Akankah Subaru Indonesia Kembali di GIIAS 2016?

by  in Berita&Nasional&Subaru
Akankah Subaru Indonesia Kembali di GIIAS 2016?
0  komentar

AutonetMagz – Semakin dekatnya GIIAS 2016 yang akan dilaksanakan mulai 11 Agustus 2 bulan lagi, tentu menjadi magnet tersendiri bagi ATPM yang ada di Indonesia, mengingat hampir seluruh ATPM di Indonesia turut berpartisipasi di event Otomotif tahunan terbesar di Indonesia ini. Namun apakah ATPM yang nasibnya sedang mengambang juga turut berpartisipasi? seperti kita tahu ada dua ATPM yang sedang dalam masa transisi, yaitu Ford dan Subaru, dan untungnya pada buka puasa bersama Gaikindo minggu lalu, kami mendapat sekilas info mengenai nasib Subaru Indonesia.

denah pameran giias 2016

Jika kita jeli memperhatikan layout booth ATPM GIIAS 2016 ini, maka kita akan melihat bahwa layout di 6C (Layout kosong di samping booth KIA) itu belum dinamai, maka, sebuah pertanyaan iseng kami lontarkan ke salah satu anggota dari Seven Events, dan jawabannya mengejutkan. Beliau berkata bahwa sbenarnya booth di lokasi 6C itu sudah dibooking oleh Subaru International (Motor Image) yang berlokasi di Singapore sejak beberapa waktu lalu, karena mereka tidak ingin melewatkan ajang GIIAS 2016 ini.

Namun seiring waktu, tampaknya Motor Image yang mau mewakili Subaru Indonesia masih belum mendapatkan persetujuan dari pemerintah untuk membawa masuk kembali mobil-mobil mereka untuk dipamerkan di GIIAS 2016, sehingga nantinya booth 6C itu akan dijadikan lounge untuk pengunjung beristirahat, kata sumber kami.

2015 Subaru XV STI Performace special edition

Nah timbul pertanyaan kembali, jika mereka sudah berniat untuk ikut dalam GIIAS 2016, meskipun tidak terwujud, apakah mereka sudah yakin dapat mengatasi masalah pajak yang menimpa mereka, karena denda dan hutang yang harus dibayarkan konon katanya mencapai trilyunan rupiah. Sekedar info, Subaru Indonesia diduga curang dalam pajak karena mendaftarkan mobil mereka sebagai mobil berpenggerak 2 roda, padahal semua Subaru kan penggerak 4 roda. Tapi kalau BRZ sih, tidak ada masalah, karena memang satu-satunya Subaru yang RWD.

Memang dari info-info yang beredar selama ini, Subaru Indonesia diklaim akan kembali hidup, tapi mungkin dengan membawa nama PT yang baru, yang entah bagaimana bisa meloloskan entitas bisnis ini dari jeratan denda yang harus dibayarkan. Pertanyaan terakhir, jika memang nanti mereka kembali, dan mungkin dengan menuruti semua legalitas peraturan pajak yang dibebankan oleh pemerintah kepada mobil-mobil AWD mereka, apakah harga Subaru masih tetap kompetitif? Saya pribadi meragukannya, karena ada kemungkinan kita akan melihat sebuah Subaru XV baru dibanderol dengan harga di atas 500 juta, atau sebuah Forester baru seharga 600 atau bahkan 700 jutaan.

Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Claudius Wijaya Penggiat otomotif, computer dan gaming, lebih senang menyetir mobil dibanding motor, apalagi kalau pas hujan. Tapi kalau pas macet ya terpaksa naik motor. Dulu pernah bekerja di salah satu merek motor terbesar di Indonesia, namun kini kecemplung di dunia jurnalisme roda 4 karena passion, bukan di PHK. Catat!

  • Indra

    Mau nanya, yg warna ungu itu booth apa ya samping Pertamina? Kalo yg sebelah Jeep dkk itu vip lounge kan, apakah itu dari sponsor atau fasilitasnya?

    • C5W

      kalo gak salah, bank mandiri deh, kan sponsor utama giias 2016 tuh dua, pertamina n bank mandiri, kalo gak salah yah…

  • Sulama

    Subaru pas comeback ganti nama Sukirman aja.

  • Masih kecil

    Subaru is back!!!!!!

  • nusantara nusantara

    hadir!!!

  • Krisna

    Semoga pajak awd dihilangkan, dan Subaru masuk lagi. Saya pernah tes drive Forester turbo, dahsyat tarikannya.

  • Krisnadi Imam

    Semoga aja. Sebagai pemilik dan pengguna XV, saya sih sangat puas dengan mobil itu ya. Semoga juga harga nya nanti juga tetap kompetitif.