Honda Dapat Surat Cinta Dari Porsche, Apa Isinya?

Honda Dapat Surat Cinta Dari Porsche, Apa Isinya?
0  komentar

AutonetMagz.com – Salah satu cara pembuat mobil untuk menentukan benchmark saat membuat mobil baru adalah membeli mobil lain dari kompetitor. Lexus misalnya, saat membuat Lexus LC 500, mereka menjadikan BMW M6 dan Maserati Gran Turismo sebagai patokan. Honda pun demikian, karena rupanya Honda tertarik menjadikan Porsche 911 GT3 sebagai salah satu mobil yang menjadi patokan saat merancang Honda NSX baru.

Tim perancang Honda NSX pergi ke dealer Porsche dan membeli Porsche 911 GT3 baru sebagai konsumen biasa, demikian kata pimpinan proyek NSX bagian vehicle dynamics, Nick Robinson kepada Automotive news. Mereka membeli Porsche GT3 untuk mempelajari karakter setirnya, dan pastinya hasil risetnya digunakan untuk mendevelop Honda NSX baru. Curang? Tidak, itu cara yang sah, yang penting tidak menyusup ke markas lawan untuk mencuri rahasia dapur mereka secara ilegal.

Porsche 911 GT3

Akan tetapi, rupanya Honda tidak lihai main petak umpet dengan Porsche soal identitas pembeli Porsche 911 GT3. Saat Porsche harus merecall 911 GT3 akibat masalah di connecting rods-nya, para engineer Porsche tahu kalau salah satu Porsche 911 GT3 yang mereka perbaiki adalah milik Honda setelah mengecek semua informasi yang ada dalam black box mobil. FYI, Porsche 911 GT3 sebelumnya juga pernah di-recall karena kesalahan rancangan pada mesin yang bisa menimbulkan kebakaran.

Saat engineer Porsche tahu dan bergumam,”Oohh… Porsche 911 GT3 yang ini punya Honda toh… Ya ya ya…” mereka putuskan untuk sedikit bermain dengan Honda. Saat mobil sudah dikembalikan, pihak Honda menemukan ada “surat cinta” dari Porsche untuk Honda tersimpan di balik cover mesin Porsche 911 GT3. Sayang tidak ada fotonya, tapi isi suratnya begini : “Good luck Honda from Porsche. See you on the other side.”

Honda NSX white

Sampai jumpa di sisi lain? Sisi lain dari apa? Entahlah, tapi Porsche pun sekarang pasti memperhatikan sepak terjang Honda NSX baru, dan mungkin juga Porsche mau beli Honda NSX baru, entah untuk apa. Oh ya, selain Porsche 911 GT3, tim riset Honda NSX juga punya McLaren MP4- 12C untuk dipatok juga, dan dealer McLaren tempat di mana Honda membeli dan menservis MP4- 12C itu curiga. “Dealer McLaren itu mau tahu, di mana kita melarikan mobil ini sampai 380 km/jam? Di sirkuit mana?” tutur Robinson.

Menurutmu, apa maksud terselubung Porsche ke Honda? Sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio