Menguji Performa New Ford Fiesta EcoBoost

by  in Advertorial&Ford
Menguji Performa New Ford Fiesta EcoBoost
0  komentar

Test drive performa Ford Fiesta EcoBoost di Sirkuit SentulBogor, AutonetMagz – New Fiesta dengan mesin EcoBoost 1.0L yang mampu meraih penghargaan-penghargaan bergengsi mesin terbaik di dunia atau International Engine of The Year selama 3 kali berturut turut di tahun 2012, 2013 dan 2014, tentunya tidak mungkin hanya isapan jempol belaka.

Untuk membuktikannya, kali ini AutonetMagz akan menguji performa supermini terlaris di Eropa yaitu new Fiesta 1.0L EcoBoost di Sentul International Circuit, Bogor. Sirkuit yang memiliki 10 buah tikungan dan sebuah “Chicane” ini pernah menjadi tuan rumah dari balap A1 GP yang berskala international, maka tidak heran jika sirkuit ini cocok untuk menguji performa sebuah kendaraan berkat ragam tikungan yang dihadirkan di sirkuit ini. Performa dan kelebihan mesin Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter

Unit yang kami coba adalah varian new Fiesta tipe S EcoBoost dengan transmisi Automatic 6 percepatan Powershift yang memiliki kopling ganda dan merupakan pertama di kelasnya. Meskipun memiliki transmisi otomatis, New Ford Fiesta juga memiliki Powershift yang membuat pengemudi dapat memindahkan gigi layaknya mobil manual.

Saat memasuki sirkuit, kami memindahkan posisi transmisi ke posisi “S” agar respon transmisi lebih galak, tidak lupa PowerShift juga ikut diaktifkan agar bisa memberikan sensasi berkendara layaknya mobil manual. Tekan saja pedal gas rata lantai, tenaga mobil sudah mulai terasa di Rpm rendah sekalipun berkat asupan udara tambahan dari turbo.

Transmisi PowerShift Ford Fiesta EcoBoost

Tidak sulit bagi Ford Fiesta EcoBoost berakselerasi, tenaganya yang linear mulai dari putaran bawah dan selalu mengisi di tiap putaran membuat kami enggan melepas pedal gas di tiap lintasan lurus, transmisi PowerShift 6 percepatan juga memberikan respon yang sangat baik dan cepat untuk mendukung performa mesin.

Masuk ke dalam tikungan, mobil yang dilengkapi dengan sasis dari baja Boron yang terkenal kuat ini memberikan rigiditas yang sangat baik, suspensi sport yang menjadi standar di tipe S juga menghasilkan body roll yang sangat minim di tiap tikungan untuk mobil sekelasnya. Saking asyiknya, kami beberapa kali menikung dengan kecepatan yang terlalu tinggi di beberapa tikungan, untungnya Traction Control dan Electronic Stability Control membantu mobil tetap pada jalurnya.

Struktur rangka dan bodi Ford Fiesta dari bahan baja boron steel

Tidak heran sebenarnya jika New Ford Fiesta EcoBoost memiliki performa luar biasa di sirkuit ini, Karena media otomotif luar negeri pun sudah mengakui dan memberikan acungan jempol terhadap performanya. Dengan performa mesin yang dahsyat, Ford Fiesta EcoBoost mampu menghadirkan sensasi berkendara yang tidak hanya fun to drive, tapi juga aman berkat bantuan perangkat keselamatan aktif sekaligus efisien dalam mengolah bahan bakar.

Untuk informasi lebih lanjut, atau permintaan test drive Ford New Fiesta, dapat mengunjungi halaman web ini.

Read Prev:
Read Next:
  • okisyauqi

    Itu foto yg paling atas kok kayak editan ya? Btw ff yang tipe ini harganya brp ya?

    • rizki

      namanya juga iklan, harus bisa menarik perhatian

  • amar

    Gk kok kalo dilihat lebih detail itu emng beneran kok,bukan editan

  • faris

    Kayanya sih ford lagi gencar2nya ngiklanin fiesta ecoboost setelah keluar mazda 2 yah? Btw 2 mobil ini emang jauh banget dibandingin kompetitornya h & t.

  • wowkeren

    pertanyaan sekaligus permintaan
    1. 0-100 km/jam
    2. konsumsi bbm dalam kota & tol
    3. boleh dong bikin advertorial Mazda 2 sama Suzuki swift sport

  • big hero 6

    kalo ngomongin efisiensi, lebih efisien fiesta ecoboost atau LCGC ya? terus, kalo ngomongin performa, apa bener Honda jazz rs 0-100 km/jam bisa lebih cepet daripada fiesta ecoboost (menurut media lain)?

    • parlin

      tergantung gaya mengemudi/macet gak/manual/matic
      pake manual irit gw, tapi sebelomnya pake HB lawas jauh bgt bedanya, jazz GE/GK ya,,kondisi standard ya? jauh mas kalo performa hehe istri pake GE juga soalnya

  • eye of tiger

    saya man cuma bisa ketawa waktu autonetmagz nulis “menurut media sebelah, mesin terbaik adalah 1NZ-FE punya Toyota yang gitulah”–>kalo ga salah. mesin terbaik dunia kok ditandingin sama mesin tua LOL

    • paddington

      mending mesin terbaiknya yang udah pernah dapet int’l engine of the year sebelum ecoboost, atau setidaknya mesin diesel BMW 320D, atau mesin L15Z honda*cmiiw, atau mesin Mazda 2 skyactiv, atau mesin Suzuki swift sport dll.

  • bulu

    Pada bulan Juli 2015, saya membeli mobil Ford Fiesta S Ecoboost di dealer terdekat yaitu Ford MT Haryono.

    Setelah membayar tanda jadi, dealer terus minta pelunasan DP agar dapat mengirimkan mobil, padahal saat itu saya sudah bilang untuk tunggu sampai STNK jadi. Tapi karena terus didesak, akhirnya saya membayar semua DP.

    Seminggu kemudian mobil dikirim dengan keadaan sangat kotor, kaca film baru dipasang, alasannya belum sempat cuci karena terburu-buru, padahal Manager-nya (Tari) yang terus minta saya untuk segera mengambil unitnya.

    Selain itu, banyak keluhan lainnya, mulai dari setir berat dan tidak stabil karena ternyata memang ada masalah setelah pengecekan di bengkel Ford Bekasi dan Sales Ford semakin sulit dihubungi. Minggu ke-3, sales membawa mobil saya untuk service 1000 dan setelah itu muncul masalah baru, seperti tarikannya hilang, goyang saat menikung, dsb.

    Bulan ke-3, lampu indikator mesin menyala. Saya hubungi dealer MT Haryono, tapi tidak ada follow up , akhirnya saya bawa ke bengkel Ford Kelapa Gading. Setelah diperiksa, katanya ada komponen yang longgar dan diperbaiki. Seminggu kemudian menyala kembali, saya bawa ke bengkel yang sama dan, diperbaiki untuk ke-2 kalinya, tapi seminggu kemudian menyala kembali. Untuk yang ke-3 kalinya, saya minta dealer MT Haryono yang mengurus, kemudian diserahkan ke bagian service mereka. Perlu 2 minggu lebih untuk akhirnya mereka mengambil mobil saya.

    Setelah 2 minggu di bengkel, service advisor membawa mobil saya untuk saya tes, lampu indicator mesin sudah tidak menyala, tapimesin turbo andalan ecoboost tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan akhirnya dibawa kembali ke bengkel.

    Hingga minggu ke-4 mobil saya di bengkel Ford Bekasi, saya tidak dapat kabar apapun mengenai mobil saya. Saya berusaha menghubungi pihak Ford, mulai dari sales hingga bagian service mobilnya, tapi tidak mendapat jawaban. Akhirnya setelah 5 minggu (31 Desember 2014) mobil saya dibengkel, mobil dikembalikan.

    Sebulan kemudian (akhir Januari 2015), lampu mesin kembali menyala, kemudian beberapa hari kemudian mati sendiri, dan hal tersebut terjadi setiap 2 – 3 minggu dan saat di cek oleh teknisi Ford, katanya kondisi mesin normal, hingga akhir Febuari 2015, lampu mesin kembali menyala dan mobil kembali masuk bengkel. Saat ini sudah hampir 3 minggu lagi mobil saya dibengkel Ford Bekasi dan masih belum beres.

    Saya sangat kecewa terhadap pelayanan Ford baik dealer maupun bengkelnya.

    • Micky Kurniawan

      Wow, gila itu masalah gak sembuh2. Lagian kondisi kotor gitu kok diterima?