Ikuti Apple dan Xiaomi, Oppo Ingin Produksi Mobil Listrik

Ikuti Apple dan Xiaomi, Oppo Ingin Produksi Mobil Listrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Perkembangan dunia otomotif, khususnya roda 4 ke arah elektrifikasi memang sedikit banyak membuat peta persaingan di segmen ini terus bergejolak. Salah satu alasannya karena banyaknya start up yang meramaikan segmen mobil listrik, dan juga munculnya sejumlah pabrikan di segmen teknologi yang ikut – ikutan membuat mobil listrik. Setelah sebelumnya ada Apple, Google, Samsung, Huawei dan juga Xiaomi yang ingin memproduksi mobil versi mereka, maka kini giliran Oppo yang tampil ke depan. Yap, pabrikan dengan logo warna hijau ini juga ingin memproduksi mobil listrik. Yuk kita bahas.

Oppo Rekrut Desainer & Engineer Otomotif

Mengacu informasi via CarNewsChina, Oppo ternyata memiliki niatan untuk ikut terjun di segmen mobil listrik. Bagi kita di Indonesia, nama Oppo jelas sudah sangat mudah diingat. Brand asal China yang menjual banyak model smartphone di Indonesia ini sangat mudah kita temui produknya di tanah air. FYI, di tahun 2020 silam, Oppo berhasil menduduki posisi sebagai pabrikan smartphone paling besar di China. Oppo berhasil menguasai 21% dari marketshare di pasar smartphone China. Di balik layar, Oppo sendiri dimiliki oleh BBK, sebuah perusahaan elektronik berskala besar yang bajkan lebih besar dibandingkan Apple dan Huawei sekalipun. Sosok penting Oppo yang berada di balik niatan untuk memproduksi mobil listrik adalah Tony Chen, CEO sekaligus pendiri dari Oppo. Sumber menyebutkan bahwa Chen telah merekrut sebuah tim untuk desainer dan engineer otomotif.

Tony Chen, CEO Oppo

Bukan hanya itu saja, kabarnya pihak Oppo juga telah bertemu dengan produsen baterai dan supplier untuk Tesla, CATL. Untuk saat ini, Oppo sendiri belum menyatakan secara resmi bahwa mereka memiliki divisi yang bergera di bidang ini. Namun, munculnya kabar ini nampaknya menandakan bahwa mereka akan segera meresmikan divisi tersebut. “Bahkan di dalam hal produksi mobil, kami akan berfokus pada area dimana Oppo dapat menunjukkan kinerja terbaik” ujar Chen dalam sebuah kesempatan. “Jika pabrikan mobil tidak bisa memproduksi mobil yang bagus, dan Oppo memiliki kekuatan dalam hal tersebut, maka kami akan mencobanya di masa depan” tambah Chen. Tentunya pernyataan ini menjadi sebuah indikasi bahwa Oppo memang nampak serius melihat segmen kendaraan listrik sebagai tujuan masa depan mereka.

Perusahaan Otomotif Harus Siaga 1

Yang belum jelas adalah bagaimana pendekatan yang akan dilakukan oleh Oppo untuk mewujudkan impian mereka di segmen mobil listrik. Seperti yang kita ketahui bersama, sejumlah pabrikan teknologi yang berhasrat memproduksi mobil listrik memiliki strategi yang berbeda. Sebut saja Huawei yang membeli perusahaan yang sudah ada, atau Xiaomi yang menggandeng Great Wall untuk produksi mobil mereka. Apapun pilihan Oppo, yang jelas munculnya kabar ini menjadi sebuah pertanda yang harus diwaspadai oleh para pabrikan otomotif tradisional. Masuknya perusahaan teknologi ke segmen mobil listrik tentu akan menambah banyak rival mereka. Dan ini menjadi alarm bagi pabrikan otomotif yang masih enggan untuk mengembangkan mobil listrik, atau setidaknya elektrifikasi. Kita lihat saja, bagaimana perkembangannya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: