Toyota Yaris Facelift Meluncur di Thailand, Punya 7 Airbag dan VSC

Toyota Yaris Facelift Meluncur di Thailand, Punya 7 Airbag dan VSC
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa bulan yang lalu kita sempat dikejutkan oleh beberapa gambar spyshot yang datang dari Negeri gajah Putih, Thailand. Foto – foto tersebut disinyalir adalah Toyota Yaris facelift dan Toyota Yaris Sedan Facelift. Dan tak berselang lama, akhirnya versi sedan yaitu Toyota Yaris Ativ pun meluncur di sana. Namun bagaimana dengan versi hatchback  yang juga terjepret waktu di tes jalan? Nah, inilah wujud aslinya, inilah Toyota Yaris Facelift Thailand.

Toyota Yaris Facelift sendiri mengusung wajah depan yang serupa dengan saudaranya, Toyota Yaris Ativ yang meluncur sekitar sebulan yang lalu. Mobil yang terdaftar sebagai jagoan Toyota di Thai Eco Car ini sendiri tak hanya berbagi wajah depan, namun juga sejumlah komponen lainnya. Dan jika kalian cermati dari wajah depannya, kalian sadar apa yang hilang di Toyota Yaris Facelift ini? Yap, kumisnya yang legendaris bak ikan lele itu sudah disingkirkan oleh pihak Toyota Thailand, well done. Sebagai gantinya, lower grille dari Toyota Yaris Facelift ini nampak besar sekali, dengan posisi LED DRL yang ada di bawah lampu utamanya yang bisa didapatkan pada trim  G.

Lampu utama dari Toyota Yaris Facelift ini nampak masih mirip dengan varian pendahulunya, namun ada beberapa detail yang berubah seperti ujung dalam yang kini meruncing. Grille dari Toyota Yaris Facelift juga ikut diubah dan bentuknya menjadi lebih enak dipandang. Sayangnya walaupun sudah di-facelift, mobil ini masih belum mengusung lampu LED seperti Honda Jazz, melainkan masih halogen walaupun masih mempertahankan model proyektor seperti sebelumnya. Yang baru adalah hadirnya LED Light Guides pada trim G dan juga LED Signature lamp di sisi belakang sebagai standarnya. Identitas Toyota Yaris seperti pliar C yang dilabur warna hitam masih dipertahankan, hanya saja untuk kaca belakangnya yang sebelumnya melengkung di sisi bawah, kini menjadi datar.

Dan masih di sisi belakang, lampu belakangnya baru dengan model yang menyambung pada bagian pintu belakangnya dan disambungkan satu sama lain oleh garnish berwarna hitam, khas Toyota masa kini. Dan karena terdaftar di Thai Eco Car, maka tentunya Toyota Yaris Facelift masih akan mempertahankan mesin 1.200cc Dual VVT-i 3NR-FE yang mampu menghasilkan tenaga 86 PS dan torsi 108 Nm. Mesin tersebut akan dipasangkan dengan transmisi otomatis yang diberi nama oleh Toyota, Super CVT-i, dan tak ada varian transmisi real man. Masuk ke sisi dalam, interior Toyota Yaris Facelift tentunya senada dengan Toyota Yaris Ativ, namun dengan sejumlah sunatan.

Jika di versi sedan hadir MID berwarna dengan ukuran yang lebih besar, serta sistem infotainment dengan layar sentuh, maka keduanya absen di Toyota Yaris Facelift. MID yang ada di versi sedan digantikan oleh panel analog, sedangkan untuk sistem infotainment di Toyota Yaris Facelift mengandalkan head unit in dash bawaan pabrikan. Namun bukan berarti interior Toyota Yaris Facelift tak memiliki fitur – fitur lainnya. Pada interior Toyota Yaris Facelift masih ada Start/Stop Buttonsteering audio/call buttons, Digital AC panel dan Optitron meter panel. Dan seperti versi sedannya, Toyota Yaris Facelift hadir dengan 7 airbags (depan, samping, curtain, dan driver’s knee), dan masih ada pula fitur lain macam ABS/EBD/BA, VSC dan HAC yang jadi standar untuk semua varian, ciamik.

Untuk harga, Toyota Yaris Facelift dibanderol dari harga 479.000 Bath atau setara 192 jutaan Rupiah untuk varian J Eco yang menggunakan velg kaleng dan tanpa head unit hingga 609.000 Bath atau setara 244,1 juta Rupiah untuk trim G yang sementara ini menjadi trim tertinggi. Tidak ada varian TRD Sportivo? Untuk saat peluncuran ini tak ada varian penuh sticker tersebut, namun varian tersebut pasti akan ada suatu hari kelak. Harga dari varian – varian Toyota Yaris Facelift ini lebih mahal 10 ribu Bath per varian, atau naik 4 juta per varian dibandingkan dengan versi sebelum facelift, namun dengan kelengkapan keselamatan yang lebih baik.

Para konsumen di Thailand sendiri bisa membeli Toyota Yaris Facelift dengan tujuh pilihan warna termasuk warna ‘signature’ Toyota, Citrus Mica Metallic. Pihak Toyota Thailand sendiri juga menyediakan sejumlah aksesoris resmi seperti dashcam yang sedang kekinian, lalu LED Fog lamps, LED DRL, ‘Premium Horn’, Corner Parking Sensors, trim interior dengan pilihan warna merah atau champagne (Pada kisi AC dan armrest ), scuff plates , dan shift knob dari TRD. Dan karena disana tak ada Toyota Yaris Heykers, maka pihak Toyota Thailand juga menawarkan body add ons yang mengubah Toyota Yaris Facelift menjadi Toyota Yaris Facelift Heykerseh Crossover.

Jadi, Toyota Yaris Facelift memang menjadi lebih mahal di sana, namun kelengkapan keamanan menjadi standar di mobil ini bahkan lebih baik dari mobil yang lebih mahal di Indonesia. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: