First Impression Review Nissan Serena Facelift 2015 oleh AutonetMagz

by  in Mobil Baru&Nissan&Review
First Impression Review Nissan Serena Facelift 2015 oleh AutonetMagz
0  komentar
2015-Nissan-Serena-Facelift-Wallpaper

Jakarta, AutonetMagz – Setelah Toyota Nav1 dan Mazda Biante mendapatkan facelifft, lalu Mitsubishi Delica hadir sebagai varian yang cukup unik untuk mobil keluarga, akhirnya Nissan Serena Facelift 2015 diluncurkan di Indonesia untuk memberikan perlawanan terhadap ketiga produk yang hadir lebih dulu.

Dengan banderol harga mulai dari 364 juta Rupiah untuk tipe X, 409 juta Rupiah untuk tipe High Way Star dan 441 juta Rupiah untuk tipe Autech. Apa saja yang berbeda dengan Nissan Serena Facelift 2015 ini? Mari kita bahas.

Eksterior

2015-Nissan-Serena-Facelift-Autech

Melihat eksterior Nissan Serena Facelift, mungkin ini adalah wajah Nissan Serena paling ganteng yang akan kita temukan dibandingkan dengan Nissan Serena generasi sebelumnya. Memang tidak seganteng Mazda Biante, tapi terlihat jauh lebih dewasa dan futuristik dibandingkan dengan model sebelumnya yang terlalu biasa.

2015-Nissan-Serena-Facelift-Signature-Headlamp

Ubahan paling signifikan ada pada lampu depan dengan model terpisah karena adanya tarikan garis dari grille antara lampu utama dan lampu sein yang terletak diatas. Kini Nissan Serena juga memiliki signature lamp yang seperti boomerang yang akan menyalan sebagai LED positioning lamp. Untuk tipe X, kita tidak akan mendapatkan LED projection headlamp seperti gambar diatas, namun masih sebatas halogen projector saja.

Untuk varian Autech, kita akan mendapatkan bumper dengan aksen overchome yang mungkin akan lebih baik jika memandang varian HWS atau varian X yang terlihat lebih sederhana dan simpel, namun kembali ke selera masing-masing memang. Di varian Autech, kita juga akan mendapatkan LED DRL 3 titik di samping fog lamp.

2015-Nissan-Serena-Eksterior-Belakang

Pada bagian belakang, kita akan mendapatkan model lampu belakang yang lebih futuristik dengan lensa bening dan lampu LED yang akan menyala pertitik. Mungkin bagi beberapa orang, penggunaan lampu ini agak sedikit lebay dan mengurangi kecantikan, at least disini kita menemukan ubahan dibandingkan dengan model sebelumnya.

[su_custom_gallery source=”media: 27065,27057″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″ title=”never”][su_custom_gallery source=”media: 20192,20167″ limit=”2″ link=”attachment” width=”300″ height=”300″][/su_custom_gallery]

ada yang menarik pada penggunaan velg New Nissan Serena Facelift 2015, pada varian X dan High Way Star, ia memiliki velg dengan desain sama dengan model warna two tone yang memiliki background warna hitam dan bagian depan warna metal untuk memberikan kesan futuristik. Namun untuk tipe Autech, justru Nissan Serena menggunakan velg model yang sama tanpa warna two tone sehingga terlihat lebih murah menurut kami.

Rasanya tidak ada yang perlu dibahas lagi seputar eksterior, karena memang Nissan Serena terbaru memiliki facelift yang minim di sekitar eksterior meskipun terlihat lebih ganteng.

Interior

2015-Nissan-Serena-Facelift-Dashboard

Masuk ke dalam interior, kita akan menemukan interior yang masih sama dengan model sebelumnya, hanya saja kini Nissan Serena melengkapi setir kemudi dengan audio control dan lingkar kemudi berbalut kulit. Menariknya, setir dengan cruise control dan audio control ini tersedia mulai dari tipe X yang notabene adalah varian paling murah, hanya saja di tipe X tidak dilengkapi dengan balutan kulit. Sisanya, seputar speedometer dan desain dari mobil ini tidak ada yang berubah secara signifikan.

2015-Nissan-Serena-Facelift-Head-Unit

Masih seputar dashboard, kita tidak akan menemukan hal baru selain di daerah setir mobil ini, head unitnya masih sama, begitupula dengan mounted roof monitor sebesar 10 inchi yang tersedia di semua model. Karena ini juga, kita tidak akan menemukan perbedaan yang cukup signifikan di bagian interior baik dari tipe terendah hingga tertinggi. Untuk anda yang pernah menggunakan Nissan Serena sebelumnya, mungkin head unit ini agak sedikit mengganggu karena kurang responsif pada layar touch screennya. Tapi tenang saja, toh sekarang sudah ada audio steering switch control untuk memudahkan anda.

Interior-Nissan-Serena-Facelift-2015

Seperti halnya Nissan Serena sebelum facelift, karena ubahan inteirornya tidak signifikan, model dashboard lama yang dipertahankan memberikan nilai plus pada ruang penyimpanan yang fleksibel dan berlimpah. Selain itu kami suka dengan model speedometer digital yang terlihat futuristik untuk pengemudi.

2015-Nissan-Serena-Door-Trim-Autech

Masuk ke kabin belakang, kita akan menemukan motif jok baru yang memiliki motif seperti furniture Jepang dan bahan yang lebih baik. Namun di bagian penumpang tengah tetap tidak memiliki desain kursi captain seat yang memiliki sepasang arm rest sebagaimana Nissan Serena C24, berkat penggunaan center arm rest multifungsi yang bisa berubah menjadi kursi tengah, arm rest atau tempat menyimpan barang yang dapat digeser hingga kursi baris paling depan, duduk di kursi tengah mobil ini tidak ada ubahnya duduk di kursi Toyota Avanza yang tidak memiliki captain seat. Apalagi door trim mobil ini tidak memiliki arm rest.

Bicara soal door trim, kami cukup senang dengan pintu tengah Nissan Serena yang memiliki tirai dan kaca yang sangat besar untuk melihat keluar. Namun door trim full plastik tanpa sentuhan fabric sama sekali membuatnya terlihat sama sekali tidak mewah. Dan untuk tipe X, pintu geser elektrik hanya tersedia di pintu sebelah kiri saja, dan pintu sebelah kanan tersedia penarik otomatis seperti pintu vakum untuk merapatkan pintu.

2015-Nissan-Serena-Facelift-Hidden-Storage

Uniknya dari mobil ini, meskipun kita mendapatkan ruang penyimpanan yang sangat banyak di bagian depan, kita juga akan mendapatkan ruang penyimpanan rahasia dibawah kursi tengah. Ini merupakan nilai plus yang sangat berguna untuk anda yang sering menggunakan mobil ini untuk perjalanan jauh.

Konfigurasi-Jok-Belakang-Nissan-Serena-Facelift-2015

Sebagaimana mobil MPV pada umumnya, Nissan Serena memiliki ruang bagasi yang sangat luas, apalagi ketika kursi belakangnya dilipat ke samping, kita akan mendapatkan ruang belakang yang sangat luas disini. Sayangnya kita tidak mendapatkan kursi baris ketiga sliding seperti halnya Mitsubishi Delica.

2015-Nissan-Serena-Facelift-Under-Tray-Storage

Masih seputar ruang penyimpanan, Nissan Serena juga menyediakan ruang penyimpanan tambahan dibawah bagasi belakang yang sangat luas. Hebat!

2015-Nissan-Serena-Autech-Panoramic-Roof

Terakhir, masih bagian interior, kita akan mendapatkan panoramic sunroof pada tipe Autech, dan layar monitor 10 inchi di sebelah kanan gambar itu tersedia di seluruh varian Nissan Serena dalam rangka memberikan hiburan bagi penumpang belakang.

Fitur dan Performa

Nissan-Serena-Highway-Star

Tidak ada yang berubah dari segi fitur dan performa dibandingkan dengan versi sebelumnya kecuali fitur-fitur yang sudah kami sebutkan diatas seperti audio control dan LED DRL pada varian Autech. Soal mesin masih sama saja karena kami rasa untuk sebuah MPV yang lebih banyak digunakan oleh supir ini sudah lebih dari cukup dengan 147 Ps dan transmisi CVTnya yang, begitulah…

Namun secara fitur keselamatan, kami sangat suka mobil ini sejak awal karena sudah dilengkapi dengan 6 buah airbags, rear parking camera untuk HWS dan Autech serta pengereman lengkap dengan ABS EBD & BA diseluruh tipe. Meskipun seharusnya mobil ini ditambahkan hill start assis dan stability control seperti Mitsubishi Delica, tapi who cares, mayoritas pengguna MPV bongsor ini pasti menggunakan supir pribadi.

Namun menurut kami ada beberapa fitur yang harusnya dimasukan di mobil ini seperti arm rest tengah captain seat, jok kulit serta kursi belakang yang bisa sliding agar membuatnya lebih sempurna lagi. Namun sejatinya mobil ini sudah cukup lengkap mengingat beberapa fitur standar yang diberikan di tipe terbawah pun sudah memiliki keyless entry dengan start/stop engine button, head unit touchscreen, layar monitor 10 inchi, ac digital dan cruise control.

Kesimpulan

2015-Nissan-Serena-Eksterior-Belakang

Meskipun ubahannya tidak begitu signifikan, Nissan Serena terbaru ini kini memiliki wajah yang lebih ganteng, futuristik dan fitur yang sedikit lebih lengkap. Memang anda tidak akan terasa perbedaannya dibandingkan dengan model terdahulu jika duduk di kursi tengah ataupun pengemudi kecuali steering switch control.

Namun mengingat nilai value for money yang ditawarkan mobil ini, kami rasa untuk varian Nissan Serena tipe X yang dibanderol dengan harga 364 juta Rupiah ada great value jika anda membandingkan dengan Toyota Kijang Innova tipe V automatic bensin yang dibanderol dengan harga 324 juta Rupiah. Tambah sedikit lagi, anda akan mendapatkan mobil yang jauh lebih lega, canggih dan sudah memiliki electric sliding door. Bagaimana menurut pendapatmu?

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • Wah nongol jg nih berita..
    Sip bang hanif..
    Btw itu ground clereance nya brp yak?
    Kaya nyapu lantai gt??

    • troy

      GCnya 160 mm, lebih tinggi 10 mm dari Biante lebih pendek 5 mm dari Nav1, dan jauuhhh lebih pendek dari Delica.

      Yang bikin rendah sebenernya bodykitnya

  • tri_moel

    ada fitur all round view monitor seperti yg di jepang gak ya?

  • Tipe X udh pake projie headlamp bang, kemaren udh liat unitnya di showroom pas lagi service.. tapi drpd delica atw Nav1, ya gua mending pilih ini laa.. lebih ciamik modelnya.. walopun ga ada armrest di kursi tengah.. atw ga biante SkyActiv aja… cuma kurang cruise control aja biante SkyActiv..

    • Ridwan Hanif

      Oh iya, salah baca spek, ternyata yang tipe X masih Halogen Projector, yang tipe HWS sama Autech sudah LED Projector, thanks koreksinya

  • Pintu bagasi belum elektrik kyk X-Trail ya?

  • golden boy

    katanya value for money, tapi kok yg punya mobil serasa naik avanza? hehe

  • Yah ga ada jok kulit…… Musti ke Transcal deh…
    *bukan sales Transcal*

  • Kurang pas tatanan dasbord/interiornya..jd biasa aja kesanya..gak ada mewah2nya..hrsnya kasi lapis kayu di tengah konsol dkt transmisi dkr spedometer..itu spedomter gak bgt modelnya..lebih bagus yg seperti biasa normal2..kyk taxi dasbord nya

    utk model ya uda oke lah uda keren bs diadu dgn rival2nya

    • Abisnya di Jepang juga kayak gitu interiornya, termasuk speedometernya wkwk

  • doortrim yg pintu tengahnya ngga banget dah… seharusnya minimal dikasih fabric gitu, klo mau kulit sekalian

    msh paling demen sm biante skyactiv deh… #imho

  • Mantap!, 2 jempol deh buat first impressionnya sma PT.NMI, ditunggu produk” Nissan selanjutnya

  • kepraktisan dan akomodasi kabinnya gila bgt,armrest multifungsinya itu loh yg membuat saya suka bgt sama serena c26,bisa diadu ama granmax akomodasinya

    tapi sayang,saya baru tau kalo kualitas dasbornya biasa saja dan door trimnya murahan bgt setelah lihat foto2 diatas tadi

    tapi serena tetap the best lah dikelasnya bersama delica

  • Beli 1 ah… Buat nemenin si freed ungu gue. Mending biante sky activ atau serena autech ya? Soalnya kalo model sama tenaga mesin udah jelas biante, tapi kalo fitur sama comfort (beda tipis sih) mending ini. Anyway gue suka tuh bagasinya… Top lah. Kalo Nav1… No.

  • itu fabrik jahitannya kursi tengah kok udah sobek ya? =__=
    om, itu hill assist bukane ada ya di serena? soale old model ada, masak dihilangi pas feslipnya. udah konfirmed om itu tabung gas alias airbeg nya ada 6? soale kan isu2 kmrn airbeg disunat jadi 2 biji doang

    • Ridwan Hanif

      HSA belum ada di serena lama, kalau di model facelift khusus airbag 6 nya cuma di tipe HWS sama autech aja, yang tipe X cuma 2, nggak ada sunatan di sini.

      Itu bukan sobek, kalau nggak salah ada slot buat nyantolin apalah itu

  • Mobil segede gini menurut gw kok rada sayang yah kalo dipake dalkot doang, soalnya gede dan lega banget
    Buat konsumen Indo yang demen mudik tapi kependekan gc nya
    Kalo gua yang punya duit sih mending delica, kemana aja libas, walau desain nya yang super culun, tapi multifungsi buat jalan kemana aja bareng keluarga

    • Fz_8

      idem, sama nih, mnurut gue mending delica sekalian.. bisa keluar kota, tau sendirikan jalanan di indo…

      • dreamer

        pengalaman bolak balik hajar pantura jakarta-semarang pakai livina dan belakangan ini city, baik2 aja kok mas. memang di beberapa titik ada lubang-lubang yang mengerikan, tapi overall bahkan dengan sedanpun sebenernya ga ada masalah. jadi menurut saya mobil semacam serena ini masih cocok buat perjalanan luar kota. denga catatan masih di pulau jawa. hehehe..

        • power

          Saya pake Serena C26 ini keliling Jawa juga aman kok. Lewat tanjakan monteng dan berbagai tanjakan lain juga ga apa2. Tapi emang gabisa asal hajar jalan jelek aja

  • bayu

    too much chrome .. iyuuhhh gak deh…

  • mla

    Hanya panoramic saja atau ada sunroofnya seperti sorento/santafe ??

    • Ridwan Hanif

      dia pakai panoramic sunroof, cuma hanya tipe hws dan di tengah doang, keliatannya kecil, nggak kaya sunroof

  • readmeone

    Kalo soal entertaining dengan monitor memang Nissan ahlinya, cukup oke lah, 147ps-nya dibandingkan dengan mesin 1TR-FE Otoyot.

  • andri prajaka santo

    bang… tolong review dan test drive Toyota NAV1 V limited, Nissan Serena New 2015, sama Hyundai H-1 CRDi yang tipe Royale. thanks…

  • V vor vendetta

    Harusnya interiornya dimewahkan lagi, terutama bagian Dashboardnya

  • alfian

    Kalah Ama Innova udah Ada Captain Seat Gan Hahaha

  • Agung Ardy

    Bagasi bawah jok tengah sama kayak grand livina th 2007 udah ada maybe emang tradisi nissan yee suka buat nyimpen barang yg “aneh aneh” hehehehe