Kia Seltos India Raih 3 Bintang di Global NCAP

by  in Berita&International&Kia
Kia Seltos India Raih 3 Bintang di Global NCAP
0  komentar

Autonetmagz.com – Kia Seltos merupakan produk pertama Kia Motor India saat diluncurukan pada 22 Agustus 2019 lalu. Dalam kurun waktu setahun, Kia Seltos berhasil menjadi salah satu midsize SUV terlaris di India dengan 100.000 unit terjual sejauh ini. Lantas, lembaga yang bertugas untuk menguji kelayakan keselamatan mobil yakni Global NCAP, mengetes seberapa bagus keselamatan Kia Seltos spek India. Untuk ini mereka menggunakan varian terendah yakni HTE sebagai benchmark pengujian.

Pada ujian tabrak frontal pada kecepatan 64 km/j, Kia Seltos berhasil mendapatkan skor tiga dari lima bintang untuk perlindungan penumpang dewasa. Global NCAP menilai bodi Kia Seltos tak bisa menahan tekanan dari tabrakan tersebut. Ditambah lagi mobilnya struktur dan area footwell dari mobilnya tidak stabil yang membuatnya tidak kompeten. Selanjutnya, Global NCAP memberikan skor keseluruhan 8,03 dari 17 untuk perlindungan penumpang dewasa. Global NCAP menilai perlindungan penumpang dewasa dalam Kia Seltos cukup standar namun tidak impresif.

Yang lebih mengejutkan lagi adalah perlindungan bagi penumpang anak-anak, dimana Global NCAP hanya memberikan skor keseluruhan 15 dari 49 atau setara dengan dua bintang. Global NCAP menyatakan bahwa perlindungan penumpang anak kecil hanya sebatas standar dan sangat terbatas. Skor jelek ini terkait dengan Kia tidak memberikan Child Restraint System (CRS) untuk Kia Seltos. Catatan tambahan dari Global NCAP menyatakan bahwa Kia Seltos varian HTE tidak memiliki beberapa fitur keselamatan standar seperti three point seatbelt dan penempatan kursi ISOFIX.

Secara keseluruhan Kia harus meningkatkan standar keselamatannya untuk midsize SUV terbarunya. Dengan larisnya Kia Seltos di India, pabrikan asal Korea Selatan tersebut harus memberikan effort lebih terhadap keselamatan para konsumennya.

Bagaimana menurut kalian? Tulis di kolom komentar opini-opininya ya.

Read Prev:
Read Next: