Benelli Meluncurkan 4 Line Up Terbaru, Scrambler 500, Adventure 500, Sportbike 300 dan Pesaing MSX125

Benelli Meluncurkan 4 Line Up Terbaru, Scrambler 500, Adventure 500, Sportbike 300 dan Pesaing MSX125
0  komentar
benelli-leoncino-500-2016-front

AutonetMagz.com – Apabila dalam pasar roda 4 acap kali Geneva Motor Show yang menjadi momentum untuk dikejar-kejar oleh produsen agar segera memperkenalkan line up terbaru. Maka dalam pasar roda 2, Eicma Motorcycle Show yang diadakan di Italia-lah yang menjadi momentum para pabrikan roda 2. Seperti yang terjadi pada Benelli dimana mereka akan segera memperkenalkan 5 line up motor terbarunya pada ajang bergengsi di Italia ini.

Uniknya merek asal Italia yang kini dimiliki sahamnya oleh Tiongkok ini memperkenalkan line up untuk motor dengan kapasitas 500 cc dan kapasitas kecil. Tentu saja modelnya lebih menyasar kepada kaum hobi dan gaya hidup seperti biasa, dan jenisnya pun cukup menarik. Line up pertama adalah model bertipe Scrambler dengan kapasitas 500 cc, model tipe adventure dengan kapasitas 500 cc, sportsbike 300 cc dan tipe mini bike sekelas Honda MSX125.

Benelli-TRK-502-2016-front

Oke pertama yang akan kami bahas adalah tipe scrambler dengan kapasitas 500 cc yang dinamakan Leoncino atau yang artinya anak singa. Benelli Leoncino bukanlah tipe yang baru muncul melainkan Leoncino sudah muncul sejak 1951 dengan kapasitas 125 cc, namun sayang sejak itu Leoncino discontinue karena tak tahan tekanan produsen jepang yang merangsek saat itu. Kini Benelli kembali membangkitkan Leoncino dengan model ala scrambler dan mesin inline twin 500 cc yang dapat menghasilkan tenaga 47hp dan torsi 44 Nm.

Selain itu hal yang menjadi selling point Leoncino selain kubikasi yang fit adalah chassisnya yang memakai trellis frame. Untuk peredam depannya menggunakan suspensi Up Side Down dan pengeremannya dibekali dengan Brembo dengan 4 piston di masing-masing kedua cakram depan. Perihal berat badan, Leoncino cukup berat dengan sekitar 170 kg.

Benelli-TRK-502-2016-side

Untuk kedua adalah motor adventure dengan mesin yang serupa dengan Leoncino, dinamakan Benelli TRK 502. Yup tidak ada ubahan di mesinnya dengan kubikasi 500 cc dan tenaga 47 hp, kaki kakinya pun menganut suspensi Up Side Down dan cakram ganda di depan dengan kaliper brembo 4 piston. Tapi dengan model yang disesuaikan sebagai adventure bike tentu saja ini adalah paket menarik dimana yang bernaung di kelas ini hanyalah Honda CB500X dan Kawasaki Versys 650.

Berikutnya tidak kalah menarik, sepertinya Benelli berniat masuk ke kelas yang cukup panas yaitu di kelas 300 cc. Hem memang sih model ini agak sulit untuk masuk Indonesia karena spek 250 cc keatas sudah dicap moge oleh aparat hukum di Indonesia. Namun di luar negeri sendiri kelas 300 cc memang lebih diminati dibanding 250 cc yang notabene dihuni Kawasaki Ninja 300, Yamaha R3 dan Honda CBR300R, jadi Benelli menyambutnya dengan Benelli Tornado 302.

benelli-tornado-302-2016-front

Secara basis model ini adalah versi full fairing dari Benelli BN302, mesinnya menggunakan inline twin 302 cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga 36 hp. Secara nama, model ini meminjam nama besar dari Benelli Tornado 900 yang mempunyai mesin 900 cc tiga silinder pada tahun 2000-an. Model ini punya sasis trellis frame, suspensi Up Side Down dan penggunaan cakram ganda di rem depan yang tidak biasa di kelasnya.

Terakhir Benelli rupanya tertarik untuk menantang Honda MSX125 dan Kawasaki Z125 yang baru saja meluncur. Di segmen bernama ‘monkey bike’, Benelli meluncurkan Tornado Naked T dengan 2 pilihan mesin : 125 cc dan 135 cc. Dengan mesin ini, Tornado Naked T memuntahkan tenaga 11.7 hp dan 12.6 hp, sasisnya menggunakan trellis frame dan suspensi Up Side Down serta alloy wheel 12 inchi.

Benelli-Tornado-Naked-T-125-2016-side

Semua motor ini rencananya akan tampil di EICMA motor show yang berada di Italia berikut dengan spesifikasi lengkap dan jadwal rencana akan dijual. Bagaimana menurut anda? Apakah ‘leh uga’ untuk memasukkan 4 line up terbaru Benelli ini ke indonesia berhubung ATPM-nya sedang berkembang di Indonesia? Boleh dong kasih komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • NAistheBest

    Merk paling ironis versi saya, masa baru beli udah harus di benellin