Ferrari Monza SP1 Dan SP2, Edisi Khusus ‘Icona’ Diresmikan

Ferrari Monza SP1 Dan SP2, Edisi Khusus ‘Icona’ Diresmikan
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa yang tak kenal dengan pabrikan mobil kencang asal Italia ini, Ferrari. Seperti biasa, dengan ciri khas-nya, Ferrari menciptakan mobil-mobil ikonik yang desain dan permesinannya terinspirasi oleh mobil-mobil sport Ferrari yang legendaris di masa lalu. Nah baru – baru ini pihak Ferrari kembali meluncurkan dua seri mobil terbaru mereka, dan seperti biasanya, keduanya pasti limited. Inilah sosok Ferrari Monza SP1 dan Ferrari Monza SP2.

Mobil-mobil canggih ini sudah dirilis saat Capital Market’s Day mereka di pabriknya, di Maranello. Mobil limited edition ini adalah yang pertama di segmen baru yang  akan disebut ‘Icona’ dan jelasnya, terinspirasi dari Ferrari era 1950-an, plus, ditambah dengan teknologi sport tercanggih sekarang ini. Spesial buat kolektor dan klien khusus, Ferrari Monza SP1 dan SP2 merujuk pada barchettas balap Ferrari yang terkenal sejak jaman baheula, paling tidak di era 1948 166 MM. Sebenarnya, terinspirasi dari nama ‘barchetta’, 750 Monza, dan 860 Monza. Kalau modelnya, sudah pasti cakep dengan rasa yang khas dari Ferrari. Ferrari Monza SP1 menawarkan sensasi mengemudi yang unik di balik stirnya. Di sisi lain, Ferrari Monza SP2, karena penutup tonneau tereleminasi dan ditambah layar pelindung kedua dan roll-bar kedua, malah dua tempat duduk yang ada ini bisa memberikan sensasi berkendara yang sama.

Selain desainnya yang unik, Ferrari Monza SP1 dan SP2 punya rasio berat ke daya terbaik dari setiap barchetta. Thanks to carbon-fibre yang cukup luas, dan detail khas seperti lampu depan dan belakang, serta ban dan interior yang bikin mobil ini terlihat makin eksklusif. Mesin terbaik karya Maranello pun dipasang di mobil ini. Dengan mesin 810 cv V12, kuda baja ini bisa berlari dari 0-100km per jam hanya dalam 2,9 detik. Kalau 0-200km per jamnya bisa dicapai hanya dalam 7,9 detik saja. Wow! Ini sih gila kencengnya. Berasa naik mobil F1 ya. Bentuknya yang aerodinamis tentu mendukung pencapaiannya ini. Ferrari Design Center ini bisa dibilang berhasil menciptakan mobil yang baru lahir namun dengan keanggunan yang tak lekang oleh waktu. Bentuk minimalis dengan detail yang sempurna, membuat pecinta Ferrari bisa-bisa langsung ngiler kalau melihat mobil ini.

Meskipun terinspirasi dari model lama, Ferrari mempercantik mobil ini dengan pintu yang dibuka ke atas. Sama pentingnya, karbon yang bergantung di depan berguna untuk ‘memamerkan’ mesin V12 nya. Sama seperti model mobil balap, bodyshell dari kedua mobil semuanya terbuat dari serat karbon ringan. Seluruh bagian interiornya dipangkas dengan bahan yang sama dengan sentuhan akhir yang sempurna untuk meningkatkan kesan sporty di desainnya. Dijamin, mobil ini sangat seimbang tanpa roll sama sekali. Yang menjadi tantangan untuk mobil ini adalah untuk mengelola aliran aerodinamis dalam kokpit tanpa adanya kaca depan. Solusinya, ya dengan “Pelindung Angin Virtual” yang dipatenkan ke dalam fairing di depan instrument dan kemudi, sehingga kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Nah, kali ini Ferrari memberi penawaran khusus untuk pemilik Monza SP1 dan SP2 nih. Ferrari bekerja sama dengan dua merek mewah ternama, yaitu Loro Piana dan Berluti, untuk membuat pakaian dan aksesori elegan. Termasuk overall balap, jersey, helm, sarung tangan, syal, dan sepatu mengemudi. Aksesori ini ternyata dibuat demi kenyamanan dan kebebasan bergerak si pengemudi loh. Gimana ya rasanya nyetir mobil sekenceng dan se-special ini? Kalau menurut kalian gimana? Pengen coba nggak?

Read Prev:
Read Next: