Mobil Jakarta Bisa Tukar Pelat Nomor Ganjil Genap Gratis!

by  in Nasional
Mobil Jakarta Bisa Tukar Pelat Nomor Ganjil Genap Gratis!
0  komentar
plat nomor ganjil genap

Menjelang perda terbaru mengenai sistem pembatasan kendaran dengan metode ganjil genap untuk mengurangi kemacetan. Polda Metro dan Pemprov DKI siap mendukung dengan memberikan fasilitas tukar balik pelat nomor kendaraan

“Dari Polda Metro kita akan membuat sebuah loket khusus untuk membantu warga yang mau ganti nomor,” ujar Kasubdit Registrasi dan Identifikasi, AKBP Latif Usman di Polda Metro, Sudirman, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Loket tersebut sudah dibuka untuk umum sejak Februari 2013 lalu. Masyarakat bisa menyampaikan permohonan untuk balik pelat nomor kendaraan.

“Pemohon harus membawa dokumen prasyarat, seperti STNK, BPKB, KTP pemilik kendaraan dan cek fisik mobil,” kata Latif.

Untuk mobil baru, cek fisik dilakukan langsung di dealer kendaraan. Tetapi untuk mobil lama pengecekan fisik dilakukan Polda Metro.

Layanan ini diberikan secara cuma-cuma tanpa biaya apapun. Jika ada petugas nakal yang meminta pungutan, pemilik kendaraan bisa melaporkannya kepada pihak berwajib.

“Lapor saja ke Polda Metro, misalnya jika ada dealer yang meminta pungutan sampaikan saja ke kami,” ujar Latif kepada Detik.

Polda menyiapkan sebuah loket disetiap Samsat di Jakarta. Warga Jakarta bisa datang dan mengurus tukar balik pelat nomor kendaraan. Jadi anda bisa mengganti plat nomor kendaraan anda sesuai dengan kebutuhan.

Read Prev:
Read Next: