Wah, Hyundai Berniat Buat Sistem untuk Mematikan HP Ketika Mengemudi

Wah, Hyundai Berniat Buat Sistem untuk Mematikan HP Ketika Mengemudi
0  komentar
hyundai-smartphone-hacking

AutonetMagz.com – Orang yang bermain HP saat berkendara punya resiko kecelakaan 23 kali lebih besar daripada orang yang fokus saat berkendara. Kondisi ini tak pandang bulu, sudah banyak kecelakaan kecil maupun besar yang diakibatkan karena sang pengemudi teralihkan oleh HP meski hanya sekian detik saja, terutama di Indonesia.

Salah satu pabrikan yang paling gerah melihat fakta ini adalah Hyundai. Tapi gerakan mereka yang satu ini mungkin agak radikal, sebab Hyundai baru mendaftarkan paten teknologi untuk menonaktifkan HP ketika berada di sekitar area pengemudi. Tentu saja, hal ini langsung menuai kontroversi.

Hyundai-Santa-Fe-D-Spec

Hyundai terpaksa melakukan ini karena tingkat kecelakaan akibat HP sudah mengkhawatirkan. Sistem pendeteksi arah kepala dan mata pengemudi yang ada pada mobil-mobil modern sebagai salah satu fitur keselamatan untuk mengingatkan pengemudi agar fokus ke jalanan dan bukan ke news feed Facebook, trending topic Twitter, timeline LINE, chat BBM, WhatsApp atau apapun itu rupanya belum cukup membantu.

Sistem yang dibuat Hyundai akan meretas sinyal seperti saat kita mengaktifkan airplane mode, sehingga smartphone tidak mungkin menerima panggilan, SMS, chat atau mendapat notifikasi dari internet. Perlu diketahui, sistem ini hanya berlaku untuk pengemudi, sedangkan penumpang depan dan belakang masih diperbolehkan bermain dengan smartphone mereka.

interior-hyundai-tucson-2016

Tetapi sudah pasti, fitur ini tak perlu ada jika para pengguna jalan tidak ngeyel dan tetap menaruh smartphone serta jangan pernah mengaksesnya selama mengemudi. Bahkan mobil-mobil jaman sekarang sudah lengkap dengan koneksi bluetooth dan smartphone mirroring, tapi entah mengapa masih ada yang bandel mengakses smartphone secara manual. Padahal koneksi bluetooth dan smartphone mirroring bisa membuat kita lebih aman dan nyaman dalam mengakses smartphone.

wallpaper-hyundai-tucson-2016

Tapi tenang saja, ini masih rencana. Jika Hyundai melihat perilaku pengemudi sudah mulai sadar akan bahaya mengakses HP saat berkendara dan mulai menggunakan konektivitas di mobil mereka, Hyundai tidak akan melanjutkan fitur ini. Hayo, apakah anda termasuk yang suka bermain HP saat berkendara? Kurang-kurangin deh, daripada apes di tengah jalan.

Berikan komentar anda tentang sistem kontroversial dari Hyundai ini!

Read Prev:
Read Next: