Emflux One : Motor Listrik Kencang Asal India

Emflux One : Motor Listrik Kencang Asal India
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai elektrivikasi yang menyinggung segmen mobil pengangkut massal, yaitu bus. Nah, kini kita akan membahas kehadiran sebuah motor listrik dengan kapabilitas yang menarik, namun kali ini bukan dari Indonesia, melainkan dari India. Inilah Emflux One, motor listrik kencang dari Negeri Bollywood.

Emflux One sendiri merupakan produk dari sebuah perusahaan start up asal India bernama Emflux Motor. Pihak Emflux motor sendiri memperkenalkan Emflux One di gelaran Delhi Auto Expo 2018. Secara bentuk, terlihat bahwa filosofi yang diusung oleh Emflux One untuk desain adalah Motorsport. Terlihat dari bentuk lampu LED vertikal yang sportyfairing yang gemuk dan kaki – kaki depan padat denan suspensi USD dan sisi belakang dengan monoarm. Dan tak lupa ada tangki ‘abal – abal’ yang ukurannya cukup besar, dan tentunya bagian tersebut tak benar – benar mengangkut bahan bakar, karena ini motor listrik.

Namun desain bukanlah nilai jual utama dari Emflux One, melainkan motor listriknya. Motor listrik dari Emflux One ini sendiri memiliki tenaga maksimal di angka 53 kW alias 70 hp. Lalu untuk torsinya sendiri ada di angka 84 Nm, namun dibatasi hanya mampu memproduksi 74 Nm saja. Baterai dari Emflux One sendiri merupakan lansiran Samsung dengan kapasitas 9,7 kWh. Oke, secara figur tenaga dan torsi motor ini tidaklah spesial, jauh jika dibandingkan dengan Kawasaki Ninja H2 yang menggunakan supercharger. Namun untuk figur akselerasi, nampaknya Emflux One masih bisa bersaing. Yap, Emflux One mampu berakselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam dalam waktu 3 detik saja, tak berselang jauh dibandingkan Kawasaki Ninja H2 yang ada di angka 2,5 detik.

Selain itu, Emflux One juga bisa dikendarai sejauh 200 km dengan kecepatan maksimal di angka 200 km/jam. Nah, tak mau kalah dengan smartphone kekinian, Emflux One juga punya fitur fast charging dengan kemampuan mengisi daya hingga 80% dari kosong hanya dalam waktu 36 menit saja. Namun fitur ini juga hanya akan berlaku di tempat pengisian yang mendukung fast charging, namun jika di port listrik rumahan, maka perlu 3 jam lamanya untuk mengisi Emflux One. Emflux One ini juga dibekali dengan beberapa komponen kelas wahid, seperti monoarm, lalu pengereman lansiran Brembo dengan cakram ganda 300mm di depan dan cakram 220mm di sisi belakang.

Selain itu, Emflux One juga dilengkapi dengan beberapa kelengkapan jaman now lainnya seperti panel instrumen dengan layar TFT 6,8 inci, sistem GPS dengan navigasi, Bluetooth, Wifi, dan juga sistem diagnosa langsing. Tentunya Emflux One akan menjadi salah satu motor listrik yang bisa diburu para penggemar ngebut dan nikung. Motor dengan bobot 200 kg ini sendiri direncanakan akan mulai diproduksi massal di 2019 mendatang. Bagaimana menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: