Zeekr Intelligent Factory #2 : Pakai AI, 5G, Big Data & Full Robot!

by  in  AutonetTrip & Berita & Editorial
Zeekr Intelligent Factory #2 : Pakai AI, 5G, Big Data & Full Robot!
0  komentar

Hangzhou, AutonetMagz.com – Di artikel sebelumnya, kami sudah membahas mengenai area pertama yang kami kunjungi di Zeekr Intelligent Factory, yaitu area Showroom. Setelah melakukan eksplorasi area showroom selama 30 menit, kami pun langsung diajak untuk melihat langsung area pabrik yang sebenarnya. Lantas, seperti apa area pabrik dari Zeekr Intelligent Factory? Apakah canggih? Atau malah biasa saja? Mari kita bahas lebih lanjut.

Canggihnya Teknologi di Pabrik Zeekr

Beranjak dari Showroom, kami pun mengendarai shuttle bertenaga listrik yang nampaknya memang menjadi unit operasional di hampir seluruh fasilitas Zeekr. Karena kami juga melihat kendaraan yang sama di pabrik VReMT sebelumnya. Dan sedikit menyinggung BEV, kendaraan yang kami lihat di area pabrik rata-rata sudah menggunakan teknologi listrik, sehingga charging station tersedia cukup banyak di pabrik ini. Nah, kami pun bergerak ke lokasi pertama yaitu area stamping. Pada bagian ini, Zeekr mengadopsi sistem one-die-multiple-parts dan dikerjakan secara otomatis  untuk  memenuhi  permintaan  produksi  sekaligus  meningkatkan efisiensi.

Area kedua yang kami hampiri adalah area welding. Dan uniknya, setiap area ini memiliki jembatan yang posisinya ada di sisi atas yang memungkinkan komponen tersalurkan dengan cepat. Jadi, tidak perlu ada petugas dengan forklift yang memindahkan komponen dari satu lokasi ke lokasi lain. Nah, masuk ke area Welding, ada beberapa fakta unik yang kami temukan. Pertama, otomasi di bagian ini terbilang sangat masif dan terbukti lewat 823 robot yang terlibat dalam keseluruhan proses welding alias pengelasan. Fakta yang lain adalah minimnya penerangan di bagian ini. Yap, karena seluruh fungsi dijalankan robot, maka mereka menghemat listrik untuk penerangan.

Oleh karenanya, bagian ini dikenal dengan nama “Dark Factory”, dan bisa dibilang bagian ini adalah hal yang tak pernah kami lihat di pabrik-pabrik lain. Berikutnya, kami bergeser ke area pengecatan, dimana Zeekr Intelligent Factory ini menggunakan proses yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. Selain itu, Zeekr Intelligent Factory juga menjadi pabrik pertama di China yang sudah menggunakan Inspection Tunnel Gallery dari DURR dan teknologi inspeksi kualitas generasi terbaru lainnya. Berikutnya, kami juga bergeser ke fasilitas assembly atau perakitan. Dan di bagian ini ternyata pabrik ini tidak hanya memproduksi mobil untuk Zeekr saja.

Pakai IoT 5G dan Bisa Rakit Multi Platform

Kami melihat sejumlah model lain seperti Polestar, Geometry dan juga tentunya Zeekr sendiri. Usut punya usut, Zeekr Intelligent Factory ternyata mampu memproduksi mobil dengan 3 platform dan 6 model kendaraan yang berbeda. Baik itu Sedan, SUV, MPV ataupun model-model lainnya. Dan khusus untuk Zeekr, pabrik ini memproduksi Zeekr 001 dan Zeekr 009. Nah, yang membuat kami makin takjub, Zeekr Intelligent Factory benar-benar menerapkan teknologi intelligent sesuai dengan namanya. Mulai dari teknologi 5G yang memungkinkan pabrik ini menerapkan internet of things atau IoT dan konektivitas nirkabel. Lalu ada juga teknologi AI yang juga bertugas memeriksa kualitas produksi.

Dari seluruh perjalanan ini, kami pun meyakini bahwa segala kecanggihan yang diterapkan oleh Zeekr di pabrik mereka akan menjadi cerminan kualitas dari produk mereka. Apalagi, Zeekr sudah memiliki modal di sisi tim desain yang bersifat global. Tentunya menarik untuk melihat lebih jauh bagaimana produk-produk Zeekr ke depannya, terutama yang akan dihadirkan di Indonesia. Jadi, bagaimana menurut kalian? Berikutnya, kami akan bertandang ke Ningbo International Speedtrack dan mencoba sejumlah mobil Zeekr di sana. Ikuti terus perjalanan kami di China bersama dengan Zeekr Indonesia.

Video Trip Zeekr 2024

Kompilasi Trip Zeekr China 2024

Read Prev: