First Impression Review Isuzu MU-X by AutonetMagz

by  in Isuzu&Mobil Baru&Review
First Impression Review Isuzu MU-X by AutonetMagz
0  komentar

Review-Isuzu-MU-X-IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Hari ini Isuzu meluncurkan sebuah mobil yang sudah lama dinanti-nanti kehadirannya, Isuzu MU-X akhirnya mendarat di Indonesia setelah hampir satu tahun diluncurkan lebih dulu di Thailand, Penantian yang panjang ini dikarenakan penyesuaian spesifikasi mesin MU-X dengan kondisi bahan bakar Indonesia yang masih memiliki standar EURO 2, sedangkan di Thailand dan Australia sudah menganut bahan bakar dengan spesifikasi EURO IV.

Eksterior

Dari segi eksterior depan, mobil ini terlihat cukup menarik dan besar, lampu depannya sudah menganut desain projection headlamp namun belum dilengkapi dengan HID. Grille depannya yang besar mungkin terlihat over-chrome dengan logo ISUZU yang sangat besar.

Isuzu-MU-X-Putih

Bagian bumper bawahnya dibuat tidak sewarna bodi untuk memberikan kesan mobil yang tangguh, sayangnya kita tidak mendapatkan LED DRL seperti varian Australia, sepasang fog lamp menggunakan model bundar dan bumper depannya juga di desain ramah terhadap pejalan kaki.

Isuzu-MU-X-Foto-Gambar-Samping

Dari samping kita akan menemukan siluet Chevrolet Trailblazer terutama pada pilar C mobil ini. Memang mobil ini dibangun dari platform yang sama, namun di Isuzu MU-X Indonesia kita sudah mendapatkan keyless entry yang disebut dengan Isuzu Passive Entry Passive Start. Mobil ini juga dilengkapi dengan footstep, door garnish dan roof rack sebagai perlengkapan standar.

Tampilan-Belakang-Lampu-Isuzu-MU-X-Indonesia

Dari belakang, kita akan tetap menemukan desain bumper two tone color seperti bodi depannya, model belakangnya memiliki desain lampu yang meruncing dan license plate garnish tanpa emblem Isuzu, justru kita menemukan emblem Isuzu pada bagian kiri pintu belakang. Sebagai teknologi unggulan, Isuzu MU-X diberikan stiker Electronic Stability Control di kaca belakangnya.

Bumper-Isuzu-MU-X-Aksesoris

Secara dimensi, mobil ini memang tergolong sangat besar di kelasnya, namun sudah lebih kompak dibandingkan dengan pendahulunya Isuzu MU-7. MU-X memiliki dimensi dengan panjang 4.825 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.840 mm. Wheelbasenya juga cukup panjang dengan 2.845 mm. Karena dimensinya yang besar dan penggunaan plat bodi yang cukup tebal khas Isuzu, mobil ini memiliki bobot 1.9 Ton, atau hamper mencapai 2 Ton.

Interior

Masuk ke dalam interior, kami sedikit terkejut ketika membuka pintu pengemudi karena menemukan 2 buah tombol pengaturan kursi elektrik yang tidak kita dapatkan di SUV 7 seater dengan harga 420 jutaan Rupiah. Belum lagi saat kami duduk di kursi tersebut, kita sudah diberikan balutan jok kulit berwarna hitam.

Dashboard-Isuzu-MU-X

Menggenggam kemudi terasa cukup nyaman dengan balutan setir kulit, Setirnya memang di desain dengan sederhana, namun kita sudah mendapatkan berbagai tombol yang membuatnya tampak modern seperti tombol pengatur audio di sebelah kiri dan tombol untuk mengaktifkan auto cruise control di sebelah kanan. Sayangnya bentuk speedometer dengan latar belakang putih kurang memberikan kesan mewah, untungnya layar LCD monochrome terlihat modern.

Isuzu-MU-X-Speedometer

Mobil ini sudah dilengkapi dengan kunci pintar yang disebut Isuzu sebagai Passive Entry Passive Start, sehingga untuk membuka mobil kita tidak perlu mengeluarkan anak kunci dan tersedianya tombol start/stop engine untuk menyalakan mesin kendaraan. Hal ini yang membuat kompetitornya terasa ketinggalan zaman.

Isuzu-MU-X-Start-Stop-Engine-Button

Desain dashboardnya mungkin tidak begitu menarik, karena jujur saja kami sedikit bingung dengan konsep desain dashboard dari Isuzu MU-X yang ingin memberikan kesan mewah namun terkesan tanggung, ingin terlihat sporty atau futuristic juga bisa dibilang tanggung. Apalagi material yang digunakan Isuzu tidak lebih baik dari competitor meskipun sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi, namun masih acceptable dari segi kualitas fit and finish.

Isuzu-MU-X-Tempat-Penyimpanan

Head unit dari Isuzu MU-X ini tidak dibekali dengan head unit indash melainkan head unit after market buatan Kenwood yang sudah dilengkapi dengan LCD touch screen dan rear parking camera. Tombol pengaturan AC di desain futuristic dengan model membulat dan diselipkan sebuah layar kecil ditengahnya.

Laci-Penyimpanan-Isuzu-MU-X

Yang menarik dari mobil ini, Isuzu MU-X memiliki banyak kompartemen penyimpanan barang yang sangat praktis untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari tempat penyimpanan yang tersedia di setiap sisi dashboard dan centre cluster yang sangat praktis.

Akomodasi

Duduk di bangku baris pertama, terutama di bangku pengemudi terasa nyaman dan pas, meskipun setirnya tidak dilengkapi dengan telescopic, masih tilt steering seperti kompetitornya, menurut kami ini sudah lebih dari cukup, posisi lengan juga dapat bersandar di door trim, namun tidak di bagian console box.

Masuk ke bangku baris kedua, kita akan menemukan ruang kaki tengah yang sangat lapang, bahkan terlalu lapang menurut saya yang memiliki postur tinggi 170 cm. Sayangnya jok tengah ini hanya dapat diatur secara reclining, belum dilengkapi dengan sliding seperti competitor untuk menambah ruang kaki penumpang baris terakhir.

Isuzu-MU-X-Indonesia-Fitur-Elektric-Seat

Duduk di kursi baris ketiga, kita sedikit merasa sulit melipat kursi tengah yang sangat berat karena Isuzu memberikan material yang terlalu kokoh dan pegas yang terlalu kaku pada kursinya. Sehingga meskipun sudah dilengkapi dengan one-touch-tumble yang sangat praktis, kita harus mengeluarkan tenaga sedikit ekstra. Untungnya kursinya cukup empuk dan nyaman.

Melipat-Kursi-Isuzu-MU-X-Indonesia-2014-Bagasi

Ketika duduk, kami tidak merasakan headroom yang sempit dan legroom yang sempit seperti kompetitornya, Legroom memang terbatas, namun masih dalam kategori cukup karena kaki kita tidak mentok untuk saya yang memiliki tinggi 170 cm. Sedikit catatan, ketika head rest kursi belakang ditegakan dan kita bersandar, maka kepala kita akan mentok dengan plafon karena pada bagian tersebut merupakan titik akhir dari garis atap bodi.

Untungnya kursi baris ketiga mendapatkan AC double blower yang merata dan tersusun lebih rapi dibandingkan dengan kompetitornya, bisa dibilang AC double blowernya di desain mirip dengan Chevrolet Spin.

Isuzu-MU-X-AC-Double-Blower

Ketika membuka pintu belakang Isuzu MU-X, kita akan menemukan perbedaan dengan varian Thailand, Karena untuk varian Thailand, kita akan mendapatkan under tray storage yang sedikit menonjol keatas untuk memberikan kesan rata lantai ketika kursi belakang dilipat, ketika bangku baris ketiga dilipat, kita juga akan menemukan ruang kabin yang rata lantai hingga kursi baris kedua. Nah karena hilangnya under tray storage ini, maka ketika kursi belakang Isuzu MU-X dilipat, kita tidak akan mendapatkan mekanisme pelipatan kursi rata lantai, namun ukuran bagasi menjadi lebih luas.

Fitur

Isuzu MU-X bisa dibilang sebagai SUV 7 seater dengan ladder frame yang memiliki fitur paling lengkap dengan harga yang paling terjangkau. Untuk perangkat keamanan aktif, Isuzu sudah memberikannya Electronic Stability Control dan Traction Control sebagai fitur standar. Tidak lupa ABS, EBD dan BA yang digunakan di 4 buah rem cakram mobil ini membuat pengereman semakin lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya.

Head-Unit-Audio-Isuzu-MU-X-Indonesia-Kenwood

Head unit Isuzu MU-X meskipun menggunakan produk aftermarket, produk yang digunakan juga sangat canggih karena sudah mengadopsi teknologi True Mirroring yang dapat menampilkan layar iPhone dan Android di dalam head unit tersebut, koneksinya juga tidak hanya Bluetooth dan USB saja seperti competitor, karena Isuzu MU-X sudah dilengkapi dengan port HDMI. Tata suara Isuzu MU-X cukup unik, biasanya mobil dilengkapi dengan Subwoofer untuk memberikan tendangan suara Bass yang lebih, namun di Isuzu MU-X justru mereka memberikan 2 buah speaker exciter di bagian plafon mobil untuk memberikan efek surround seperti layaknya home theatre, jadi jangan heran jika mobil ini memiliki 8 buah speaker total.

Isuzu-MU-X-AC-Digital

Fitur lain seperti electric driver seat, leather seat, keyless entry with start/stop engine button, automatic digital AC controller, auto cruise controld dan triptonic shifter sudah disebutkan sebelumnya. Dengan kelengkapan tersebut, bisa dibilang untuk saat ini Isuzu MU-X seharusnya menjadi yang paling komplit di segmen harga ini.

Mesin

Jika kita membandingkan mesin mobil ini dengan kompetitornya rasanya tidak ada yang special, mesin 2.500 cc common rail intercooler dengan VGS (Variable Geometry System Turbo Charger) memberikan output tenaga sebesar 136 di 3.600 Rpm dan torsi sebesar 32.6 Kgm seara linear di putaran mesin 1.800 hingga 2.800 Rpm.

Isuzu-MU-X-Mesin

Jangan terlalu berharap bahwa mobil ini bisa memberikan performa yang seganas Pajero Dakar atau Hyundai Santa Fe, namun jika melihat tenaganya yang sama dengan Pajero Sport Exceed, seharusnya akselerasi yang diberikan Isuzu MU-X tidak jauh berbeda. Isuzu sebenarnya juga menyediakan varian mesin 3.000 cc yang bertenaga 177 Hp, namun sayangnya Isuzu belum ada rencana untuk meluncurkan mesin tersebut karena masalah bahan bakar Indonesia yang masih memiliki standar EURO prasejarah (EURO II), sedangkan di Thailand dan Australia sudah menggunakan standar bahan bakar EURO IV.

Satu hal lagi yang menarik dari sisi engineering mobil ini bukan pada mesinnya, melainkan pada kaki-kakinya yang menggunakan shock absorber gas, bukan oli. Seharusnya mobil ini memberikan performa suspense yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya.

Kesimpulan

Isuzu-MU-X-White

Isuzu MU-X menjawab pasar SUV 7 seater dengan ladder frame yang sudah mulai jenuh karena kedua produk unggulan dari Mitsubishi dan Toyota belum mendapatkan update secara signifikan. Apalagi fitur yang diberikan membuat segmen ini semakin kompetitif dan memaksa competitor untuk segera berbenah. Tunggu impresi berkendara dengan Isuzu MU-X dari AutonetMagz!

What we like:
– Fitur keamanan
– Keyless Entry with Start Stop Engine Button
– Ground Clearance
– Pelipatan kursi rata lantai
– Fitur Kenyamanan dan teknologi
– Banyak tempat penyimpanan
– Gas shock absorber
– Spacious

We dont:
– Material interior
– Kursi tengah belum sliding
– Terlalu banyak chrome
– Tenaga mesin biasa saja

Read Prev:
Read Next:
  • pertamax 8

    Pertamax gan…

  • primax 92

    Bnr2 mirip chevrolet trailblazer

  • onyok

    shock absorber gas ini sama kaya air suspension bukan ya? sepertinya menarik untuk mengetahui drive impression nya handling & kenyamanan…jadi ingin mencoba test drive, kira2 bakal ada ga di ajang IIMS tahun ini..:D

    • Ridwan Hanif

      beda masbro, air suspension pake udara, ini pake gas…
      hehehe

  • tim

    Kalo jok elektrik di rentang harga segitu captiva AWD jg udh ada gan… tpi klo dibanding pajero dakar ato fortuner ya jelasmenang MUX fiturnya… mesinnya sih ya biasa aja, cuma transmisinya jg lumayan, ada mode manualnya, kayaknya kalo adu lari lawan fortuner msh menang ini nih, soalnya teknologi transmisinya jauh

  • GTR

    Buat sy, I’d take the D-max any day. Cheaper, tougher. 3rd seat gak pernah kepake jg.

    • tim

      Baknya kalo ga dikasi penutup ntat ditumpangi bopung lo

  • amar

    Tetep aja mendingan Hyundai Santa Fe,tenaganya lebih nendang dari 2500cc yg lain,gejala turbo lagnya minim bngt,handling mantap pula,fitur juga banyak,panoramic sunroof juga gk ada di kompetitor,fitur 4×4 nya mantap pula

    • tim

      Beda kelas gan, santa fe itu pakenya sasis monokok, sdgkn mu-x msh sasis tangga, tntu performa handlingnya beda jauh, kcuali kalo dibawa ke medan off road, bru keliatan perbedaannya

  • michael

    Trailblazer kini ada ekstraknya…

  • bejo

    kesan pertama:
    terlepas dari keunggulan fiturnya,luarnya sih bagus, tapi ketika lihat interiornya, kok kayak mobil level 200jutaX_X, sulit dicerna maksud dari design dashboardnya, kayak tata, perlu bertapa dulu buat mencerna design dashboard, selebihnya okeh lah, bagus

  • Willing T Gunawan

    dengan harga di range 300-400 jt kayaknya kemahalan..lebih baik ambil pajero sport atau fortuner yg sudah jelas

    • Johan

      dengan harga 300-400jt lebih baik milih pajero sport ato fortuner? aduh, mereka lebih mahal mas, dah hampir 500jt.. Lagipula mu-x yg ad di indonesia ini kan masih tergolong versi paling bawah, masih 4×2, tp fitur menang dibanding pajero ama fortuner

  • anton

    aduh gak ada kreasi nih isuzu, hampir mirip banget dengan trailblazer.
    ato jangan2 mereka berbagi platform neh.
    nungguin trailblazer 200hp aja lah.
    buat naklukin mu-x.
    hahahahaha

    • tim

      Lah kan emg berbagi platform sama trailblazer, ya dri dlu izusu klo bagi platform sma chevrolet… inget ga dlu prnah ada chevrolet tavera bodinya persis sama panther touring?

  • Isuzu jakarta

    Cool….hayo di order be the first drive

  • tannn

    Ga ada tuas buat matiin ac yaa di tengah”,dekat kemudi sma penumpang depan kyk pajero, fortuner gtu ??

  • alvin

    ini pake mesin yang sama kayak trailblazer kan? akan menyenangkan (banget) kalo mobil ini pake Rear Wheel Drive :). cuma kalo 2nd row slide seat, pajero/fortuner aja belom punya.-. it’s ok lah. mesin biarin deh tenaga kecil, yang penting makan bbm nya dikit aja ya, kasian yang beli mu-x nanti

    • carlovers

      apalagi dengan harga 410 juta (tipe tertinggi). bisa lah ngalahin foruner & pajero 4×2 diesel

  • Amin

    Carilah berapa kata kompetitor pada artikel di atas.. ;p

  • Ado

    Asik kayaknya nih mobil

    Kapan dibuat video review nya min

  • Lana

    Gak ada video review nya nih?

  • Mika Hendrawan

    Oh My, kapan masuk kesini pastinya nih?
    waks, udah masuk ya? ko jarang liatnya?