Honda Tawarkan Garansi 10 Tahun Di India!

by  in Berita&Honda&International
Honda Tawarkan Garansi 10 Tahun Di India!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah beberapa kali kami menulis mengenai inovasi pabrikan otomotif ataupun APM terkait angka garansi yang ditawarkan untuk sebuah mobil. Mulai dari tren 5 tahunan, yang melebar menjadi 6 dan 7 tahunan untuk beberapa merk tertentu di negara tertentu. Nah, kali ini ada terobosan menarik yang dilakukan oleh pihak Honda Cars India (HCI) selaku APM Honda di Negeri Bollywood tersebut. Bukan garansi 6 atau 7 tahun yan ditawarkan oleh pihak HCI untuk produk mereka, melainkan langsung 10 tahun, edian.

Mengutip informasi via IndianAutosBlog, pihak Honda Cars India membuka program spesial ini dengan nama ‘Anytime Warranty’ yang terbuka untuk seluruh line up mobil Honda. Nah, program ini sendiri Angka maksimal yang ditawarkan di program ini adalah 10 tahun warranty atau 120.000 km. Menariknya, para owner dari mobil Honda yang berusia dibawah 10 tahun dan odometernya masih dibawah 120 ribu kilometer juga bisa ambil bagian untuk ‘memperpanjang’ masa garansi mobil mereka. Jadi, walaupun garansi bawaan mobil sudah expired, namun garansi tersebut bisa diperpanjang dengan mengikuti program ini.

Nah, tentunya program semacam ini tidaklah gratis. Pihak Honda menerapkan biaya yang berbeda – beda untuk mobil – mobil mereka, tergantung pada model, jenis mesin, umur kendaraan, dan juga status garansi mobil tersebut (Sudah expired atau masih berlaku), serta service records-nya. Sebagai gambaran saja, Honda City dikenakan biaya 8.739 Rupee atau setara 1,73 jutaan Rupiah untuk mendapatkan garansi selama 6 tahun. Sedangkan mobil yang sama dikenakan biaya 2,89 juta Rupiah untuk masa garansi maksimal, yaitu 10 tahun. Itu untuk varian bensin. Untuk varian diesel, biayanya mencapai 11.548 rupee (2,28 juta Rupiah) untuk 6 tahun dan 19.320 Rupee (3,8 jutaan Rupiah).

FYI, untuk mobil – mobil Honda sendiri sejatinya hanya diberikan garansi selama 3 tahun saja di India, dengan opsi perpanjangan garansi hingga 5 tahun saja. Tentunya program semacam ini bisa dimanfaatkan lebih baik bagi konsumen yang baru ingin membeli mobil, bukan yang sudah memiliki mobil Honda. Karena, untuk konsumen yang sudah memiliki mobil Honda, maka hitung- hitungannya bakal lebih tinggi. Oiya, di Indonesia sendiri pihak Honda juga berkreasi dengan layanan yang mirip, tapi lebih berfokus pada biaya maintenance. Layanan tersebut kita kenal dengan nama Paket Cermat (Cerdas – Hemat).

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian berharap program yang dicanangkan oleh Honda Cars India ini juga perlu ditiru oleh HPM?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana