Kok Tenaga Honda Vario 150 Cuma Naik 1,2 PS dari Vario 125?

by  in Honda&Motor Baru&Nasional
Kok Tenaga Honda Vario 150 Cuma Naik 1,2 PS dari Vario 125?
0  komentar

Tenaga dan top speed Honda Vario 150Jakarta, AutonetMagz – Setelah pulang dari kantor, saya langsung membuka komputer untuk mengecek berita tentang Honda Vario 150 yang baru saja diluncurkan di hari yang bersamaan dengan peluncuran Honda CR-V facelift. Jujur saja saya penasaran dengan motor matic 150 cc yang dibanderol dengan harga yang menembus angka 20 juta-an ini.

Secara desain, motor ini memang ciamik, sama ciamiknya sebagaimana Honda Vario 125 yang sangat laris di pasaran, hanya saja Honda Vario 150 ini terlihat lebih sangar dengan lampu depan ala Yamaha R25 dan lampu LED yang berwarna putih yang futuristik. Hmm… sepertinya cocok nih buat motor berikutnya di garasi.

Test-Ride-Honda-Vario-150-Terbaru

Apalagi ketika melihat press release yang dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor, motor ini di klaim mampu menempuh top speed hingga 102 km/jam menggunakan performance meter dan dapat menyelesaikan 0 hingga 200 meter dalam waktu 11.94 detik. Lupakanlah klaim konsumsi BBM motor matic yang dikatakan bisa mencapai 52.9 km/liter, toh saya tidak pernah percaya klaim irit motor matic pabrikan manapun.

Melihat spesifikasi lebih jauh, baru terlihat sebenarnya tenaga dari Honda Vario 150 ini, di spesifikasi ternyata motor ini hanya dibekali dengan mesin bertenaga 12.5 PS (9.3 kw), atau lebih besar 1,2 PS dibandingkan dengan Honda Vario 125. Padahal awalnya saya berharap tenaga yang mepet-mepet dikit gitu ke motor sport seperti CB 150R SF yang memiliki tenaga di angka 17 PS. Lah, ternyata tenaganya mirip seperti Honda Vario 125 pakai knalpot racing.

Tidak heran sih jika tenaga motor 150 cc ini terlihat sangat jauh dibandingkan motor sport, toh Honda PCX 125 yang dibanderol dengan harga lebih mahal 10 juta dari motor ini saja hanya memiliki tenaga sebesar 13.1 PS. Dari besaran tenaga yang tidak jauh berbeda, sebenarnya tidak sulit untuk memperkirakan bahwa Honda Vario lebih kencang sedikit dibandingkan dengan Honda Vario 125 sebenarnya.

Klaim Performa Honda Vario 125

Honda-Vario-Model-Baru-2015-150-cc

Untuk Honda, klaim performa ini sebenarnya bukanlah barang baru, karena di Honda Vario 125 pun mereka juga melakukan klaim serupa yang menyebutkan Honda Vario 125 ini dapat berakselerasi dari 0 ke 200 meter dalam waktu 12.39 detik dan top speed 96 km/jam. Memang sih perbedaan akselerasinya cuma 4 detik dan 6 km/jam saja dibandingkan Vario 150, sehingga jika melihat parameter diatas nampaknya perbedaan performa Honda Vario 150 ini hanya berbeda sedikit dibandingkan dengan adiknya yang memiliki mesin 125 cc.

Review-Honda-Vario-150-Terbaru

Meskipun pabrikan memiliki klaim tersendiri soal performa, tentu saja pengalaman yang dirasakan oleh pengguna tetaplah yang terbaik. Selama memakai Honda Vario 125 ke luar kota, saya merasa performa motor ini sama saja seperti motor matic lainnya, tidak ada yang spesial, mungkin sedikit lebih kencang namun sedikit sulit bagi saya untuk merasakannya. Apalagi jika sudah terbiasa menggunakan motor sport 150 cc, tentunya mengunakan motor matic akan terasa sangat pelan sekali.

Di Honda Vario 150 ini bagaimana? Ah, nampaknya saya tidak perlu berharap terlalu banyak motor ini bisa memberikan performa signifikan dibandingkan dengan matic lainnya. Memang motor skutic seperti Vario ini diperuntukan untuk penggunaan dalam kota yang stop and go.

Kita tunggu saja bagaimana impresi AutonetMagz terhadap performa motor ini untuk lebih lengkapnya.

Read Prev:
Read Next: