Weh, Smart Forfour Ini Dimodifikasi Untuk Berjalan Di Rel Kereta Api!

Weh, Smart Forfour Ini Dimodifikasi Untuk Berjalan Di Rel Kereta Api!
0  komentar
modifikasi-mobil-smart-forfour-berjalan-di-atas-rel-lokomotif-forrail

AutonetMagz.com – Pernahkah pembaca terpikirkan fantasi liar untuk memodifikasikan sebuah mobil, yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Seperti Jeremy Clarkson pernah membuat Hovervan, Van dengan fungsi seperti Hovercraft atau Jaguar yang dibuat menjadi lokomotif kereta api. Nah ngomong-ngomong soal mobil rel, Jezza memakai Jaguar karena mobil itu bermesin V12 sehingga kata kunci “power” dirasa cocok untuk menjadi lokomotif.

Namun bagaimana jika mobil yang digunakan sebagai basis lokomotif justru city car seperti Smart?

modifikasi-mobil-smart-forfour-berjalan-di-atas-rel-side-forrail

Rupanya ide liar ini terpikirkan oleh spesialis engineering kereta inggris di Interfleet. Mereka menggunakan Smart Forfour sebagai “kereta mini” dengan memodifikasi bagian kaki-kakinya agar bisa berpijak di rel kereta api. Proyek ini rampung dan mereka namakan benda ini Smart Forrail, prototype ini dijelaskan sebagai “kereta mini bersertifikasi”.

Uniknya walau proyek iseng-iseng pembuatannya cukup niat, memakan waktu hingga 6 bulan dengan menggunakan rekayasa CAD canggih hingga menjadi Smart Forrail. Mari tilik modifikasinya, mereka menyematkan besi baja kuat berdiameter 22 inchi dan berat 80 kg untuk memberi traksi saat melintasi rel. Selain itu koneksi setir ke roda diputus sehingga sekarang sistemnya hanya sebagai “pegangan” bagi pengemudi Forrail. As rodanya dilas bersama penyangga berbahan alumunium untuk menghindari gerakan kemudi berlebih.

Setelah semua selesai dikonversi sekarang saatnya uji coba di Bluebell Railway. Model yang tidak biasa ini disediakan agar pengguna kereta api bisa merasakan kenyamanan ala mobil perkotaan walaupun sedang berada di atas rel kereta api.

Forrail melayani perjalanan dengan jarak 10 mil alias 16,1 km di atas rel kereta api dengan memotong rute langsung melewati Sussex. Rute ini diberikan juga sebagai uji jalan untuk Forrail namun ternyata uji jalan ini sukses dan berhasil membuat kejutan bagi para commuter kereta api di Inggris. Ada enam Forrail yang disediakan dalam jalur ini dan dioperasikan melalui supir yang berlisensi khusus mengendarainya.

modifikasi-mobil-smart-forfour-berjalan-di-atas-rel-interior-forrail

Namun ini cuma aksi untuk menarik perhatian semata, nantinya mobil ini akan dinormalkan setelah percobaan ini dilakukan. Wajar sih, toh Smart juga tidak menyarankan memodifikasi mobil mereka seperti ini. Ya iyalah, modifikasi seperti ini kan susah, durability juga dipertanyakan. Kalau anda bilang “Ah, Top Gear dulu saja bisa”, saya cuma bisa bilang modal mereka kan “nekat”, ingat n-e-k-a-t!

Seperti biasa, monggo sampaikan pendapatmu di bawah ini…

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    Apa gak terbalik tuh saat kecepatan tinggi

  • Oki Ngew

    Kalo di indonesia mungkin pake lcgc

  • Lucky Gema Christyan Syah

    Koreksi om, si jezza pakemesin v12 bukan v8.
    Makanya nama keretanya TGV12.

    • Krisna Dewanta

      Yup bener nih, TGV12 = V12 engine from Jaguar XJS.
      “How hard can it be?” + “Speed and poweerrr!!!” LOL

  • Nama

    greget!