Kok Tenaga Honda Vario 150 Cuma Naik 1,2 PS dari Vario 125?

by  in Honda&Motor Baru&Nasional
Kok Tenaga Honda Vario 150 Cuma Naik 1,2 PS dari Vario 125?
0  komentar

Tenaga dan top speed Honda Vario 150Jakarta, AutonetMagz – Setelah pulang dari kantor, saya langsung membuka komputer untuk mengecek berita tentang Honda Vario 150 yang baru saja diluncurkan di hari yang bersamaan dengan peluncuran Honda CR-V facelift. Jujur saja saya penasaran dengan motor matic 150 cc yang dibanderol dengan harga yang menembus angka 20 juta-an ini.

Secara desain, motor ini memang ciamik, sama ciamiknya sebagaimana Honda Vario 125 yang sangat laris di pasaran, hanya saja Honda Vario 150 ini terlihat lebih sangar dengan lampu depan ala Yamaha R25 dan lampu LED yang berwarna putih yang futuristik. Hmm… sepertinya cocok nih buat motor berikutnya di garasi.

Test-Ride-Honda-Vario-150-Terbaru

Apalagi ketika melihat press release yang dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor, motor ini di klaim mampu menempuh top speed hingga 102 km/jam menggunakan performance meter dan dapat menyelesaikan 0 hingga 200 meter dalam waktu 11.94 detik. Lupakanlah klaim konsumsi BBM motor matic yang dikatakan bisa mencapai 52.9 km/liter, toh saya tidak pernah percaya klaim irit motor matic pabrikan manapun.

Melihat spesifikasi lebih jauh, baru terlihat sebenarnya tenaga dari Honda Vario 150 ini, di spesifikasi ternyata motor ini hanya dibekali dengan mesin bertenaga 12.5 PS (9.3 kw), atau lebih besar 1,2 PS dibandingkan dengan Honda Vario 125. Padahal awalnya saya berharap tenaga yang mepet-mepet dikit gitu ke motor sport seperti CB 150R SF yang memiliki tenaga di angka 17 PS. Lah, ternyata tenaganya mirip seperti Honda Vario 125 pakai knalpot racing.

Tidak heran sih jika tenaga motor 150 cc ini terlihat sangat jauh dibandingkan motor sport, toh Honda PCX 125 yang dibanderol dengan harga lebih mahal 10 juta dari motor ini saja hanya memiliki tenaga sebesar 13.1 PS. Dari besaran tenaga yang tidak jauh berbeda, sebenarnya tidak sulit untuk memperkirakan bahwa Honda Vario lebih kencang sedikit dibandingkan dengan Honda Vario 125 sebenarnya.

Klaim Performa Honda Vario 125

Honda-Vario-Model-Baru-2015-150-cc

Untuk Honda, klaim performa ini sebenarnya bukanlah barang baru, karena di Honda Vario 125 pun mereka juga melakukan klaim serupa yang menyebutkan Honda Vario 125 ini dapat berakselerasi dari 0 ke 200 meter dalam waktu 12.39 detik dan top speed 96 km/jam. Memang sih perbedaan akselerasinya cuma 4 detik dan 6 km/jam saja dibandingkan Vario 150, sehingga jika melihat parameter diatas nampaknya perbedaan performa Honda Vario 150 ini hanya berbeda sedikit dibandingkan dengan adiknya yang memiliki mesin 125 cc.

Review-Honda-Vario-150-Terbaru

Meskipun pabrikan memiliki klaim tersendiri soal performa, tentu saja pengalaman yang dirasakan oleh pengguna tetaplah yang terbaik. Selama memakai Honda Vario 125 ke luar kota, saya merasa performa motor ini sama saja seperti motor matic lainnya, tidak ada yang spesial, mungkin sedikit lebih kencang namun sedikit sulit bagi saya untuk merasakannya. Apalagi jika sudah terbiasa menggunakan motor sport 150 cc, tentunya mengunakan motor matic akan terasa sangat pelan sekali.

Di Honda Vario 150 ini bagaimana? Ah, nampaknya saya tidak perlu berharap terlalu banyak motor ini bisa memberikan performa signifikan dibandingkan dengan matic lainnya. Memang motor skutic seperti Vario ini diperuntukan untuk penggunaan dalam kota yang stop and go.

Kita tunggu saja bagaimana impresi AutonetMagz terhadap performa motor ini untuk lebih lengkapnya.

Read Prev:
Read Next:

Dede Suryadi Penulis yang satu ini nggak bisa nyetir mobil, tapi kalau nyetir motor 11-12 sama Valentino Rossi. Cita-citanya menjadi pembalap MotoGP tapi nggak kesampaian. Akhirnya sekarang jadi penulis di Autonet Magz untuk kolom berita roda dua. Yang unik dari saya meskipun jago naik motor, saya susah hafal jalan.

  • IndraSUN

    AHM cuman maen gimik tu Om 😀 hihihi kalo dilihat emang 150cc,tapi peformanya ??? terus sama data di speedo itu korupsinya kebanyakan :v hehehe

  • X125R

    Harga lumayan bedanya, performa tipis
    Vario 125 + porting polish + Knalpot aftermarket
    setidaknya udah nyamain power yg 150cc
    CMIIW

  • Rafi M.P

    Katanya sih biar pengguna PCX gak dizolimi karena performa Vario 150 sama dgn PCX

  • haha!!

    Vario 150 esp velg keren N lampu depan tpi dlm urusan mesin biasa..

    Baik’a dkasih dua shock psti lebih kren!!

  • sinta

    kalau 150cc itu sesuai gak dengan fostur kereta takut nya membahayakan komsumen saja salam jokitogel

  • purrfect @ kaskus

    kalo mesinnya sama kaya PCX 150 yang notabene versi gedean cc dari PCX 125 / Vario 125 lama sih mending modif mesinnya aja biar naik jadi 150cc 😀 :p

    • Ridwan Hanif

      sama, cuma powernya di cut di vario… hehehe

  • Alif Gibran

    honda vario 150 performanya juga lebih baik daripada pcx 150 bro karena bobot honda vario 150 lebih enteng 3 kg daripada vario 125
    Vario 150: 109 kg
    Vario 125: 112 kg

    • Ridwan Hanif

      honda vario 125 yang baru juga 109 kilogram, kan bodinya sama

      IMHO, harusnya kalau bodinya sama lebih enteng 125 sih, ah sudahlah :v

  • Mau motor matic yang :
    Keren?
    Maskulin?
    Dilengkapi fitur canggih?
    Berkualitas terbaik?
    Memiliki reputasi baik?
    Memiliki bagasi luas?
    Menjadi pionir teknologi terdepan?
    Irit?
    Kencang?
    Motor matic Honda bisa menjadi andalan anda.

  • lr21

    bro.. gw bingung mending mlih yg vario 125 ato 150 ?? keseluruhan + perbandingan harga mnding ambil yg mna ya ??

  • Mohamad Dava Fauzan

    knp sih motor matic ane vario yg 125 pertama kali nya keluar skrg suara di cvt nya brisik bgt
    apa lg pas lg mw poldur dan sesudah poldur…

  • Honda motor emang top deh kalo soal kualitas pembuatan, finishing, fitur, performa, dll.

  • lexus

    Harga ga bohong, performa V150 sangat jauh lebih mantap drpd V125, tampilan lebih garang, bensin irit 1 liter 50 km lebih, saya sudah buktikan. V150 saat di starter nyaris tidak ada suara, halus bgt. Lampu dpn terang bgt, bisa nembus hujan. Pake ban tubless lg…

    • RM

      Mending motor pake gigi plus kopling manual

  • lexus

    Harga ga bohong, performa V150 sangat jauh lebih mantap drpd V125, tampilan lebih garang, bensin irit 1 liter 50 km lebih, saya sudah buktikan. V150 saat di starter nyaris tidak ada suara, halus bgt. Lampu dpn terang bgt, bisa nembus hujan. Pake ban tubless lg…

  • wowkeren

    Ngakak gue kalo sekarang masih aja ada yang bilang kualitas motor honda jauh dibawah yang lain. Kalo dulu iya bener jelek, gue akuin. Sekarang malah bagus banget. Apalagi teknologinya, ngalahin yamaha yang dulu (katanya) teknologi tinggi, kualitas bagus. Sekarang kualitas yamaha gabeda jauh sama motor cina. Terbukti gue sekarang pake vario 125 idling stop. Kualitas top, teknologi wah, harga murah, cuma 17,5 juta, daripada yamaha soul gt baru, 16 juta gaada apa apa. Kualitas juga ancur. Akselerasi pun bagusan vario 125 gue daripada nmax temen.

    • johni

      saya rasa setiap pabrikan pasti ada kelemahan2 tersendiri,, bagi saya sendiri sebagai cowok, hina bget pake matic, kalo uang 20 jutaan ambil sekalian megapro desain peforma mantap atau vixion,, dari pada buang2 uang smpai 20 jutaan demi matic ,, sungguh sangat tidak patut kalo cowok pake matic , dimana2 cowok pake mobil atau motor laki, bukan matic , matic khusus cewek yg dominasi dalkot lukot