Ini Alasan VinFast Segera Resmikan 15 Dealer di Indonesia

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Ini Alasan VinFast Segera Resmikan 15 Dealer di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai sebuah brand yang baru di Tanah Air, tentunya jaringan atau network menjadi hal yang cukup krusial bagi VinFast. Namun, bisa dikatakan jumlah dealer VinFast yang diresmikan dalam tempo beberapa bulan terakhir terbilang masif. Saat ini, VinFast sudah memiliki total 15 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Lantas, apa alasan VinFast cukup kencang dalam hal meresmikan dealer mereka? Yuk kita bahas.

Direct to Consumer Bagus, Tapi…

Kalau kalian perhatikan, VinFast bisa dikatakan agresif di Indonesia dengan sejumlah strategi. Mulai dari keikutsertaan mereka di sejumlah pameran bergengsi seperti IIMS 2024 dan GIIAS 2024, hingga pertambahan dealer yang cepat. Saat ini, ada 15 cabang dealer VinFast yang tersebar di sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, Bali, Batam, dan Makassar. Dan kabarnya, angka ini masih akan terus bertambah dalam waktu dekat ini. Nah, VinFast menjabarkan alasan mengapa mereka cukup cepat dalam hal menambah dealer, padahal kini penjualan dalam berbagai bidang justru lebih banyak dialihkan secara online.

Usut punya usut, ternyata VinFast juga berdiskusi dengan ahli terkait hal ini. Saat ini, sudah ada sejumlah pabrikan global yang menerapkan konsep direct to consumer dan tidak mengandalkan lagi sistem dealer, terutama untuk mobil listrik. Namun, VinFast menganggap bahwa kolaborasi yang harmonis antara pabrikan dengan dealer memiliki peluang yang lebih besar untuk berkembang. “Dealer telah menjadi tulang punggung bagi industri otomotif selama beberapa dekade” jelas Branson Smith, Kepala Transformasi Ritel Otomotif EY Amerika. Oleh karenanya, VinFast pun tak mau mengesampingkan keberadaan dealer, malahan mereka ingin bekerja sama dengan maksimal bersama dengan grup-grup dealer mereka di Indonesia.

VInFast Sangat Bergantung Pada Dealer

Pada kuartal keempat tahun 2023, kami membuat perubahan penting dari model direct-to-consumer yang padat modal, ke model hybrid yang ringan modal dengan fokus kuat untuk memanfaatkan infrastruktur distribusi yang ada dengan membangun jaringan dealer di AS dan global,” kata Madam Thuy Le, Ketua Dewan Direksi VinFast. Beliau juga menjelaskan bahwa pihaknya sangat bergantung pada jaringan dealer yang kuat untuk menjadi representasi brand dengan baik. Itulah alasan mengapa VinFast menganggap bahwa keberadaan dealer jadi hal penting, termasuk di Indonesia. Itu pulalah yang mendasari mengapa Vinfast juga cepat dalam mengembangkan dealer di Tanah Air.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: