Mini Test Drive Citroen C3, Small SUV Ternyaman di Indonesia?

by  in  Berita & Citroen & Merek Mobil
Mini Test Drive Citroen C3, Small SUV Ternyaman di Indonesia?
0  komentar

Tangerang, AutonetMagz.com – Bertempat di daerah BSD, Tangerang Selatan, Citroen Indonesia mengajak beberapa media termasuk AutonetMagz untuk mencoba langsung produk terbaru mereka, Citroen C3. Dan lewat Mini Test Drive ini, kami berani bilang bahwa sensasi berkendara mobil ini cukup mengejutkan. Kok bisa? Simak artikel ini sampai habis.

Eksterior Funky, Tapi Interior….

Memang kesempatan yang diberikan oleh Citroen Indonesia tidaklah lama, hanya skeitar 30 menitan untuk mengitari area BSD yang cukup ramai. Namun, impresi pertama kami Ketika melihat langsung mobil ini adalah Funky. Bagaimana tidak funky, kombinasi warna yang berani, dengan dual tone berwarna orange, putih dan aksen-aksen krom terlihat eye catching. Dan perpaduan tersebut berhasil membuat mobil kecil ini tampil atraktif. Selain itu, Ketika masuk ke dalam kabin dan duduk di kursinya, kami cukup kaget dengan ergonomic jok depan yang mampu memeluk erat badan kami dan memberikan visibilitas yang baik.

Meskipun tidak dapat dipungkiri, penggunaan material plastik keras dan beberapa fit-finishing yang agak kasar di interior sempat membuat kami ragu akan kualitas berkendaranya. Namun, begitu pintu ditutup, ternyata konsep kepompong (Cocoon) yang dianut oleh Citroen berhasil mengisolasi suara-suara dari luar dengan baik. Alhasil, tingkat kebisingan dapat ditekan dengan amat baik, bahkan kami sempat bingung ketika akan memindahkan transmisi dan mencoba pedal gas. Kenapa? Karena dengungan mesin 3 silinder yang biasanya memiliki karakter yang khas hanya terdengar sayup-sayup di dalam kabin. Good job Citroen.

Kekedapan Juara, Suspensi Ternyaman

Ketika berjalan, langsung terasa bahwa mesin 3 silinder N/A yang disematkan di mobil ini memiliki karakter tenaga yang padat di putaran rendah. Dan ini terlihat saat mobil sama sekali tidak kesulitan untuk berakselerasi di kecepatan rendah. Citroen C3 juga sigap dan halus untuk digunakan di kondisi Stop and Go yang padat. Namun ketika sempat mencoba sampai gigi 4, terasa bahwa rasio gigi ketiga dan keempat cenderung lebih Panjang. Tidak ada dorongan lebih lanjut pun menegaskan karakter mesin yang lemah di putaran atas. Andai saja Citroen Indonesia membawa varian dengan mesin turbo, kelemahan mesin ini pasti teratasi.

Ok, boleh saja si Citroen C3 ini kalah dalam hal performa dibanding rival-rivalnya, namun ada satu hal yang benar-benar kami berikan jempol untuk mobil ini. Dan hal itu adalah bantingan suspensinya yang sangat nyaman. Bahkan kami berani bilang bahwa tingkat kenyamanan suspensi Citroen C3 Indonesia ini lebih baik dari kebanyakan mobil di segmen yang lebih tinggi dari mobil ini. Jadi, bisa dibilang Citroen C3 adalah mobil ternyaman di kelasnya. Memang kompensasi dari suspensi yang nyaman ini mengakibatkan body roll yang lumayan terasa terutama di kecepatan rendah, tetapi, mobil tetap enak dikendarai tanpa ada tendensi akan terguling atau melintir (tetap dalam control) dan tetap nyaman.

Kinerja Suspensi Ciamik

Sebuah tes yang cukup ekstrim sempat kami lakukan dengan mobil ini, yaitu melintasi polisi tidur yang cukup tinggi dengan kecepatan mencapai 60 km/jam. Dimana impresi awal yang kami pikirkan adalah akan ada bunyi keras dari suspensi yang menunjukkan limit dari suspensi tersebut. Namun hasilnya, di kecepatan 60 km/jam, mobil melewati polisi tidur dengan halus dan seakan-akan travel suspensi yang panjang mampu meredam rintangan tersebut. Kami juga tidak menemukan suara keras maupun rasa terpental yang umumnya kita temukan di mobil-mobil kebanyakan.

Konsep peredaman suspensi ini, seringkali ditonjolkan oleh Citroen dan telah menjadi trademark dari Citroen sejak dulu kala. Bahkan banyak yang berkata suspensi Citroen bekerja seperti mengendarai karpet terbang Aladin. Ajaib? Tentu tidak, karena itu merupakan hasil setup dan pengalaman berpuluh-puluh tahun dan disematkan di mobil ini sehingga dapat memanjakan konsumen yang menyukai kenyamanan dari sebuah kendaraan. Tentu saja kami belum sempat mencoba mobil ini di kondisi yang lebih ekstrim lagi dan dengan durasi yang lebih lama lagi, dikarenakan keterbatasan kesempatan yang diberikan di event ini.

Namun, kami sudah berencana akan meminjam dan melakukan tes lengkap dari mobil ini, jadi tetap stay tune di AutonetMagz.com!!

Read Prev:
Read Next:

Satria Katana Satu - satunya member AutonetMagz yang Domisili di Surabaya, dan punya Hobi Fotografi, Riding, & Kepo Informasi Dunia Otomotif | IG : @Satriakatana