Daihatsu Catatkan Marketshare 17,6% di Januari 2021

by  in Berita&Daihatsu&Merek Mobil
Daihatsu Catatkan Marketshare 17,6% di Januari 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Tak terasa, kita semua sudah ada di pertengahan bulan kedua tahun 2021. Waktu berjalan cukup cepat, dan seperti biasa, di pertengahan bulan cukup identik dengan laporan penjualan otomotif bulan sebelumnya. Dan kali ini Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku APM dari Daihatsu di Indonesia menyampaikan laporan penjualan mereka di bulan pertama 2021. Bagaimana hasilnya? Yuk kita bahas.

Nasional Turun, Daihatsu Naik

Jadi, sepanjang bulan Januari 2021 kemarin, ADM berhasil membukukan penjualan sebanyak 9.528 unit secara ritel. Kalau kita tarik angka secara nasional, penjualan mobil di bulan pertama tahun 2021 ini ada di angka 53 ribu unit. Sebenarnya, angka ini turun sebesar 20% kalau dibandingkan dengan penjualan di bulan Desember 2020 silam. Namun, kalau kalian perhatikan data dari tahun ke tahun, penjualan di bulan Januari memang biasanya lebih rendah dibandingkan Desember. Bulan Desember yang menjadi bulan penghabisan memang biasanya mencatatkan angka yang tinggi karena konsumen mengejar diskon akhir tahun yang terkenal cukup besar.

Oke, kembali ke Daihatsu, walaupun penjualan nasional turun sebesar 20% dari bulan sebelumnya, namun tidak untuk Daihatsu. Penjualan ritel Daihatsu di bulan Januari silam malah naik 4% dibandingkan bulan Desember 2020. Alhasil, Daihatsu berhasil mengamankan 17,6% marketshare di pentas otomotif Indonesia. Ada 3 model utama yang mendominasi penjualan dari Daihatsu di Indonesia bulan lalu, yaitu Daihatsu GranMax PU, Astra Daihatsu Sigra, dan Daihatsu Terios. Daihatsu GranMax PU berhasil terjual sebanyak 3.046 unit atau 32% dari total penjualan ritel. Sedangkan Astra Daihatsu Sigra sebesar 2.218 unit atau 23,3% dari total ritel, dan Daihatsu Terios dengan 1.377 unit atau 14,5%.

Yakin Lebih Baik di 2021

Daihatsu bersyukur dapat mengawali tahun 2021 dengan pencapaian yang lebih baik dibandingkan bulan lalu dengan market share 17,6%. Kami yakin, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Angka penjualan wholesales dari ADM juga masih mirip – mirip dengan ritel, yaitu di angka 8.993 unit. Selain 3 mobil yang dominan tersebut, masih ada Astra Daihatsu Ayla di posisi keempat, disusul Daihatsu GranMax Minibus, dan Daihatsu Xenia. Sisanya adalah Daihatsu Luxio dan Sirion.

Jadi, apa pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana