Kembaran Suzuki Ertiga Dari Proton Debut Oktober 2016

Kembaran Suzuki Ertiga Dari Proton Debut Oktober 2016
0  komentar

AutonetMagz.com – Jika ada yang belum tahu, kami ingatkan kembali kalau Proton dan Suzuki sekarang resmi bekerja sama, jadi mereka bisa bertukar teknologi platform mobil satu sama lain dan melakukan rebadge untuk model-model tertentu. Sebagai mobil perdana, Proton rencananya akan me-rebadge Suzuki Ertiga untuk dijual di Malaysia sebagai sebuah mobil Proton, karena Ertiga memang tidak dijual di Malaysia.

Kapan kira-kira? Menurut Paultan, CEO Proton yakni Datuk Ahmad Fuaad Kenali sudah mengonfirmasi bahwa akan ada 1 model hasil jalinan kasih antara Proton-Suzuki yang siap melaksanakan debut perdananya di bulan Oktober 2016 nanti. Saat ditanya modelnya apa, ia tidak menyebut apa-apa, tapi kemungkinan besar sih ya kembaran Suzuki Ertiga. Memangnya ada lagi mobil yang sama antara Proton dan Suzuki?

Kembaran Suzuki Ertiga akan dibuat oleh Proton MPV

Hal ini turut diperkuat dengan aktivitas pabrik Suzuki di Cikarang yang memproduksi Suzuki Ertiga. Masih menurut sumber yang sama, pabrik Suzuki di Indonesia akan mengekspor semua part dari Ertiga ke Malaysia pada kuartal kedua 2016, yang artinya Proton Ertiga (belum ada nama resminya kok) akan diproduksi secara CKD di Malaysia. Jumlah pengirimannya hingga 1.500 unit per bulan.

Unit tes yang dikamuflase berwujud Suzuki Ertiga versi Proton pun sudah wara-wiri kesana kemari di jalanan Malaysia, jadi faktor pendukung bahwa memang Proton Ertiga yang akan meluncur bulan Oktober itu cukup kuat. Mengenai spesifikasi, Proton akan memakai mesin K14B Suzuki yang bertenaga 92 PS dan torsi 130 Nm, lengkap dengan transmisi manual 5 percepatan atau matik 4 percepatan.

mazda vx1 facelift rear

Soal fitur dan banderol, masih sama misteriusnya seperti nama Suzuki Ertiga yang sudah di-Protonisasi. Praktis, Suzuki Ertiga akan menjadi tiga serangkai, karena setelah punya Mazda VX-1, kini giliran Proton yang mau membuat kembaran dari Ertiga. Dipasarkan di sini kah? Tidak usah lah ya, sudah ada 2 dari 3 versi Ertiga yang ada di sini, jadi kita tidak perlu pihak ketiga. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio