Mau BMW i3 Anda Lebih Irit dan Bisa Minum Bensin Lebih Banyak? Hack Saja Pakai Software Khusus!

by  in Berita&BMW&International
Mau BMW i3 Anda Lebih Irit dan Bisa Minum Bensin Lebih Banyak? Hack Saja Pakai Software Khusus!
0  komentar
Pabrik mobil listrik BMW i3

AutonetMagz.com – Serius, ini di luar pikiran kami. Biasanya, kalau orang bertanya kepada kami : “Bagaimana ya biar mobil saya bisa lebih irit,” kami akan menyarankan untuk merencanakan rute utama dan alternatif sebelum berkendara, isi bensin sesuai spesifikasi, memastikan tekanan ban cukup, berakselerasi dan rem sehalus mungkin dan berbagai tips normal lainnya. Tapi segambreng tips tadi sepertinya tak akan berlaku kalau yang bertanya kepada kami adalah pemilik BMW i3.

Tidak seperti mobil normal kebanyakan, cara membuat BMW i3 versi Amerika Serikat menjadi lebih irit cukup lain dari yang lain. Caranya yakni dengan meng-hack mobilnya dengan software khusus yang bakal mengaktifkan sejumlah fitur tersembunyi dari BMW i3. Aslinya, i3 versi Eropa tidak perlu di-hack karena semua fitur tersembunyi ini sudah di-unlock oleh BMW sendiri, hanya versi Amerika saja yang diberi perlakuan berbeda.

bodi BMW i3

Jika sebelumnya para pemilik BMW i3 hanya bisa mengisi BBM sebanyak 1,9 galon* (7,19 liter) saja, maka setelah di-hack mereka langsung bisa mengisi tangkinya hingga 2.4 galon (9,08 liter). Selisih 1,89 liter itu cukup untuk memberi jarak tempuh ekstra sebanyak 32 kilometer, demikian menurut Green Car Reports. Lumayan kan untuk transportasi pulang pergi dalam satu hari pas weekend?

Selain bisa mengisi bensin lebih banyak, pemiliknya juga bisa mengatur ulang baterainya agar penggunaan tenaga baterai bisa diminimalkan dan jarak tempuh baterainya lebih jauh daripada standarnya. Selain memberi benefit bagi mesin, fitur lain yang bisa dipakai setelah BMW i3 di-hack adalah fasilitas radio gelombang AM, video playback via USB, mengganti tampilan awal infotainment system dan mengganti nada alarm peringatan seatbelt.

BMW i3 dash

Seperti ditulis oleh Leftlanenews, belum ada kabar yang valid apakah tindakan ini bakal langsung menggugurkan garansi BMW i3 yang sudah kena hack. Kalau melihat dari pengalaman yang sudah-sudah sih, harusnya gugur ya. Pabrikan mana yang mau menjamin barang yang sudah diutak-atik sampai ke akarnya? Kalau masih standar pabrikan, jelas mereka berani jamin. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

*Ukuran gallon yang dipakai adalah US gallon, di mana 1 US gallon = 3,785 liter.

Read Prev:
Read Next:
  • siEG

    Knp tdk dibuat sama… aturan amerika spesifiknya sprti apa?

  • farid

    Lama kelamaan mobil seperti alat elektronik berjalan bukan mesin berjalan ,apalagi kalau itu mobil listrik pasti punya banyak komponen elektrik dan sistem terkomputerisasi,dampak negatifnya mobil rentan di hack apalagi tuh pelakunya pintar coding, jadi harus ada sistem khusus biar mobil di masa depan gak mudah dibodong