Gila, Volvo Ciptakan Mesin 2.000 cc Triple Turbo Bertenaga 450 Hp!

by  in Hi-Tech&International&Volvo
Gila, Volvo Ciptakan Mesin 2.000 cc Triple Turbo Bertenaga 450 Hp!
0  komentar

Volvo Triple Turbo engine 450 hpAutonetMagz – Jika kamu pikir Ford Fiesta EcoBoost dengan mesin 1.000 cc 125 Ps sudah sangat mengesankan? Maka kamu akan jauh lebih heran lagi ketika tahu bahwa Volvo sedang menciptakan mesin 2.000 cc bertenaga 450 Hp. Menakjubkan bukan?

Volvo secara diam-diam mengembangkan mesin yang tidak kalah hebat jika dibandingkan dengan Ford EcoBoost dengan nama Volvo four cylinder Drive E Petrol Engine. Mesin ini adalah mesin konsep yang menggunakan dua buah turbocharger paralel yang memiliki suplai tenaga dari sebuah turbo compressor elektronik.

Cara kerja dari Volvo E Powertrain ini cukup unik, Volvo membekali mesin ini dengan 3 buah turbo yang terdiri dari 1 buah turbo kompresor elektronik dan dua buah turbocharger paralel.

Volvo Turbo

Turbo kompresor elektronik ini akan menghasilkan udara bertekanan tinggi seperti turbo pada umumnya, namun udara bertekanan tinggi ini tidak disuntik langsung ke dalam ruang pembakaran, melainkan diberikan lagi kepada dua buah turbocharger paralel untuk menghasilkan tekanan udara 2 kali lipat lebih besar.

Hasil kerja estafet 1 turbo ditambah 2 turbocharged tersebut menghasilkan tenaga 450 Hp tanpa adanya lag seperti yang biasa dialami mesin dengan satu buah turbo.

Jika umumnya mesin yang mengalami penurunan isi silinder seperti Ford EcoBoost hanya memiliki 1 buah turbo dan BMW twin power turbo dengan 2 buah turbo, maka bisa dibilang mesin Volvo ini adalah mesin dengan turbo terbanyak karena memiliki 3 buah turbo untuk sebuah mobil non sportscar.

Volvo E-Power Engine

Selain bertenaga besar, mesin ini juga memiliki bentuk yang kompak dan bobot yang sangat ringan untuk ukuran mesin dengan output tenaga 450 Hp. Sehingga bisa dipastikan konsumsi bahan bakar akan lebih hemat jika dibandingkan dengan mesin 4.000 cc pada umumnya.

Pengembangan mesin konsep ini juga ternyata mengundang perhatian dari supplier part AVL, Denso dan tim balap Volvo Polestar Racing Team yang berminat menggunakan mesin ini karena ukurannya yang kompak dan ringan mampu memberikan distribusi bobot yang sempurna antara bagian depan dan belekang mobil dan menurunkan pusat gravitasi kendaraan, sehingga bisa dipastikan mobil yang menggunakan mesin ini akan memiliki handling yang lebih baik.

Namun Volvo masih menutup rapat kapan mesin masa depan ini akan di implementasikan kedalam mobil produksi mereka. Jika masuk ke dalam lini produksi masal, maka mesin ini akan menjadi mesin 2.000 cc dengan tenaga paling besar melebihi Lancer Evo FQ-400. Wow!

Read Prev:
Read Next: