Honda Umumkan Detail Spesifikasi dari Freed Generasi Ketiga!

by  in  Berita & Honda & International
Honda Umumkan Detail Spesifikasi dari Freed Generasi Ketiga!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah memperlihatkan teaser pada Mei lalu, kini Honda mengumumkan detail sepsifikasi teknis dan harga dari All New Honda Freed. Di Jepang, mobil ini tersedia dalam 2 model yakni Air (standar) dan Crosstar yang seperti crossover. Untuk model Air, ada pilihan konfigurasi 6-seater (2+2+2) atau 7-seater ( 2+3+2). Sementara model Crosstar ada pilihan konfigurasi 6-seater, 5-seater, dan tersedia pula versi welcab.

Pilihan Mesin

Tersedia dalam 2 pilihan mesin, yang pertama ialah mesin bensin 1,5 liter naturally-aspirated berkode L15D bertenaga 117 hp dan torsi 142 Nm. Yang kedua ada opsi e:HEV dengan mesin LEB 1,5 liter bertenaga 105 hp dan torsi 127 Nm. Dilengkapi baterai lithium-ion 48 Ah, yang memberi daya pada motor listrik bertenaga 121 hp dan torsi 253 Nm untuk menggerakkan roda. Kedua setup ini dipadukan dengan transmisi CVT dan penggerak roda depan atau AWD.

Menariknya, varian hybrid AWD dilengkapi Intelligent Power Unit (IPU) dan motor listrik kedua yang terhubung dengan CVT untuk menggerakkan roda belakang saat dibutuhkan. Pada kecepatan yang lebih tinggi, mesin juga dapat di-clutched untuk menggerakkan roda secara langsung agar lebih efisien. Honda mengklaim konsumsi bahan bakar berdasarkan WLTC sebesar 25 km/l untuk varian hybrida, sedangkan yang bensin biasa 16,2 km/l.

Harga dan Prediksi

Untuk pasar Jepang, Freed hadir dengan seperangkat Honda Sensing sebagai standar yang mencakup autonomous emergency braking, adaptive cruise control, lane keep assist, dan lain-lain. Untuk Harganya, mulai dari 2.508.000 yen – 3.437.500 yen (Rp 255 – 349 jutaan). Akankah generasi ketiga ini cocok dipasarkan di Indonesia? Jika kita melihat format yang sama dulu, Honda Freed akan diposisikan diantara Toyota Veloz dan Innova Zenix.

Ilustrasi Honda Freed yang pernah dipasarkan di Indonesia

Sebagai informasi, saat ini Honda juga tidak memiliki produk 3 baris selain BR-V. Sementara pasar MPV di Indonesia juga tak bisa dibilang anyep. Kira-kira menurut kalian apakah segmen mini MPV masih menarik jika dipasarkan di Indonesia? Yang berarti, ia akan bermain di di kisaran harga Rp 340 – 430 juta untuk mengisi celah antara Toyota Veloz dan Innova Zenix. Bagimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: