Fiat 500X Crossover Hadir di Paris Motorshow, Indonesia Kapan ya?

by  in Fiat&International&Mobil Baru
Fiat 500X Crossover Hadir di Paris Motorshow, Indonesia Kapan ya?
0  komentar

Fiat 500X Indonesia Crossover SUV JeepJakarta, AutonetMagz – Ajang Paris Motor Show benar-benar menjadi tempat pabrikan mobil meluncurkan produk terbaru mereka, salah satunya Fiat yang akhirnya kini meluncurkan mobil pesaing Nissan Juke yang memiliki basis sama dengan Jeep Renegade, inilah dia Fiat 500X.

Fiat 500X merupakan compact crossover dari Fiat yang menjadi keluarga ketiga setelah Fiat 500 dan Fiat 500L. Fiat mencoba mengikuti jejak Mini yang menghadirkan beberapa varian klasik yang terbukti sukses di pasaran. Di segmen ini Mini juga memiliki Mini Countryman yang disegmentasikan lebih tinggi dibandingkan dengan Fiat 500X.

Fiat 500X Indonesia Front View

Fiat 500X sendiri memiliki desain eksterior klasik yang dibuat mirip dengan Fiat 500. Namun jangan berharap mobil ini memiliki bentuk eksterior yang kompak, karena secara dimensi mobil memiliki panjang 4.2500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.6100 meter. Sangat berbeda jika kita bandingkan dengan city car Fiat 500 3 pintu.

Karena menggunakan basis yang sama dengan Jeep Renegade, mobil ini memiliki beberapa pilihan yang sama seperti mesin 1.600 cc 4 silinder bertenaga 110 Hp dengan transmisi manual 5 percepatan. Mesin 1.400 cc turbo dengan tenaga 141 Hp dengnan pilihan transmisi 6 percepatan manual dan otomatis 6 percepatan dual clutch.

Fiat 500X Indonesia Side View

Buat anda yang masih kurang puas dengan performa 2 mesin diatas, Fiat juga menyediakan 2 buah pilihan mesin bensin lagi bertenaga besar mulai dari mesin 1.400 cc turbo dan varian tertinggi dengan mesin 2.400 cc bertenaga 186 Hp dengan tenaga 173 Hp dengan transmisi 9 percepatan otomatis berpenggerak AWD. Cukup menjanjikan bukan jika dibandingkan dengan mobil dikelasnya.

Jika menurut anda 4 buah pilihan mesin sudah terlampau banyak untuk sebuah mobil, ternyata Fiat juga menyediakan 3 buah mesin diesel lagi di Fiat 500X yang terdiri dari mesin 1.300 cc turbo diesel, 1.600 cc turbo diesel dan 2.000 cc turbo diesel.

Fiat 500X Indonesia Rear End

Varian mesin 1.300 cc bertenaga 97 Hp turbo diesel ini mungkin terdengar familiar di telinga kita karena mesin ini digunakan juga pada Chevrolet Spin, mesin 1.600 cc turbodiesel mampu mengeluarkan tenaga hingga 122 Hp dan mesin diesel 2.000 cc yang diposisikan sebagai flagship mampu memberikan output tenaga hingga 145 Hp. Sayangnya besaran torsi ketiga mesin diesel ini belum diumumkan secara mendetail oleh Fiat.

Sebagaimana sebuah crossover yang memiliki kemampuan off road ringan, Fiat 500X dibekali dengan “Drive Mode Selector” yang berfungsi mengubah respon mesin, rem, setir dan transmisi mengikuti mode yang kita gunakan. Namun jika kita malas untuk mengganti-ganti pilihan mode berkendara, kita bisa memilih mode Auto yang akan otomatis menentukan mode berkendara apa yang sesuai dengan jalan yang kita lalui.

Fiat 500X Indonesia Dashboard Full Black Trim

Masuk ke dalam interior, desain interiornya masih memiliki nuansa klasik lewat penggunaan detail yang sama dengan Fiat 500. Sayangnya di bagian dashboard, kita tidak menemukan panel sewarna bodi yang membuat lebih klasik. Di Fiat 500X semuanya di buat menghitam dengan aksen-aksen silver di beberapa bagian.

Di tengah dashboard, kita kana menemukan sistem audio dengan layar 6.5 inchi yang disebut sebagai Fiat UConnect sebagai fitur standar di seluruh varian (varian rendah dibekali dengan head unit 5 inchi). Di dalamnya terdapat GPS navigasi dari Tom Tom yang dapat menampilkan peta 3 dimensi dan voice command.

Fiat 500X Indonesia Interior Beige

Selain peta dan musik, Head Unit indash dari UConnect juga dapat digunakan untuk melakukan browsing internet termasuk aplikasi bawaan untuk membuka Facebook, Twitter, Tune-in Radio Streaming, Reuters News dan Deezer Music Integration. Soal kualitas suara, Fiat mempercayakan kepada Beats Audio sebagai aksesoris optional.

Fitur-fitur keselamatan yang diterapkan pada Fiat 500X juga tergolong lengkap jika dibandingkan dengan kompetitor, mobil ini telah dibekali dengan 6 buah SRP Airbags, LED DRL, Cornering Lights, ESC, Lane Departure Warning, Blind-spot Assist, kamera mundur, Brake Control dan Fordward Collition Mitigation yang canggih.

Fiat 500X Indonesia

Lantas apakah mobil ini akan masuk ke Indonesia? Jika melihat bagaimana Garansindo menjual kendaraan mereka di Indonesia kami sangat optimis mobil ini akan hadir. Namun soal harga, mungkin jangan terlalu berharap mobil ini akan memiliki harga yang kompetitif seperti Nissan Juke dan Honda HR-V, kemungkinan besar mobil ini akan memiliki harga mendekati Jeep Renegade 1.400 cc yang dibanderol nyaris 400 jutaan atau lebih. Atau mungkin akan dibuat sedikit lebih murah dibandingkan dengan Mini Countryman, kita lihat saja!

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr