Honda CR-Z Facelift Bawa Sejumlah Fitur Baru, Mesin Masih Sama Tanpa Ubahan

Honda CR-Z Facelift Bawa Sejumlah Fitur Baru, Mesin Masih Sama Tanpa Ubahan
0  komentar
honda-cr-z-facelift

AutonetMagz.com – Tidak ada seminggu setelah bocorannya tersebar, Honda akhirnya membeberkan segala hal tentang Honda CR-Z facelift termasuk segala ubahannya. Tapi ada yang perlu dicatat, khususnya bagi anda yang mengincar CR-Z untuk memuaskan hasrat anda akan performa yang meningkat dari sebelumnya. Meski banyak ubahan mulai dari bodi, interior, head unit dan rem, Honda tidak menyentuh mesinnya sama sekali.

Iya, mesin 1.500 cc 4 silinder hybrid yang sama dengan milik Jazz hybrid tidak dijadikan target iseng para pekerja Honda yang bertanggung jawab atas CR-Z. Artinya, tenaga maksimalnya masih 130 hp dan torsinya masih 172 Nm. Meski kedengarannya tidak fantastis, torsinya sudah tersedia sejak 1.000 rpm, memudahkannya untuk berakselerasi dengan sigap. Sepertinya Honda masih serius dengan mesin VTEC Turbo untuk CR-Z baru, sehingga mesin yang ada sekarang dibiarkan saja.

honda-cr-z-facelift-white-front

Tapi jika anda membeli mobil ini untuk gaya-gayaan saja dan malas kebut-kebutan karena tiap 100 meter pasti kena macet, sepertinya anda tak salah pilih. Mengikuti bocoran kemarin, Honda sudah mendesain bumper depan dan belakangnya dengan garis desain unik yang hasilnya cukup sporty ketimbang sekarang. Headlamp LED kini jadi standar, tapi menurut Carscoops, headlamp LED itu tak akan ada di CR-Z versi Amerika untuk menekan harga jual. Bah, di Amerika ada sunatan fitur juga ternyata.

honda-cr-z-facelift-white-rear

Pelek CR-Z baru kini berdesain bak kipas angin, dengan ukuran baru yakni pilihan antara 16 inci dan 17 inci. Roda belakang kini posisinya sedikit lebih keluar daripada CR-Z lama, biar stabilitas dan handling membaik serta kuda-kudanya sedikit lebih sip. Rem cakramnya kini membesar, dari yang kemarin diameternya 14 inci kini jadi 15 inci. Seperti yang kami ceritakan kemarin, kami tak melihat ada knalpot yang nongol di buntut CR-Z ini.

Honda sepertinya lebih fokus untuk meningkatkan kualitas kabin dan fitur di dalamnya. Itu termasuk rem parkir elektrik yang menggusur rem parkir konvensionalnya, memberikan ruang ekstra untuk dijadikan armrest. Head unit CR-Z berspesifikasi double DIN, kini tampilannya baru dengan aksen piano black dan pengoperasian touch screen, seperti milik Honda City, Jazz dan HR-V versi Jepang.

interior-honda-cr-z-facelift

Head unit tersebut bertanggung jawab atas suara yang mengalir ke 7 speaker Honda CR-Z baru. Selain itu, Honda CR-Z kini sudah punya sistem yang akan mengalirkan suara mesin palsu melalui speaker yang ada di kabin. Suaranya bakal berbeda tergantung mode berkendara apa yang anda pilih, biar ada perasaan kencang saat membawanya. Menurut anda hal itu menyebalkan? Tergantung, dari mana anda melihatnya, soalnya BMW M5 dan Renault Clio RS juga punya suara mesin palsu kok.

Untuk kenyamanan, ada tombol start-stop engine serta fitur active noise cancellation untuk mengurangi road noise saat anda berkendara di kecepatan tinggi. Revisi pada fitur keselamatan termasuk hadirnya city brake active system (sejenis SCBS-nya Mazda) dan adanya perubahan minor pada komposisi airbag samping dan tirai.

honda-cr-z-ungu

Ada 2 trim yang ditawarkan, yakni Alpha dan Alpha Master Label, diikuti dengan 2 warna baru berupa Velvet Purple Pearl dan Blue Metallic Shade yang dikombinasikan dengan atap hitam. Mengenai harga, belum ada kepastian soal banderol resminya, karena Honda bermaksud untuk merilisnya pada Tokyo Motor Show mendatang.

Kira-kira mungkin tidak HPM membawa CR-Z facelift ini ke Indonesia untuk menyegarkan CR-Z sekarang yang sudah berkeliaran sekitar 3 tahun? Sampaikan pula pendapatmu mengenai CR-Z facelift ini di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    min mobil honda apa saja yg punya fitur city brake active system di indonesia,apa honda accord doang?

    • rs

      Kalau di Indonesia untuk sementara maih accord…sedangkan kalau di luar Indonesia ada accord, fit/jazz, city, pilot, civic, shuttle, odyssey, crz, legend, stepwgn, hrv, dan lain lain…

    • di indo baru accord aja masbro

  • Agung Ardy

    Eh numpang tanya dong double DIN tu artinya apa yaa ??

    • kabe kabe

      Deutsche Institut fur Normung ,standar ukuran head unit yang diakui di seluruh dunia

      1 DIN (single DIN) 180 x 50 milimeter

      2 DIN (double DIN) 180 x 100 milimeter

  • kabe kabe

    ni mobil yg bikin drop disain blakangnya dr dahulu..

  • mbahmu

    mobil gagal

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus bejo)

    Test test test.. Kok harus buat akun baru terus sih setiap ingin komentar??? Yg lamanya bakal kemana??