CEO Suzuki, Osamu Suzuki Mundur Terkait Kasus Efisiensi BBM

by  in  International & Suzuki
CEO Suzuki, Osamu Suzuki Mundur Terkait Kasus Efisiensi BBM
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika ada yang lupa, Suzuki kemarin diduga telah melakukan kesalahan metode dalam mengukur efisiensi BBM mereka. Metode pengujian yang mereka lakukan tidak sesuai dengan standar pengujian di Jepang, di mana harusnya mobil dites di jalanan publik, namun Suzuki malah menguji efisiensi mobilnya di terowongan angin. Menurut Suzuki, kasus ini hanya menimpa mobil-mobil yang dijual di pasar domestik Jepang saja.

Buntut dari kasus ini lumayan terasa di tubuh Suzuki. CEO Suzuki, Osamu Suzuki yang berusia 84 tahun mundur dari jabatannya setelah menyampaikan permintaan maaf kepada publik via sebuah konferensi pers. Tidak hanya beliau, wakil presiden eksekutif Osamu Honda juga ikut mengundurkan diri karena merasa bertanggung jawab atas kecerobohan dalam kasus efisiensi ini. Yap, Suzuki menilai mereka hanya ceroboh, namun tidak berniat curang.

buntut kasus efisiensi suzuki, ceo suzuki mundur

Pemerintah Jepang sudah memeriksa Suzuki untuk mencari tahu seberapa besar penyimpangan efisiensi BBM dan juga emisi dari Suzuki, namun angka-angkanya belum dirilis. Selain mundurnya CEO Suzuki dan wakil presiden eksekutifnya, jajaran pimpinan lain turut kena imbas buruknya. Bonus untuk para direktur ditiadakan, dan untuk senior managing offier, bonusnya dipotong setengah. Kompensasi bulanan mereka juga akan dipotong hingga 40 persen.

Perubahan Direksi Representatif dan pemotongan kompensasi untuk manajemen adalah untuk memperjelas tanggung jawab manajemen terhadap perilaku yang tidak tepat dalam penerapan uji efisiensi yang berbeda dari standar yang diatur oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata,” kata Suzuki dalam sebuah pernyataan resmi, bersamaan dengan permintaan maafnya kepada publik.

suzuki every

Tindak lanjut setelah CEO Suzuki mundur, pastinya meyakinkan kembali publik jika Suzuki masih layak untuk dipertimbangkan. Bukan apa-apa, ingat kasus Mitsubishi  yang tertangkap basah mencurangi efisiensi BBM? Kira-kira kondisi Suzuki bisa saja dibilang sama dengan Mitsubishi. Tapi luar biasa sekali ya budaya malu orang Jepang. Semoga kita di sini bisa mencontoh budaya malu itu dan tidak mencontoh yang buruknya. Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio