Chevrolet Captiva di Thailand Bakal Made In Indonesia

Chevrolet Captiva di Thailand Bakal Made In Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan sosok All New Chevrolet Captiva versi Thailand yang muncul di penghujung bulan Maret 2019 kemarin? Yap, mobil tersebut tak lain dan tak bukan adalah kembaran dari Wuling Almaz yang ada di tanah air. Nah, spekulasi mengenai produksi manakah sosok Chevrolet Captiva tersebut pun sempat berkembang, dan kini makin mengerucut pada pabrik Wuling di tanah air. Yap, Chevrolet Captiva yang dijual di Thailand sendiri bakal made in Indonesia.

Nampaknya, pihak SGMW Motors Indonesia selaku APM Wuling di tanah air yang juga memproduksi Wuling Almaz masih malu – malu untuk mengakui hal tersebut. Mengutip dari laman Kompas, Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani mengamini bahwa pihak Wuling Motors akan melakukan ekspor pada semester kedua tahun 2019 ini, dan satu tujuan pertama dari ekspor Wuling adalah negeri tetangga kita, yaitu Thailand. Tentu konfirmasi ini saja sudah cukup memberikan gambaran bahwa Chevrolet Captiva versi terbaru di Thailand bakal diproduksi dan diimpor dari Indonesia.

Ada beberapa alasan mengapa kami cukup yakin akan hal ini. Pertama, pihak GM sebagai induk Chevrolet dan pihak Wuling menjadi rekanan yang solid di China melalui SGMW, dan ekspansi ke kawasan ASEAN sendiri dimulai dengan membangun pabrik Wuling di Cikarang, Indonesia. Pabrik Wuling ini sendiri tidak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri saja, namun juga kebutuhan di kawasan ASEAN, termasuk Thailand. Nah, alasan kedua, di Thailand sendiri tidak ada merk Wuling. Walaupun di Negeri Gajah Putih tersebut ada merk lain di bawah naungan SGMW yaitu MG Motors, namun kami agak ragu pihak MG Motors bakal mengimpor Chevrolet Captiva sebagai MG Hector di sana.

Sedangkan Chevrolet yang sudah jelas – jelas melakukan rebadge dari Wuling Almaz a.k.a Baojun 530 sebagai Chevrolet Captiva juga mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak akan memproduksi lokal mobil tersebut. Jadi, cukup jelas bahwa Wuling Motors Indonesia pada semester depan bakal melakukan ekspor unit Wuling Almaz sebagai Chevrolet Captiva di Thailand. Dan artinya, jika ada Chevrolet Captiva versi terbaru yang serupa dengan Wuling Almaz di kawasan ASEAN, dipastikan mobil tersebut bakal diproduksi oleh pihak Wuling Indonesia.

Dan pertanyaan ‘sejuta dollar’-nya adalah, akankah General Motors Indonesia melakukan hal serupa dan membuat Chevrolet Captiva hadir di tanah air sebagai kembaran Wuling Almaz? Kita tunggu saja kejutannya.

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana