kualitas udara dan kesehatan bagi masyarakatnya, salah satunya adalah Inggris.

Negara yang masuk dalam benua Eropa ini akan menempatkan larangan merokok di mobil yang memiliki penumpang di bawah usia 18 di dalamnya mulai 1 Oktober 2015. Undang-undang baru akan berlaku untuk semua jenis kendaraan, komersial atau penumpang, yang bagian atapnya tertutup seluruhnya atau sebagian. Jadi, mobil convertible pasti kena aturannya juga.

no-smoking

Namun untuk mobil convertible, ada sedikit kelonggaran. Anda diizinkan merokok di mobil dengan anak-anak atau orang muda di bawah usia 18 tahun ketika kendaraan convertible dengan atap terbuka penuh. Jika anda naik mobil biasa, meski jendelanya terbuka semua, atau sunroof dibuka separuh dan anda merokok, anda akan langsung didenda oleh pihak berwajib. Mau damai di tempat? Hallo, memangnya di Indonesia?

Hal lainnya, jika anda adalah pengemudi berusia 17 tahun ke atas dan orang-orang dengan SIM sementara, boleh merokok di mobil asalkan tidak membawa penumpang seorangpun. Kalau rokok elektrik bagaimana? Belum dibahas sebenarnya, jadi sepertinya belum bisa didenda. Oh ya, denda yang harus dibayar mencapai 50 Poundsterling (1,11 juta Rupiah).

Mungkin masih longgar memang, tapi biasanya polisi Inggris tak mau kompromi soal penegakan hukum jika ada yang melanggar. Polisi Indonesia? Ah, kemarin sempat viral di media social soal korban penipuan yang kehilangan uang sekitar 1 jutaan, melapor ke polisi di Bogor lalu polisinya malah bilang, “Udah, ikhlaskan saja”. What the? Tapi bagaimana menurutmu, seberapa penting penegakan aturan mengenai larangan merokok saat berkendara? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • Rafli Santosa

    Di indonesia peraturan seperti ini harus ada karena banyak pengendara yg merokok sambil mengendarai itu bahaya banget. Kalo bicara soal mobil sih lebih baik mobil jaman skrng mending pemantik rokok di mobil dihilangkan klo perlu di dalam kabin mobil dipasangin seperti sensor untuk mendeteksi adanya asap rokok. Kalo bicara motor biasa si pengendara yg merokok suka buang abu rokoknya sembarang kan bisa menggangu pengedara yg ada di belakangnnya karena abunya beterbangan bisa kena mata

    • Hillarius Satrio

      duh, kena abu rokok yang dibuang sembarangan itu sakitnya setengah mati. pengen nggaplok yang ngebuang rasanya pas kena abunya