BYD vs Geely : Adu Cepat Wujudkan PHEV 2.000 Kilometer!

by  in  Berita & BYD & International
BYD vs Geely : Adu Cepat Wujudkan PHEV 2.000 Kilometer!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dunia nampak tengah sibuk membicarakan segmen mobil listrik murni dan segala kelebihannya, dan kadang melupakan bahwa elektrifikasi tak melulu tentang BEV. Masih ada opsi lain seperti Hybrid dan plug in hybrid yang sebenarnya juga menarik. Dan khusus di segmen PHEV, ada 2 pabrikan yang kini tengah berlomba yaitu BYD dan Geely. Dan keduanya berlomba menciptakan PHEV dengan range terjauh. Yuk kita bahas.

Adu Cepat kembangkan Long Range PHEV

Beberapa waktu terakhir ini, baik BYD maupun Geely memang tengah mengembangkan teknologi ultra long distance PHEV untuk pasar China. Bahkan, BYD pun mencanangkan bahwa di tahun depan mereka akan memperkenalkan teknologi PHEV generasi terbaru. Dan di generasi terbaru ini, mereka akan menggunakan mesin yang lebih efisien, motor listrik baru, dan baterai baru dengan kapasitas yang lebih tinggi. Sedangkan Geely kabarnya akan memperkenalkan Geely Galaxy L6 PHEV yang memiliki range hingga 1.370 kilometer berdasarkan metode CLTC.

Ngomong-ngomong PHEV, sebenarnya ada fakta unik yang tak banyak diketahui orang di Indonesia. BYD memang terkenal secara global sebagai pesaing Tesla di segmen mobil listrik. Namun, penjualan mobil BYD sebenarnya masih didominasi kendaraan PHEV mereka, dan itulah yang membuat BYD kini jadi raja NEV di China. Cenderung stagnannya perkembangan teknologi BEV membuat PHEV kini jadi teknologi yang sedang dilirik. Geely mengklaim bahwa teknologi PHEV dengan range mencapai 2.000 kilometer bisa dibangun dengan teknologi yang mereka miliki saat ini. Dan ini mengacu pada teknologi PHEV di Galaxy L6.

Unjuk Teknologi BYD dan Geely

Sebagai gambaran, spesifikasi teknig Geely Galaxy L6 memiliki mesin 1.500cc dengan dual hybrid transmission yang memiliki 3 percepatan. Mesin tersebut didampingi motor listrik dan baterai lithium ion 19,1 kWh. Tenaga yang dihasilkan mencapai 363 PS dengan range EV Mode di angka 124 kilometer. Nah, dengan teknologi ini, Geely Galaxy L6 memiliki konsumsi bahan bakar di angka 22,2 km/liter. Geely mengklaim bahwa mobil PHEV berikutnya dari mereka bakal mencapai konsumsi BBM di angka 50 km/liter. Mirip skutik entry level dong?

Bagaimana dengan BYD? BYD tentu sudah punya teknologi DM-i yang terkenal di ranah PHEV. Dan untuk saat ini, mobil PHEV dengan range terjauh mereka adalah BYD SOng Plus DM-i yang menggunakan mesin 1.500cc dengan motor listrik dan transmisi CVT. Baterainya menggunakan tipe LFP dengan kapasitas 18,32 kWh. Lewat metode CLTC, BYD SOng Plus DM-i memiliki range total di angka 1.151 kilometer. Sedikit di bawah Geely. Dan kondisi ini menjadikan persaingan antara BYD dan Geely makin seru.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: