VW Cross Coupe GTE Concept Mendekati Model Produksi Massal

by  in Mobil Konsep&VW
VW Cross Coupe GTE Concept Mendekati Model Produksi Massal
0  komentar

VW Cross Coupe Concept GTE at NAIAS 2015Detroit, AutonetMagz – Mungkin bagi sebagian orang akan menganggap VW CrossCoupe ini adalah mobil konsep terbaru dari VW, tapi bagi saya sebagai pemerhati VW akan berkata lain ketika melihat mobil ini dipajang di NAIAS 2015 atau biasa disebut Detroit Motor Show sebagai mobil konsep baru.

2 tahun ke belakang, VW memperkenalkan VW CrossBlue Concept yang merupakan SUV dengan profil yang sangat mirip dengan mobil yang kita lihat di Detroit saat ini. Kemudian di tahun 2014, VW menghadirkan VW CrossBlue Coupe yang merupakan varian penyempurnaan dari VW CrossBlue namun memiliki atap yang lebih rendah seperti sebuah Coupe.

2015 VW Cross Coupe GTE Concept sudah mendekati versi produksi massal

Setelah melihat VW CrossBlue Coupe Concept di Shanghai Motorshow, kita akan berpikir bahwa mobil ini mungkin akan masuk ke jalur produksi dalam waktu dekat, pasalnya model concept yang dihadirkan sudah mirip sekali dengan versi mobil yang siap diproduksi secara massal.

Secara mengejutkan, VW memperkenalkan VW Cross Coupe GTE Concept yang benar-benar mengambil garis desain dari kedua mobil tersebut, namun sayangnya bukan semakin dekat dengan jalur produksi dari bentuk konsep yang ditampilkan, menurut kami justru penampilannya semakin futuristik dan semakin jauh dari mobil yang siap di produksi (meskipun semakin keren sih).

Wallpaper VW Cross Coupe GTE 2015

Tapi jika kita melihat model VW Passat sedan yang sangat futuristik, rasanya tidak mustahil jika Volkswagen Cross Coupe ini akan diproduksi dengan tampilan se-futuristik ini.

Oke, mari kita lanjut bahas mobil ini. VW CrossCoupe GTE ini pada dasarnya menggunakan platform MQB yang digunakan pada VW Golf, VW Passat, Audi A4 hingga Audi TT Coupe. Hanya saja mesin yang digunakan di mobil ini jauh lebih bengis dengan berbekal mesin 3.600 cc VR6 ditambah dua buah motor listrik di setiap gardan.

Mesin 3.6 L VR6 pada VW Cross Coupe GTE Concept

Mesin bensinnya memang tidak begitu spektakuler karena tidak memiliki turbo, namun angka 276 Hp untuk mesin 3.600 cc N/A cukup wajar, apalagi torsinya masih oke di angka 350 Nm.

Namun mesin listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 54 Hp dan torsi 219 Nm untuk roda depan, dan roda belakangnya lebih gila lagi dengan angka 114 Hp dan torsi 270 Nm!

Small SUV VW Cross Coupe GTE 2015

Tenaga yang luar biasa bukan? Tentunya dengan performa mesin yang sangat hebat, mobil ini bisa bersaing dengan BMW X6 dan Mercedes-Benz GLE 450 AMG. Nah, berkat tenaga yang besar tersebut, mobil ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 6 detik saja menurut klaim VW.

Sebagai mobil Plug-in Hybrid, mobil crossover konsep VW ini dapat menempuh 32 kilometer dengan mode full elektrik, hanya saja dalam keadaan full elektrik, motor listrik yang bekerja hanya di sumbu gardan belakang saja.

Cara kerja mesin konvensional dan mesin listrik VW Cross Coupe GTE Concept 2015

Selanjutnya 3 huruf sakti “GTE” bukanlah isapan jempol belaka, karena GTE adalah semacam varian GTi hanya saja kata “i”nya diganti dengan “E” yang berarti “Electric”.

Cobalah tekan tombol “GTE” yang terdapat di dalam dashboard, maka wuss, mobil akan memiliki performa maksimal dan respon yang sangat cepat.

Dashboard speedometer Volkswagen Cross Coupe GTE Concept

Namun tunggu dulu, dalam mode elektrik, sporty GTE ini juga dapat diaktifkan tanpa harus menjalankan mesin bensin untuk meningkatkan respon kendaraan.

Bagaimana menurut anda melihat tampilan dan kemampuan VW Cross Coupe GTE Concept ini? Secara pribadi, bentuk belakangnya sangat cantik untuk dilihat di garasi rumah tiap hari. Duh cepatlah masuk ke jalur produksi!

Saksikan video peluncuran perdana Volkswagen Cross Coupe GTE dibawah ini

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr